Berapa Biaya Membuat Kamar Mandi Sederhana?

March 2, 2022

Apa kamu baru saja membeli perumahan di Semarang dengan konsep minimalis? Lalu, merasa kamar mandi yang ada kurang sehingga sering berebut dengan anggota keluarga yang lain? Wah, ini harus cepat diatasi dengan menambahkan kamar mandi tambahan.


Kamar mandi merupakan salah satu bagian vital yang ada di dalam rumah. Biasanya, pada rumah minimalis hanya terdapat satu kamar mandi saja. Hal ini tentu bukan masalah besar jika anggota keluarga yang tinggal tidak terlalu banyak. Namun, jika sudah banyak anggota keluarga yang tinggal, tentu jumlah kamar mandi juga harus ditambah. Nah, kira-kira berapa biaya pembuatan kamar mandi sederhana dan apa saja yang dibutuhkan? Berikut penjelasannya.



Kebutuhan Kamar Mandi

Sebelum mulai menghitung biaya dan belanja bahan material yang dibutuhkan, kamu wajib menentukan terlebih dahulu ukuran kamar mandi untuk rumah dijual di Semarang yang tepat. Tentukan ukurannya agar dapat mempermudah penghitungan biayanya, apakah 2x2, 1,5x1,5, atau 1x1. Pembuatan kamar mandi ini dilakukan tidak boleh asal-asalan, harus penuh perhitungan yang cermat agar hasilnya sempurna. Maka dari itu, kamu perlu perhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk mulai membangun kamar mandi sederhana.




Bahan Material yang Dibutuhkan

Untuk membuat kamar mandi sederhana di rumah minimalismu, diperlukan beberapa bahan material, seperti :

Keramik Dinding dan Lantai

Untuk keramik lantai pada perumahan di Semarang sebaiknya gunakan keramik dengan tekstur kasar agar tidak licin. Keramik dinding bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan selera. Pilih warna-warna natural agar kamar mandi tampak suasana alaminya.


Kloset

Kamu bisa memilih kloset jongkok atau duduk untuk dipasang di kamar mandi sederhana yang baru. Namun yang pasti, harga kloset jongkok tentu lebih murah jika dibandingkan dengan kloset duduk. Hal ini kembali lagi tergantung kebutuhanmu.


Shower

Sebetulnya, dibanding menggunakan bak mandi atau kolam kamar mandi dapat memakan banyak tempat sehingga dapat membatasi ruang gerak. Shower bisa menjadi alternatif karena tidak terlalu memakan banyak tempat di kamar mandi. Shower juga dapat menghemat penggunaan air.


Kebutuhan Lainnya

Selain beberapa material di atas, kamu juga bisa menambahkan rak sederhana di dalam kamar mandi untuk tempat peralatan mandi. Bisa juga dengan menambahkan tanaman hias, keset untuk di depan kamar mandi, hingga penghangat air jika diperlukan.


Biaya Pembuatan Kamar Mandi Sederhana

Rumah dijual di Semarang dengan tipe minimalis memang hanya memiliki satu kamar mandi saja. Pembuatan kamar mandi sederhana ini bila memungkinkan akan membantu anggota keluarga yang lain agar tidak berebut memakai kamar mandi. Berikut merupakan contoh biaya pembangunan kamar mandi sederhana dengan ukuran 2x2. Bujet awalnya hanya sekitar 2 jutaan saja dan dapat dikerjakan selama 7 hari. Rincian biaya sangat perlu dibuat agar kamu bisa merencanakan pengeluaran biaya dan mencegah biaya-biaya lain muncul.


Berikut contoh perhitungannya :

- Ongkos tukang (harian) : Rp150.000 x 7 hari = Rp1.050.000

- Keramik lantai : Rp180.000

- Keramik dinding: Rp200.000

- Semen : Rp53.000 (per sak) x 7 = Rp371.000

- Pasir : Rp180.000

- Kloset : Rp300.000

- Cat : Rp120.000

- Rak : Rp150.000

- Shower : Rp200.000

   Total Rp2.751.000


Perhitungan harga di atas tentunya hanya estimasi saja. Harga barang asli di toko material bisa lebih dari estimasi di atas. Ada baiknya untuk melakukan survei harga terlebih dahulu untuk mendapatkan perhitungan yang tepat dan jelas.


Nah, itu dia estimasi biaya pembuatan kamar mandi sederhana pada perumahan di Semarang. Semoga membantu ya! 

Post a Comment

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤