Hal yang Wajib Dilakukan Agar Kulit Tetap Sehat

November 3, 2022


Pernah nggak sih denger kalau kulit yang cantik itu harus putih, dan bersih ? Pandangan seperti ini ternyata tidak jarang membuat orang mencari produk yang dapat "memutihkan" kulit secara instan agar lebih percaya diri. Tapi faktanya, banyak orang terjebak dengan produk-produk berbahaya yang ternyata belum terdaftar BPOM. Bukannya cantik, yang ada kulitnya malah bermasalah. Untungnya dengan berkembangnya teknologi, sekarang mencari informasi atau ilmu mengenai skincare bisa lebih mudah diakses dan dipelajari. Orang-orang juga sudah mulai mengerti dan beralih ke skincare yang lebih aman.


Kini, pandangan kulit yang cantik harus putih sudah digantikan dengan kulit sehat. Ya, aku juga setuju kalau cantik itu gak harus putih, mengingat Indonesia itu kaya dengan suku dan ras, termasuk warna kulit. Menurutku kulit cantik itu adalah kulit yang sehat apapun warnanya hihi. Nah di post kali ini aku mau share beberapa hal-hal yang wajib dilakukan agar kulit tetap sehat dan terawat.


Tips Agar Kulit Sehat


1. Lakukan Double Cleansing

Salah satu hal yang menurutku wajib banget dilakukan adalah double cleansing atau membersihkan wajah dengan 2 tahap. Sebelum menggunakan rangkaian skincare alangkah baiknya kulit kita sudah benar-benar bersih sehingga meminimalisir pori-pori tersumbat. Jenis produk untuk double cleansing sendiri biasa dikenal dengan sebutan first cleanser dan second cleanser.

First Cleanser : Micellar water, cleansing milk, cleansing balm, cleansing oil, atau cleansing gel.

Second Cleanser : sabun cuci muka

Pemakaiannya sendiri cukup mudah, kita tinggal pakai first cleanser untuk mengangkat make up, debu dan kotoran yang menempel pada kulit dan lanjut menggunakan sabun cuci muka. Double cleansing sendiri bertujuan untuk membersihkan kulit secara maksimal apalagi kalau wajah kita menggunakan make up dan sering terpapar debu / polusi.



2. Jangan Skip Moisturizer

Selain membersihkan wajah, menjaga kelembapan kulit juga jadi salah satu hal yang cukup penting, terutama untuk kulit kering atau sering berada di ruangan ber-AC. Ini juga termasuk bagi kalian pemilik kulit yang berminyak ya, kalian juga wajib pakai moisturizer loh. Semua kulit boleh dan bisa pakai pelembap, tapi juga disesuaikan dengan jenis kulit. Umumnya moisturizer sendiri terdiri dari 3 jenis, yaitu gel, cream dan lotion. Apa bedanya sih ?

Gel - Cocok untuk kulit yang normal-berminyak, karna teksturnya lebih ringan

Cream - Cocok untuk kulit normal-kering, karna teksturnya cenderung lebih rich sehingga lebih terasa melembapkan.

Lotion - Cocok untuk kulit normal kombinasi.

Nah sekarang, sudah tau harus pakai moisturizer yang mana ?



3. Gunakan Sunscreen Sebelum Beraktivitas di Pagi / Siang Hari

Tidak hanya merawat, namun kita juga harus melindungi kulit dari bahaya sinar UV yaitu dengan menggunakan sunscreen yang mengandung SPF dan PA. Kenapa sih harus rutin menggunakan sunscreen ? Pastinya agar kulit terhindar dari sunburn, kusam hingga penuaan dini. Ada 3 jenis sunscreen yang bisa kalian pilih.

Chemical sunscreen - biasanya bekerja 15-20 menit setelah diaplikasikan, tidak menimbulkan whitecast

Physical sunscreen - langsung aktif setelah diaplikasikan, biasanya menimbulkan whitecast

Hybrid sunscreen - langsung aktif setelah diaplikasikan dan bertekstur ringan.



4. Jangan Lupa Gunakan Body Lotion Setelah Mandi

Salah satu produk yang mungkin sering kita skip adalah body lotion. Terkadang kita terlalu fokus untuk merawat kulit wajah hingga lupa kalau kulit tangan dan kaki juga butuh nutrisi. Waktu terbaik untuk menggunakan lotion adalah saat kulit bersih dan lembab atau bisa dibilang setelah mandi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit dan memberikan nutrisi pada kulit lebih maksimal.


—-


Nah itu dia hal yang wajib dilakukan agar kulit tetap sehat. Untungnya sekarang kalau mau beli produk perawatan, entah itu skincare atau body care yang aman dan sudah BPOM bisa dilakuin dimana aja dan kapan aja. Sebagai anak milenial yang kadang suka males untuk pergi keluar rumah, aku prefer untuk belanja perawatan kulit secara online. Salah satunya Watsons Online, yang tersedia di website dan aplikasi. Nggak cuma praktis, tapi juga banyak banget diskonnya loh !



Produknya juga beragam, mulai dari make up, skincare, body care, hair care hingga kesehatan. Bahkan ada brand lokal hingga brand luar negeri juga loh. Jadi menurutku one stop solutions deh kalau lagi cari perawatan kulit, tinggal pesen, bayar dan tunggu paketnya deh hihi. Yang aku suka, Watsons bisa kirim paket secara ekspres loh ! Jadi kalau butuh cepet udah gak perlu khawatir lagi deh hihi. Nah biar makin murah, kalian juga bisa pakai kupon diskon ini :


WAPP10

min. Belanja 100.000 dengan diskon 10.000 untuk First Purchase di Watsons Apps


WATSONSBLOG11

min. Belanja 100.000 dengan diskon 15.000  untuk pembelanjaan di website dan Apps

persediaan terbatas hingga 30 November 2022. 



Ada yang sering belanja di Watsons juga ?
Share yuk di kolom komen !




Post a Comment

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤