[REVIEW] MS Bodycares - Body Care dari MS Glow yang Sukses Mencerahkan Kulit

August 8, 2021

Ada yang pernah merasa insecure dengan kulit badan ? Aku pernah, tapi dulu. Mau pakai dress atau baju yang lucu jadi gabisa karna merasa gak percaya diri dengan kakiku yang banyak bekas luka gigitan nyamuk. Namun, meskipun aku sudah menerima kekuranganku, bukan berarti aku jadi membiarkan tubuhku tidak dirawat. Nah makanya belakangan ini aku mencoba produk perawatan badan dari MS GLOW yaitu MS Bodycares. Produknya ada MS Glow Gluta White Soap with Milk, Whitening Scrub with Milk dan Easy White Body Series. Penasaran gimana reviewnya ? Keep scrolling ya !


Oh ya, mungkin banyak orang yang sudah kenal dengan brand MS Glow. Tapi sedikit perkenalan, MS Glow adalah brand perawatan kulit lokal yang sukses di pasaran dan bahkan meraih Indonesia Best Brand Award 2020 dalam kategori Perawatan Wajah yang dijual secara ekslusif. Nah tapi kali ini aku mau mengulas MS Bodycares yang merupakan salah satu sub-brand dari MS Glow.

 

MS Bodycares hadir agar kita bisa mengerti kebutuhan kulit kita dengan menggunakan produk perawatan badan yang tepat. Produk MS Bodycares ditujukan untuk mencerahkan kulit. Dengan harga yang terjangkau, diharapkan seluruh kalangan bisa merasakan perawatan kulit dengan bahan berkualitas dan high-class. Kapan lagi kan bisa #mandisultan dengan harga yang bersahabat ? Jadi, yuk kita bahas satu-satu.


Ms Glow Gluta White Soap - Gluta Milk



Salah satu basic needs / perawatan utama badan adalah sabun mandi. Disini aku menggunakan sabun mandi MS Glow yaitu Gluta White Soap varian Milk. Sebenarnya sabun mandi MS Glow ini terdiri dari 3 varian yaitu Kojic, Collagen dan Milk yang memiliki fungsi utama mencerahkan, namun memiliki fungsi tambahan yang berbeda. Berikut perbedaan Gluta White Soap berdasarkan varian :

Kojic (kuning) : Mencerahkan dan memudarkan bekas luka

Collagen (pink) : Mencerahkan dan mengencangkan kulit

Milk (biru) : Mencerahkan dan menghaluskan kulit


Jadi, kalian bisa pilih variannya berdasarkan kebutuhan kulit kalian ya ^^



Kemasannya sendiri berbentuk pouch dalam 2 kemasan yang berbeda (masing-masing 50 gr), jadi produknya 2 pcs seperti bundle gitu. Pada bagian belakang kemasan terdapat informasi yang cukup lengkap. MS Glow Gluta White Soap with Milk ini diperkaya oleh Alpha Arbutin, Glutathione dan Susu yang membantu mencerahkan kulit hingga 2 tingkat lebih cerah, memudarkan noda gelap, melembapkan, mengangkat sel kulit mati, membuat kulit tampak glowing dan lembut.



Ingredients


Cocos Nucifera Oil, Sucrose, Water, Stearic acid, Glycerine, Olea europaea Fruit Oil, Propylene glycol, Niacinamide, Sodium Hydroxide, Alpha arbutin, Glutathione, Hydrolyzed Milk Protein, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Morus Alba Root Extract, Aloe barbadensis Leaf Extract, Phenoxyethanol, Hydrolyzed royal jelly protein, Fragrance, Titanium Dioxide, BHT, Tetrasodium EDTA, Triethylene glycol.


Key Ingredients

Alpha Arbutin - Mencerahkan dan menghambat pertumbuhan melanin pada kulit

Hydrolyzed Milk - Bersifat Hypoallergenic (rendah allergen), mencerahkan, melembapkan dan menghaluskan kulit

Glutathione - Antioksidan (melindungi kulit dari radikal bebas), mencerahkan dan mengurangi tanda penuaan kulit

Niacinamide - Meningkatkan skin barrier, mencerahkan dan melembapkan kulit

Aloe Vera - Mengurangi inflamasi dan menenangkan kulit.


Berbeda dengan kebanyakan produk sabun di Indonesia yang cenderung menggunakan SLS, SLES, dan Paraben, Gluta White Soap MS Glow ini menggunakan Coconut Oil yang berfungsi untuk membersihkan sekaligus melembapkan kulit.


Details

BPOM : NA18210500101

Netto : 2 x @50gr

SLS, SLES, Paraben Free



Saat dibuka, sabunnya sendiri sudah berada di dalam foam net. Sabunnya berwarna putih susu dan terdapat emboss MS GLOW. Ku pikir wanginya akan susu banget, tapi ternyata ada hint fruity gitu, mungkin karna adanya kandungan Morus Alba / White Mulberry, sehingga wanginya itu perpaduan antara fruity dan milky.



Cara Pakai

Basahi kulit dan usap foam net ke kulit dengan lembut hingga berbusa. Bisa didiamkan selama 1-2 menit atau langsung dibilas hingga bersih.


Notes

- Sabun tidak perlu dikeluarkan dari foam net.

- Simpan sabun di tempat kering dan sejuk

- Sabun jangan sampai terendam air (karna mengandung coconut oil yang rentan lembek jika terpapar matahari langsung / terendam air)


Review


Menurutku sabun ini busanya cukup banyak meskipun tidak mengandung SLS dan SLES, mungkin karna sabun ini sudah dilengkapi dengan foam net juga. Uniknya, busanya ini fluffy banget saat dibusakan. Selain itu, yang aku suka sabun ini juga tipe yang mudah dibilas dan memberikan kesan lembab namun kulit tetap terasa "bersih". Wanginya sendiri juga menurutku enak, bukan tipe susu yang bikin eneg gitu hihi. Setelah menggunakan sabun ini, hasilnya kulit terasa lembut, halus dan cerah.


Harga : IDR 100.000,- / 2 pcs


Ms Glow Whitening Scrub - Gluta Milk



Perawatan kulit selanjutnya yang menurutku cukup penting adalah body scrub. Whitening Scrub dari MS Glow ini juga terdiri dari 3 varian yang sama dengan sabunnya, dan aku juga menggunakan varian yang milk (biru) ya. Uniknya, perawatan kulit mingguan ini berbahan dasar Kaolin Clay dan Scrubnya mengandung pH netral serta silica dioxide yang berguna untuk menyehatkan kulit tanpa membuat kulit menjadi kering, mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran dengan lebih maksimal. Scrub ini juga tidak mengandung microbeads ya karna bahan tersebut bisa mencemari lingkungan.



Kemasan scrub ms glow ini adalah plastik jar dengan tekstur doff di bagian badannya. Pada bagian depannya terdapat nama produk, dan bagian belakangnya terdapat informasi yang lebih lengkap mengenai produknya. Body scrub MS Glow ini juga mengandung Alpha Arbutin, Glutathione dan Susu, sehingga fungsinya mirip dengan sabunnya, namun tentu membuat kulit lebih lembut karna adanya proses exfoliating.



Ingredients


Water, Kaolin, Glycerin, Stearic Acid, Cetyl alcohol, Hydrated silica, Niacinamide, Glycyrrhiza Glabre (Licorice) Root Extract, Morus Alba Root Extract, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, PEG 100 Stearate, Alpha Arbutin, Glyceryl Stearate, Hydrolized Milk Protein, Glutathione, Hydrolyzed royal jelly protein, Potassium hydroxide, Phenoxyethanol, Allantoin, Titanium dioxide, Carbomer, BHT, Paraffin Liquid, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Aloe barbadensis leaf extract, Fragrance, Helianthus annuus Seed Oil, Triethylene glycol. 


Key Ingredients

Alpha Arbutin

Hydrolyzed Milk

Glutathione

Niacinamide

Shea Butter - Meningkatkan sirkulasi pertumbuhan sel kulit, mengurangi kerutan dan melembapkan kulit


Details

BPOM : NA18210700153

Netto : 250gr



Saat dibuka, scrub ini terdapat seal dengan hologram bertuliskan MS GLOW. Jadi pastikan kamu menerima produk yang masih bersegel rapi ya untuk menjaga kualitas dan ke-higienis-annya.



Nah teksturnya sendiri menurutku cukup thick dengan butiran scrub berwarna biru. Oh ya seperti yang aku bilang sebelumnya, produk ini tidak mengandung microbeads seperti scrub pada umumnya karna meskipun bagus untuk membersihkan kulit, microbeads tidak baik untuk lingkungan karna bisa mencemari laut. Oleh karna itu, body scrub MS Glow ini menggunakan kaolin clay untuk mengangkat sel kulit mati. Berbeda dengan sabunnya, menurutku scrub ini wanginya cenderung lebih milky.


Cara Pakai

Usapkan secukupnya pada kulit yang kering / basah, tunggu setengah kering dan gosok perlahan. Bilas dengan air hingga bersih. Bisa digunakan 1-2x seminggu, dan untuk pemakaian optimal gunakan rangkaian MS Bodycares lainnya.


Notes : Apabila kulit extra sensitive, bisa gunakan scrub 1-2 minggu sekali.


REVIEW


Oke, sebenarnya aku sendiri suka produk scrub yang cenderung kasar karna biar lebih terasa exfoliatingnya.  Nah, produk ini tipe scrub yang aku suka yaitu thick dan kasar, namun tentunya scrub ini tidak sampai melukai kulit yaa. "Kasar" yang aku maksud disini adalah butiran scrubnya yang cenderung besar, jadi exfoliatingnya gampang dan lebih terasa. Meskipun begitu, kulit sama sekali tidak perih atau sakit saat scrubbing. Wanginya yang cenderung milky juga cukup relaxing loh. Setelah dibilas, kulit langsung terasa lembut dan cerah. Love it !


Harga : IDR 100.000,- / pc


Ms Glow Easy White Body Series

(Easy White Body Lotion & Easy Bright Body Serum)



Terakhir, aku juga menggunakan Easy White Body Series yang terdiri dari MS Glow Body Serum dan Body Lotion. Secara kemasan, produk ini terdapat perbedaan yaitu dari warnanya. Body Serum kemasannya berwarna putih dengan kombinasi pink,  sedangkan Body Lotion kemasannya berwarna putih dengan kombinasi abu-abu. Aku akan share lebih lengkap untuk perbedaan MS Glow Easy Bright Body Serum dan Easy Bright Body Lotion.


Ms Glow Easy White Body Lotion




Pertama, MS GLOW Easy White Body Lotion. Produk ini adalah body lotion yang bisa digunakan pada pagi dan siang hari. Produk ini mengandung UV Filter, Glutathione, Nano White dan juga Collagen yang berfungsi untuk melindungi, mencerahkan serta melembapkan kulit.




Ingredients

Aqua, Glyceryl Stearate, Glycerin, Paraffin, Caprylic Trigliserida, Polisorbate 80, Benzophenone, Panthenol, Morus Alba L. Extract, Butylene Glycol, Titanium Dioxide, Stearic Acid, Collagen, Fragrance, Phenoxyethanol, Tetrasodium EDTA, Alpha Arbutin, Tocopherol.


Key Ingredients

Glutathione
Nano White - Partikel nano yang mampu menembus lapisan layer kulit untuk mencerahkan dan memudarkan noda/flek di kulit
UV Filter - Melindungi kulit dari resiko kerusakan akibat paparan sinar UV seperti kerutan halus dan hiperpigmentasi.

Secara keseluruhan produk ini dapat melindungi kulit, mencerahkan kulit secara instan bahkan permanen (jangka panjang) dan melembapkan kulit.

Details

BPOM : NA18200106225

Netto : 125 ml



Tutupnya tipe ulir dan lubang tubenya menurutku pas. Teksturnya sendiri menurutku seperti krim dan cenderung sedikit thick. Terdapat butiran biru yang apabila dibaurkan akan pecah dan menyatu dengan lotionnya (tidak berwarna). Lotion ini menurutku lebih seperti tone up cream karna memberikan efek cerah secara instan. Dari segi wangi, menurutku produk ini wanginya cenderung manly alias mirip seperti parfum cowok hehe.


Cara Pakai 

Gunakan pada pagi / siang hari, usahakan kulit dalam kondisi lembab.


REVIEW


Menurutku lotion ini mudah dibaurkan, namun tips dari aku jangan gunakan terlalu banyak agar lebih mudah untuk diratakan. Saat sudah meresap, lotion ini membuat kulit jadi lebih lembut dan halus, selain itu kulit juga terasa sedikit lembab. Nah seperti yang aku bilang juga, produk ini tipenya mirip seperti tone up cream sehingga memberikan kesan cerah secara instan bahkan saat pertama kali digunakan, namun untuk kulitku sendiri lotion ini tidak memberikan kesan "greyish" atau terlihat abu-abu.


Yang paling aku suka, produk ini cukup aman untuk kulit kering bersisik, karna tidak membuat kulit kering tersebut semakin terlihat (karna ada beberapa lotion yang tidak friendly dengan kulit kering bersisik). Selain itu, produk ini sudah terdapat UV Filter sehingga tidak hanya merawat namun juga dapat melindungi kulit.


Harga : IDR 110.000 / pc


Ms Glow Easy Bright Body Serum




Nah selanjutnya MS GLOW Easy Bright Body Serum, berbeda dengan lotion, body serum MS Glow ini digunakan pada malam hari selagi kulit regenerasi. Produk ini mengandung Glutathione dan Tranexamic Acid yang berfungsi untuk mencerahkan dan memudarkan hiperpigmentasi.




Ingredients

Aqua, Cyclopentasiloxane, Butylene Glycol, Glycerin, Niacinamide, Carbomer, PEG 40 Hydrogenated Castor Oil, Propylene Glycol, Dimethicone, Alpha Arbutin, Licorice Glycyrrhiza Glabra Extract, Ethyl Alcohol, Fragrance, Polysorbate 80, Sodium Polyacryloyldimethyl Taurate, Phenoxyethanol, Glutathione, Tetrasodium EDTA


Key Ingredients

Glutathione
Tranexamic Acid - Memudarkan hiperpigmentasi dan noda luka

Produk ini mengandung Tranexamic Acid yang memiliki efektivitas seperti Hydroquinone namun tentunya jauh lebih safe dan soft dibandingkan Hydroquinone. Produk ini juga mengandung Alpha Arbutin yang dapat mencerahkan kulit. Secara keseluruhan, body serum ini dapat memperbaiki kerusakan kulit, mencerahkan dan meratakan warna kulit, melembapkan, dan memperbaiki skin barrier.

Details

BPOM : NA18190121800

Netto : 125 ml




Teksturnya menurutku lebih mudah dibaurkan dibanding lotion karna teksturnya yang seperti gel serum. Body serum ini berwarna transparan dan terasa ringan di kulit. Wanginya juga tipe yang agak manly namun sedikit lebih soft dibandingkan lotionnya.


Cara Pakai

Gunakan pada malam hari, usahakan kulit dalam kondisi lembab.


REVIEW


Walaupun tekstur dan fungsinya bukan seperti lotion yang cenderung tone up cream, produk ini juga cukup mencerahkan meskipun tidak secerah lotion. But for me, sama sekali ga masalah karna efek melembapkannya menurutku lebih terasa saat menggunakan body serum. Kulit juga masih terasa nyaman dan halus karna teksturnya yang lebih light. Wanginya sendiri juga cenderung tahan lama.


Harga : IDR 110.000,- pc

(Sepaket : IDR 200.000 / set)


BEFORE - AFTER




Nah ini dia before-after pemakaian MS BODYCARE selama kurang lebih 2 minggu. Aku sudah foto di lighting yang sama dan tidak menggunakan filter apapun, jadi warnanya sama sekali gak berubah. Btw. so sorry yaa kaki ku memang gak mulus dan kalian bisa lihat kalau kulitku banyak bekas luka gigitan nyamuk yang cukup banyak, dan setelah menggunakan body care dari MS GLOW ini bekas luka ku sedikit memudar dan terlihat lebih bersih dibanding sebelumnya. Jadi bisa dibilang memang rangkaian ini bekerja sesuai klaim. Meskipun begitu, hasil maksimal tentu bakal didapat dengan penggunaan jangka panjang ya hehe.


Hasil yang paling aku rasakan adalah efek mencerahkannya, kalian bisa lihat kalau kulitku tampak lebih cerah beberapa tingkat. Perlu digaris bawahi kembali kalau aku sama sekali tidak mengedit foto before-afternya dan aku foto di tempat dengan lighting yang sama. Jadi, menurutku cocok banget untuk kalian yang mau mencerahkan kulit. Overall, dari hasil yang aku rasakan dan mengingat harga yang sesuai dengan kualitas bahannya, aku rekomen produk-produk dari MS Glow ini terutama scrub dan sabunnya yang jadi favorit aku hihi.

------


More Info :
INSTAGRAM MSBODYCARES


Where to buy?
SHOPEE MSBODYCARES


Ada yang sudah pernah coba rangkaian body care ini?
Share yuk di kolom komen !



3 comments

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤