Lakukan Hal Ini Agar Tetap Sehat dan Terlihat Awet Muda

December 18, 2023


Tahun ini bisa dibilang titik balik dari keluargaku, ya, kami memilih untuk hidup lebih sehat. Kadang aku ngerasa tiap makan yang gak bener pasti langsung ngaruh ke kulit, ya gampang jerawatan lah, beruntusan bahkan bikin kulit kusam. Gak cuma itu, awal tahun ini juga suamiku berusaha untuk diet dan mengubah pola hidup karna sudah masuk tingkat obesitas. Berat badan yang sudah menyentuh 3 digit bikin suamiku jadi susah gerak dan katanya lebih cepat capek. Selain bikin gak pede, tentunya menghambat aktivitas juga mengingat dia kerjanya kadang harus banyak gerak. Makanya dia mulai banyak belajar tentang kesehatan, dan bagaimana cara menurunkan berat badan yang sehat tanpa "menyiksa". And yes he did it !



Sampai ke pertengahan tahun aja udah keliatan ya bedanya haha. By the way, sekarang dia sudah berhasil loss sekitar 23 kilogram. Bisa diliat ya kalau banyak banget perubahan yang terjadi, gak cuma badan yang lebih fit, tapi gatau kenapa dia jadi tampak lebih muda juga ! Aku juga kalau lagi jaga makan, kulitnya jadi lebih cerah dan gak banyak masalah. Makanya penting banget buat lakuin 3 hal simpel ini kalau mau lebih sehat dan terlihat awet muda : 


1. Mengganti Bahan Makanan / Cara Masak yang Lebih Sehat

Mengganti Bahan Makanan / Cara Masak yang Lebih Sehat


Sebagai seorang istri pasti ingin memberikan yang terbaik buat keluarga, jadi aku mulai mengganti bahan makanan yang menurutku jangka pemakaiannya lama ke bahan yang lebih sehat. Misalnya, garam dapur aku ganti menjadi himalayan pink salt atau minyak goreng aku ganti ke minyak yang lebih sehat. Bahkan aku juga lebih sering menggunakan teknik panggang dibandingkan menggoreng, kalau butuh minyak pun paling cuma sedikit. Selain itu, aku juga lebih banyak memasak protein dan serat dibandingkan nasi. Jadi sebisa mungkin less oil, juga lebih banyak protein dan serat bukan karbohidrat.


2. Usahakan untuk Bergerak / Olahraga

Usahakan untuk Bergerak / Olahraga

Sejujurnya ini tuh susah banget, apalagi aku anaknya agak mager-an. Tapi jujur kadang aku tuh terlalu sering duduk di depan laptop atau rebahan, dan suka lupa untuk bergerak. Jadi kalau aku lagi males gerak, biasanya suami suka ingetin aku untuk bergerak meskipun sebentar atau setidaknya stretching supaya badan juga gak kaku. Kalau aku biasanya olahraga simpel di rumah tapi khusus suami, dia pergi gym sekalian latih otot hehe.  Oh ya, olahraga bisa bikin kulit lebih sehat dan awet muda loh.


3. Memperhatikan Nilai Gizi Pada Kemasan

Memperhatikan Nilai Gizi Pada Kemasan


Nah karna suami belajar banyak tentang pola hidup sehat, dia jadi semakin aware dengan informasi nilai gizi di setiap kemasan produk. Tentunya kebiasaan baru dia ini juga menular ke aku haha. Dulu setiap beli produk cuma karna "ah yang penting suka dan enak", tapi tidak dengan sekarang. Aku juga semakin sadar kalau harus lebih mementingkan apa yang masuk ke dalam tubuh untuk investasi jangka panjang dari hal yang simpel seperti ini. Apalagi kalau mengingat papaku juga sekarang mengidap diabetes karna kebiasaannya mengonsumsi minuman kemasan dengan gula yang tinggi setiap hari, ya bahkan setiap kali makan. Inget banget dulu papa selalu stok minuman kemasan di kulkas, dan ya pastinya lama-kelamaan akan berdampak ke tubuh. Akhirnya setelah di diagnosa diabetes, papaku cuma berpesan "jangan keseringan minum minuman kemasan dengan gula yang tinggi, jahat". Sekarang, papaku yang doyan manis jadi gak boleh makan atau minum sesuatu yang manis sama sekali. Sedih ? Ya pasti !


Bahaya Konsumsi Gula Berlebih

Tau gak sih, mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih akan memicu penuaan dini, karena gula berlebih dapat menyebabkan glikasi (pecahnya serat kolagen pada kulit), sehingga dapat memicu munculnya garis halus pada kulit, kulit jadi tidak kencang, dan bisa menimbulkan keriput. Tidak hanya itu, tapi gula yang terlalu banyak juga menyebabkan obesitas dan diabetes. Jadi bisa dibilang, kebanyakan gula tuh bikin cepet tua dan banyak penyakit. Menurut Kementrian Kesehatan RI, batas konsumsi gula harian adalah sebanyak 50 gram atau setara 4 sendok makan, jadi sebisa mungkin kita harus coba track kandungan gula yang kita makan dari informasi nilai gizi ya, pastikan tidak lebih dari 50 gram sehari.


Nah itulah kenapa menurutku penting banget memilih produk dengan memperhatikan informasi nilai gizi, selain karna lebih mudah untuk di-track tapi juga karna banyak produk yang "terlihat sehat" kadang mengandung gula yang cukup tinggi. Salah satunya yogurt, mungkin yang terlintas setiap kali denger "yogurt" ya makanan / minuman sehat. Tapi, ternyata gak juga loh, karna ada juga yogurt yang tinggi gula sehingga apabila dikonsumsi terus menerus bisa membuat organ dalam bahkan kesehatan kulit kita terganggu. 


Heavenly Blush Yoguruto

Heavenly Blush Yoguruto Strawberry

Pilihan Yogurt Rendah Gula


Untungnya minuman yogurt favoritku rendah gula, juga enak dan sehat. Yes, it's Heavenly Blush YOGURUTO ! Setauku awalnya namanya Heavenly Blush Yogurt Drink aja tapi sekarang namanya YOGURUTO haha. Jujur, ini salah satu minuman yogurt favorit dari dulu, karna memang seenak itu. Awal tau yogurt Heavenly Blush ini karna ada temenku yang entah kenapa setiap kali liat / ketemu, dia tuh selalu minum yogurt Heavenly Blush hahaha. Berasa kayak liat brand ambassador-nya deh, soalnya temenku gak pernah lepas sama minuman ini. 


4 Rasa Heavenly Blush Yoguruto Yogurt Drink

Nah karna penasaran, akhirnya aku cobain lah, dan beneran deh ini yogurt yang menurutku asemnya pas, manisnya pas dan enak aja gitu. Buat yang belum tau, YOGURUTO ada 4 rasa, ada original, strawberry, peach dan blackcurrant. Nah semuanya enak tapi favoritku yang Strawberry hihi.


Yogurt Rendah Gula, Heavenly Blush YOGURUTO

Informasi Nilai Gizi Heavenly Blush Yoguruto

Seperti yang aku bilang, minuman yang satu ini termasuk yogurt yang rendah gula jadi gak bikin was-was deh haha. Heavenly Blush YOGURUTO memiliki kandungan gula mulai dari 11 gram per saji (180ml), dimana gulanya lebih rendah dibanding merk yogurt lain. Tidak hanya kandungan gula yang rendah, tapi yogurt drink yang satu ini juga tinggi akan kalsium, rendah lemak, dan mengandung serat pangan prebiotik, yang akan membantu menjaga kesehatan pencernaan setiap hari.


------


Nah, berhubung sebentar lagi tahun baru, yuk bikin resolusi baru untuk ubah pola hidup dan mulai biasakan cek informasi nilai gizi dari sekarang. Oh ya, dan jangan lupa kalau cari yogurt rendah gula, ya Heavenly Blush YOGURUTO ! Gak cuma rendah gula, tapi juga bikin pencernaan sehat dan kulit cantik terawat.



-------




34 comments

  1. Di sini tuh pernah ada heavenly tapi nggak tau nih kok malah sekarang jarang lihat ya, harus ke supermarket sih, mungkin ada pricey tapi rasanya tuh enaak, aku suka dan pengin coba varian lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Indomaret gitu juga biasanya ada mbak hehe. Iya enak" euy, manisnya pas

      Delete
  2. Nah masalah aku nih masih mageran kalau olga tai pegen sehat hehehe..untung ya ada Havenly Blush Yoguruto bisa membantu kesehatan pencernaan juga

    ReplyDelete
  3. Semua varian rasanya saya suka. Gak bikin enek apalagi bosan. Seger dan enak tuh yang ada kalau lagi minum yoghurt ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, seger banget apalagi kalau dingin haha

      Delete
  4. Bener banget nih kak, jaga pola makan itu ngaruh banget ke kulit. Pemilihan bahan makanan dan cara memasak juga penting diperhatikan. Untungnya ada minuman favorit yang rendah gula, bantu banget bikin jadi awet muda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soalnya kalau lg makan yg kebanyakan minyak, pasti jerawatan.

      Delete
  5. Suka banget dengan yoghurt-yoghurt-an sering juga beli yoghurt ini dan nyetok di rumah karena biasanya suka dicampur dengan muesli buat sarapan

    ReplyDelete
  6. Menjadi sehat ternyata cukup mudah, ya. Memulai dari diri sendiri, banyak berolahraga dan memperhatikan asupan gizi sehari-hari. Btw, Heavenly Blush Yogurt ini salah satu minuman favoritku juga lho, Kak. Setiap awal bulan pasti menyempatkan diri untuk merestock Heavenly Blush Yogurt dan menyimpannya di kulkas rumah. Rasanya nyaman, manfaatnya terasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, apalagi masih hawa tahun baru, bisa buat jd resolusi baru buat hidup lebih sehat

      Delete
  7. Wah beda banget penampakannya. Cepat ya cuma 6 bulan sudah langsing suaminya.

    Betul, sehat dan langsing tinggal mengubah pola makan dan minum. Tapi susah banget untuk dilakuin 😅🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, dia cepet bgt soalnya usaha jaga makannya agak sangat maksimal 🤣

      Delete
  8. Menjaga asupan makanan memang bermanfaat ganda. Bikin sehat dan bikin kulit cantik sehat.BYW Yogurt nya itu memang enak, kok.

    ReplyDelete
  9. Setelah tua saya baru benar-benar memahami tips ketiga adalah PR terbesar. Lempeng kalau beli karena biasanya anak yang minta. Hahaha.
    Masalahnya kemudian adalah mata saya tak bisa baca tulisan sekecil itu. Untunglah sekarang lebih mudah mengetahui informasi produk di web maupun blog seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg awalnya ga pernah liatin, haha. Setelah bacain ini kadang jd suka merasa bersalah haha

      Delete
  10. Heavenly Blush Yoguruto kesukaan saya, nih. Banyak pula pilihan rasanya. Jadi gak bosen menikmatinya. Saya juga sedang berusaha memperbaikin pola makan.

    ReplyDelete
  11. Saya diet kok ditengah jalan selalu berhenti ya, mbak. Ya ampuun. Padahal pengin banget turun 20 -25 kg. Olahraga juga gitu, pola makan juga sudah mulai diubah, masih aja gagal diet mbak. Ini saya mau coba Heavenly blush untuk mengganjal lapar kalau sedang kerja di kantor lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dietnya jangan sampai gak makan ya mbak, makan kayak biasa aja tp porsinya yg di kurangi. Terus lebih banyak protein biar kenyangnya lebih lama, hehe

      Delete
  12. Saya juga sangat suka minum Heavenly Blush Yogurt tiap hari, karena kandungan gizinya cukup tinggi

    ReplyDelete
  13. menjaga pola makan dan hidup sehat memang tantangan banget sih ya, tapi kalau kita melakukannya dengan sadar pasti jadi terbiasa juga sebab manfaatnya akan kembali pada diri kita sendiri nantinya ya :)

    ReplyDelete
  14. Semua tips nya cocok, Kak. Terutama nomor dua dan tiga, kadang lupa olahraga dan mengubah pola makan lebih sehat. Pas liat Yoguruto jadi kepengin nyobain, kebayang segar dan manfaatnya. Apalagi pas perut lagi rada wror sekarang.thx infonya ya

    ReplyDelete
  15. Wah keren mbak kerja keras suaminya, lumayan banyak ya turunya dalam jangka waktu yang gak sampai setahun. Aku pengen trun 5 kg aja masih susah hehe.
    Setuju banget sih konsumsi gula tu di usia2 dewasa perlu dibatasi. Trus gorengan2 juga yaa.
    Yogurtnya bisa pindah ke heavenly Blush yang memang sudah rendah gula dan lemak. Catet tipsnya dan praktikkan tengkyuuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, resolusi dari 5 tahun lalu yang baru terlaksana mbak, sering gagal jg .. tp tahun 2023 baru beneran komitmen. Semangat mbak, pasti bisaa

      Delete
  16. Nah olahraga ini sih menurutku yang paling penting tapi paling susah dbuat dikerjain. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg kadang suka mager hahaha. Tp harus dipaksa bergerak

      Delete
  17. Selalu sedia ni minuman di kulkas, karna enak serta menyehatkan untuk tubuh

    ReplyDelete
  18. Pengen banget jadi awet muda, panutan saya sendiri dalam hal ini adalah Cristiano Ronaldo. Btw keren euy mbanya kek masih berumur di bawah 25-an. Heavenly Blush Yoguruto ini juga jadi salah satu isi kulkas yang tak boleh terlewatkan saat belanja awal bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, makasih 🙏🏻🙏🏻 boleh kak dicobain yogurtnya, enak jg

      Delete
  19. Ihhh aku juga kalau beli sesuatu di supermarket atau minimarket pasti selalu cek dan ricek kandungan gizi apa yang ada didalam makanan atau minuman yang kubeli. Apalagi saat ini sedang mengurangi gula yang berlebih

    ReplyDelete
  20. Sering liat yogurt merk ini di supermarket, tapi belum pernah nyobain. aku suka sama desain packagingnya yang kelaitan menarik, ditambah lagi varian rasanya beragam

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤