Mengawali Tahun Baru dengan Gaya Hidup Sehat

February 4, 2022

Tahun baru biasanya identik dengan resolusi dan komitmen baru, ya gak sih ? Nah tahun ini rasanya aku pengen banget hidup yang lebih sehat karna rasanya badanku lebih mudah sakit / bisa dibilang agak jompo padahal umur masih muda hahaha. Oh ya sedikit cerita, di akhir tahun kemarin, aku menyempatkan diri untuk suntik vitamin sekaligus cek kesehatan, mulai dari kolestrol, gula, visceral fat dan lain-lain. Semua hasilnya bagus, kecuali satu hal yaitu tulang. Setelah di cek, tulangku sudah masuk tahap Osteopenia, atau bisa dibilang 1 tahap sebelum Osteoporosis. Masalahnya tulangku lebih dekat ke arah Osteoporosis dibanding normal. Kaget ? Ya, pasti. 



Tapi, aku sadar kalau aku memang jarang olahraga, apalagi minum atau makan sesuatu yang tinggi Kalsium. Gaya hidupku yang kurang sehat ini pasti lah ngaruh ke tulangku. Berhubung hasilnya yang lumayan parah, akhirnya aku harus mengubah gaya hidupku menjadi lebih sehat biar tulangku tetap kuat. Gak cuma itu aja sih, tapi aku juga ingin menjaga daya tahan tubuh berhubung COVID-19 masih bermutasi entah sampai kapan. Nah, di post kali ini aku mau share hal-hal yang aku coba lakukan di tahun baru ini agar lebih sehat.


1. Makan Makanan yang Kaya Nutrisi




Di tahun ini, aku mulai lebih sering makan buah-buahan dan sayur. Selain lebih sehat untuk tubuh, makan sayur dan buah juga berpengaruh untuk membuat kulit jadi lebih sehat. Aku juga memperbanyak makanan dengan protein tinggi, entah itu protein hewani maupun nabati, karna protein juga memberikan peran penting salah satunya untuk tulang.


2. Konsumsi Vitamin / Suplemen




Nah setelah konsultasi dengan dokter, aku juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin tambahan yaitu Vitamin untuk tulang, Vitamin D dan Vitamin E. Aku juga stok Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh mengingat sekarang masih pandemi yaa, jaga kesehatan itu penting banget. Kalau sakit, biaya berobat juga lebih mahal daripada beli vitamin pastinya. Makanya aku mengusahakan untuk rutin minum vitamin, bahkan aku pakai tracker biar gak lupa hihi.


3. Olahraga




Mengingat aku anaknya memang jarang olahraga, jadi kalau langsung dibawa olahraga berat agak susah ya dan pastinya akan langsung sakit badan. Makanya awal-awal aku mulai dengan olahraga ringan dan sering stretching biar badan gak ngerasa pegel. Yang penting bisa agak lebih bergerak gitu hahaha. Aku mulai dari squat 10x sehari aja, nanti kalau udah terbiasa, aku akan mulai naikkin perlahan-lahan. Slow but sure aja ya kan haha.


4. Berjemur



Oke, sebenarnya ini simpel banget tapi berjemur adalah salah satu langkah yang paling susah aku lakukan. Setelah menikah tahun lalu, aku dan suami memutuskan untuk tinggal di apartemen, sehingga aku bener-bener jarang banget keluar untuk berjemur. Apalagi semenjak pandemi ini aku jadi jarang kemana-mana, semua serba online termasuk beli bahan makanan dan kerja. Jadi, mungkin karna ini juga aku kekurangan vitamin D yang harusnya bisa aku dapatkan dengan berjemur


Tapi bersyukur, di akhir tahun kemaren kami berkesempatan untuk pindah ke rumah, jadi untuk berjemur ini bisa dibilang langkah paling mudah yang bisa aku lakukan sekarang hihi.


5. Tidur yang cukup


Di tahun lalu mungkin salah satu hal yang sering aku lakukan adalah tidur tengah malam. Semakin sering begadang, badan tentunya terasa lelah saat bangun. Gak cuma itu, ternyata efek tidur terlalu larut ini juga ngaruh ke kulitku, seperti lebih mudah jerawatan dan kusam. Makanya tahun ini perlu banget tidur yang cukup. 


6. Minum Susu




Jujur, saat aku cerita hasil tes kesehatan ku dan bilang kalau aku nyaris osteoporosis, respon orang-orang adalah "kamu jarang minum susu ya ?". Memang kalau diingat-ingat aku bisa dibilang jarang banget minum susu, terakhir sering minum susu itu waktu kecil. Sekarang kalau minum susu pun karna pesen minuman manis seperti cookies & milk atau lagi masak sesuatu yang menggunakan susu (termasuk konsumsi susu kan ya HAHA). Tapi ya jadi gak bener-bener "minum susu", karna susu hanya selalu jadi campurannya.



Nah untuk mendukung tulang yang lebih sehat di tahun ini, akhirnya aku stok susu dari Ultra Milk. Aku mempercayakan Ultra Milk karna sudah ada di Indonesia selama 50 tahun, dan sampai sekarang masih menjadi susu cair nomor 1 di Indonesia. Ultra Milk terbuat dari susu sapi segar asli di Indonesia & mengandung kalsium, Vitamin A, D3, B2, B12 & Protein. Cocok banget buat nambahin nutrisi dan vitamin yang aku butuhin.


Oh ya, produk ini juga tidak merubah rasa karna rasanya yang plain, cocok banget untuk dijadiin campuran minuman atau masakan apapun. Makanya kalau lagi perlu masak yang menggunakan susu, aku selalu beli Ultra Milk karna produk ini juga mudah banget didapatkan. Setiap supermarket, minimarket bahkan warung kecil pun pasti ada susu ini hihi.


-----


Nah itu dia hal-hal yang mulai aku lakukan di tahun 2022 sebagai langkah awal untuk gaya hidup yang lebih sehat. Meskipun ada pandemi maupun tidak, kita tetap harus selalu menjaga kesehatan sebagai investasi kesehatan di hari tua ya.


Sehat itu pilihan, Ambil pilihan sehatmu !


Jangan lupa berkunjung ke website Clozette (link: https://www.clozette.co.id/article/page/follow-these-ultra-tips-to-maintain-your-health-3131) untuk cari tahu info lebih lanjut tentang Ultra Milk dan tips sehat lainnya ya. Semoga di tahun 2022 ini kita selalu sehat ~!






20 comments

  1. Waah aku jadi pengen cek juga kondisi tulangku mba. jangan sampe mendekati osteoporosis. Tapi sbnrnya gara2 pandemj ini, aku bersyukur sih, setidaknya jadi lebih rajin olahraga , jaga makan, dan suplemen kayak cit C,E dan D. Jadi berharap imun tubuh naik begitu juga kesehatan kulit dan tulang. Seandainya ga pandemi, mungkin aku ga bakal serutin ini konsumsi multivitamin atau olahraga.

    Btw, aku suka susu dari ultra Jaya ini, tapi yg rasa cokkat mba. Pokoknya jangan susu yg putih 🤣. Dari kecil aku ga bisa minum susu, nyium baunya aja langsung muntah😔. Makanya susu yg aku minum harus yg coklat, supaya menyamarkan bau khas susu nya.

    ReplyDelete
  2. pola hidup seaht dan olah raga harus jadi gaya hidup ya

    ReplyDelete
  3. jadi ingat adikku susah sekali susu ultra ini. katanya lemak dan gurih. tidak hanya untuk diminum, susu ultra ini juga cocok untuk pengganti santan kalo mau masak masakan yang bersantan. untuk cream pasta juga oke hehe

    ReplyDelete
  4. Menerapkan gaya hidup sehat memang penting yh kak, apalagi jika didukung dengan mengonsumsi Ultra Milk

    ReplyDelete
  5. ultra favoritku banget Mbak, aku suka yang coklat. Dan emang nih sekarang anak muda aja udah punya jompo kit, beneran gaya hidup sehat harus diterapkan sekarang juga.

    ReplyDelete
  6. Huwa, padahal awal tahun ini rencananya juga pengen ubah pola hidup sehat, eg .asih belum bisa konsisten, huhu.. jadi minum susunta dulu aha deh, hihi..

    ReplyDelete
  7. Aku pun mengalami masalah tulang, tapi tulang punggung bawah yang dudukannya ga bisa menahan beban terlalu berat. Makanya mesti rajin berenang dan ga boleh ndut, kata dokter hahaha intinya gitu. Berjemur juga wajib, cukup 15 mneit jam 10 pagi. Btw aku sekeluarga juga suka minum susu ultra ini lho, nyam3x enaaaaak banget rasanya.

    ReplyDelete
  8. Setujuuu..sehat itu pilihan, ambil pilihan sehatmu. Semoga di tahun 2022 lebih sehat ya, Kak
    Dari list ini aku yang masih kacau olahraga dan tidur cukup huhu..baiklah mesti diubah. Pun rutin minum susu ya, karena banyak kebaikannya

    ReplyDelete
  9. ini emang jadi concern nih kalau masalah tulang. Apalagi zaman sekarang konsumsi makanan yang tak berimbang membuat tubuh bisa saja bermasalah. Kudu beneran dijaga asupan terbaiknya

    ReplyDelete
  10. Aku juga stock ultra milk di rumah. Selain diminum langsung, kadang dipakai untuk masak pasta :D

    Resolusi tahun ini salah satunya diet seimbang karena sudah merasa gempal, tapi belum bisa meninggalkan makan malam. Huhu

    ReplyDelete
  11. Pernah memiliki resolusi yang sama di tahun 2020, dan.. Kalau diingat-ingat banyak lupanya XD

    Tapi Alhamdulillah sekarang jadi lebih menjaga pola makan semenjak pandemi, meskipun belum maksimal sih.. Semangat menjalankan gaya hidup sehat ya, Mbak..

    ReplyDelete
  12. Susunya sama dengan keluargaku nih. Kalau aku, yang masih PR banget itu olahraganya. Duh, males banget mau jalan pagi keliling kompleks aja. Gerak di depan Youtube juga mager. Repot emang kalau nggak punya kebiasaan olahraga.

    ReplyDelete
  13. Tips gaya hidup sehat yang wajib banget untuk dipraktekkan di masa pandemi yang mulai meningkat akhir-akhir ini. Terutama minum susu, ini yang selalu menjadi rutinitas ku di pagi hari.

    ReplyDelete
  14. Ketika pandemi gini aku jadi makin aware sih sama apa yang aku konsumsi harian, sebelumnya udah rutin workout jadi lebih rutin lagi. Berasa aneh kalau ga minum vitamin, olahraga, dsb sejak pandemi wkwks

    ReplyDelete
  15. Wahh aku juga termasuk orang yang sampai saat ini masih minum susu sih, gak cuma makanan yang sehat atau olahraga setiap sore aja dan susu andalan aku Ultra Milk juga. Hhe tapi aku kadang beli yang rasa cokelat, kadang-kadang juga beli yang susu putih dan yang bikin seneng susu ultramilk juga tersedia berbagai macam ukuran.

    ReplyDelete
  16. Tau ga mbak
    Begitu aku baca artikel ini langsung keluar rumah buat berjemur loh wkkwk
    Btw poin2 di atas bener banget sih
    Ku jga jarang ngelakuin
    Olahraga aj bisa keitung jari

    Btw aku suka bnget minum susu Ultra ini apalagi yg kemasan kecil gitu hehhee

    ReplyDelete
  17. Saya juga suka susu ini
    Jadi senang karena bisa hadirkan tiap hari untuk dikonsumsi
    Varian apa saja ga masalah yang penting rasanya enak

    ReplyDelete
  18. Ultra Milk ini salah satu susu yg suka nangkring di kulkasku hehe walau kadang suka ada brand susu lain.. pokonya hidup sehat memang hrs minum susu

    ReplyDelete
  19. Diusia saya yang hampir menginjak kepala 4 ini rasanya badan sudah mulai sering sakit. Terutama sakit pada bagian persendian. Mungkin selain faktor usia, juga karena saya termasuk irang yg malas berolahraga. Pdhl dgn olahraga yg teratur dan konsumsi makanan yg bergizi, dapat menyehatkan tubuh meski sudah tua

    ReplyDelete
  20. Di masa pandemi seperti ini memang harus pintar-pintar jaga kesehatan, salah satunya minum susu ya ternyata. Kebetulan aku juga suka minum susu ultra, tapi yang coklat hehehe. Enak soalnya

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤