[REVIEW] SKIN1004 Madagascar Centella Set

October 23, 2021

Salah satu masalah yang paling sering muncul di kulitku akhir-akhir ini adalah jerawat. Ya, 1 bulan belakangan ini, rasanya struggle banget untuk masalah jerawat ini. Kulitku yang awalnya udah cukup mulus, entah kenapa jadi muncul jerawat satu per satu. Mungkin karna belakangan ini aku juga sering keluar pakai masker dalam jangka waktu yang lama. Akhirnya, aku kembali lagi ke SKIN1004 Madagascar Centella yang emang bagus untuk kulitku yang berjerawat. Tapi, kali ini aku nyobain 1 rangkaian biar hasilnya lebih maksimal. Penasaran gimana reviewnya ? Keep scrolling ya !


SKIN1004 MADAGASCAR CENTELLA SET



Oke sedikit cerita, Centella Asiatica itu adalah salah satu bahan yang jadi "obat" aku saat ada jerawat. So, kalau aku ada jerawat, pasti akan lari ke produk berbahan CICA. Selain menenangkan kulit yang kemerahan, bahan ini juga bisa mencegah kulit dari jerawat. Jadi, cocok banget untuk kalian yang juga berjerawat, termasuk maskne.


Nah aku sendiri menggunakan 1 rangkaian SKIN1004 Madagascar Centella yang terdiri dari 5 produk yaitu Light Cleansing Oil, Centella Ampoule Foam, Toning Toner, Ampoule, dan Centella Cream. Buat yang belum tau, SKIN1004 ini adalah brand asal Korea yang ingredientsnya berasal dari alam seperti laut, gurun, dan hutan, untuk menemukan ingredients yang paling ideal untuk kulit. SKIN1004 sendiri mempelajari bahan-bahan tersebut agar bisa mengembalikan kulit pada keadaan semula. Keren yaaa, Btw, aku akan jelaskan satu per satu sesuai urutan pemakaiannya.


SKIN1004 MADAGASCAR CENTELLA

LIGHT CLEANSING OIL

 



Pertama, first cleanser. Seperti namanya, produk ini adalah cleanser berbasis oil. Klaimnya Produk ini di formulasikan khusus dengan CoconutExtracted MCT Oil dan Centella Asiatica Extract yang mampu membersihkan make up dan kotoran serta dapat melarutkan sebum. Teksturnya yang ringan dan cair dapat membersihkan dan menyegarkan kulit.





Ingredients
Ethylhexyl Stearate, Cetyl Ethylhexanoate, Sorbeth-30 Tetraoleate, Centella Asiatica Extract(10,000ppm), Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Ethylhexylglycerin, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Rosa Damascena Flower Oil, Limonene, Linalool.


Cleansing oil ini mengandung 6 jenis minyak nabati yang dapat membersihkan kulit dengan formula yang ringan. Sehingga lebih aman untuk kulit yang sensitif.

Details
PAO : 12 M (Baik digunakan dalam 12 bulan setelah dibuka)
Netto : 200 ml
Skin irritation Test Completed


Kemasannya sendiri adalah pump bottle plastik berwarna beige transparan, desainnya menurutku cukup minimalis namun tetap terlihat menarik. Oh ya, karna kemasannya berwarna transparan jadi kita bisa melihat isi di dalamnya ya. 




Pump bottlenya ada sistem lock-unlock dengan memutar pumpnya, tapi tetap harus berhati-hati kalau mau dibawa-bawa ya. Oh ya, kalian juga bisa beli versi mini nya loh kalau mau dibawa travelling, isinya 30 ml ^^

Lanjut ke teksturmya, menurutku produk ini memang terasa "minyak" seperti namanya tapi bisa dibilang sangat cair, jadi harus hati-hati saat di-pump. Produknya berwarna bening dan wanginya cukup relaxing. Saat diberi sedikit air, produk ini akan berwarna putih susu.

Cara pakai

Aplikasikan beberapa pump SKIN1004 Cleansing Oil ke wajah yang kering dan pijat perlahan dengan gerakan memutar untuk menghapus make up dan kotoran. Tambahkan sedikit air dan tetap memijat wajah untuk mengubah minyak menjadi larutan yang ringan seperti susu. Bilas dengan air hingga bersih.

REVIEW

Menurutku meskipun produk ini adalah minyak, namun teksturnya cukup cair dan mudah dibaurkan pada kulit. Rasanya tidak terlalu greasy dan tidak membuat mata menjadi perih, which is good. Kemampuannya dalam membersihkan wajah juga cukup baik, gak perlu waktu lama untuk membersihkan make up daily. Namun kalau memang lagi full make up, aku akan pakai 2x untuk memastikan kulitku benar-benar bersih hehe.

Saat dibilas, sebenarnya produk ini gak bikin mata "burem" atau perih, namun memang kalau lagi buru-buru kadang suka kelepasan masuk ke mata, jadi pakenya memang harus pelan-pelan mengingat teksturnya yang cukup cair. Oh ya, hal yang aku suka, produk ini sangat mudah dibilas dan tidak meninggalkan kesan lengket setelahnya, malah bisa dibilang cenderung melembapkan dan bikin kenyal hihi. Tapi meskipun terasa bersih, aku tetap rekomen untuk membersihkan wajah dengan micellar water dan kemudian menggunakan second cleanser. Overall, menurutku cukup oke.


SKIN1004 MADAGASCAR CENTELLA

AMPOULE FOAM



Setelah first cleanser, kita lanjut ke second cleanser. Produk ini mengandung formula hypoallergenic yang sedikit asam sehingga dapat menyeimbangkan pH kulit (pH level 5). Selain itu, cleanser ini juga memiliki surfaktan alami sehingga dapat menciptakan busa yang rich dan dapat membersihkan kulit serta membuatnya terhidrasi dan terasa lembut.




Ingredients

Centella Asiatica Extract (33%), Sodium Cocoyl Isethionate, Glycerin, Water, Sodium Methyl Cocoyl Taurate, Coco-Betaine, Potassium Cocoyl Glycinate, 1,2-Hexanediol, Sodium Chloride, Potassium Cocoate, Potassium Benzoate, Polyquaternium-67, Citric Acid, Dextrin, Sodium Bicarbonate, Theobroma Cacao (Cocoa) Extract, Disodium EDTA, Sodium Acetate, Butylene Glycol, Coptis Chinensis Root Extract, Sodium Hyaluronate, Eclipta Prostrata Extract, Coccinia Indica Fruit Extract

Details
PAO : 12 M (Baik digunakan dalam 12 bulan setelah dibuka)
Netto : 125 ml
Skin irritation Test Completed
Hanya untuk penggunaan eksternal. Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Kemasannya berwarna deep beige yang agak transparan dengan bentuk flip top tube yang mudah di-squeeze. Karna agak transparan, jadi agak kelihatan ya isi di dalamnya. Dari segi desain, masih dengan konsep minimalis seperti produk lainnya.




Produk ini berwarna coklat dan menurutku teksturnya cenderung agak buttery, namun saat diberi sedikit air mudah dibusakan dan cenderung lembut. Cleanser ini gak ada fragrance ya jadi aman untuk kalian yang sensitif dengan wewangian.

Cara pakai
Ambil produk secukupnya, busakan pada telapak tangan. Pijat secara lembut pada wajah, kemudian bilas dengan air.


REVIEW

Bisa dibilang, produk ini one of my favorite cleanser. Selain busanya yang lembut, bilasnya juga gak susah. Selain itu, produk ini juga gak ada wewangian jadi lebih aman untuk kulit yang sensitif. Gak ada rasa perih, atau sensasi kering ketarik, justru setelah pakai ini, aku juga merasa kulit jadi lebih bersih, fresh dan somehow lebih lembab. Bahkan, suamiku juga suka banget sama cleanser ini haha. Cocok banget deh untuk semua jenis kulit.


SKIN1004 MADAGASCAR CENTELLA

TONING TONER

 


Setelah membersihkan wajah, aku menggunakan Toning Toner sebagai step awal skincareku. Toner ini berfungsi untuk mencerahkan, mencegah kerutan dan membuat kulit lebih sehat karna dapat mengeksfoliasi kulit mati. Produk ini mengandung PHA dan 84% Centella Asiatica Extract yang cocok untuk kulit sensitive.





Ingredients

Centella Asiatica Extract(84%), Water, Dipropylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Niacinamide, Gluconolactone, Tromethamine, Carbomer, Sodium Citrate, Adenosine, Disodium EDTA, Dipotssium Glycyrrhizate, Betaine, Hyaluronic Acid, Ethylhexylglycerin.

Details
PAO : 12 M (Baik digunakan dalam 12 bulan setelah dibuka)
Netto : 210 ml
Non-comedogenic Tested, Skin irritation Test Completed
Hanya untuk penggunaan eksternal. Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.




Kemasannya adalah botol plastik berwarna beige transparan dengan tutup ulir berwarna putih. Informasi mengenai EXP date ada di bagian bawah botol ya. Seperti toner pada umumnya, teksturnya cenderung cair seperti air, dan karna produk ini juga tidak mengandung fragrance, jadi memang tidak ada wewangian hehe.

Cara Pakai
Aplikasikan toner secukupnya pada kapas atau secara langsung ke wajah, tepuk perlahan hingga toner meresap sempurna.

REVIEW

Menurutku toner ini ringan banget, karna seperti yang aku bilang, teksturnya benar-benar seperti air. Toner ini juga sangat mudah meresap dan tidak memberikan kesan lengket. Produk ini memberikan sedikit rasa lembab, mungkin karna ada kandungan Hyaluronic Acid (meskipun berada di urutan yang belakang), jadi memang rasa lembabnya bukan yang over lembab gitu ya, just slightly moisturizing. Yang aku rasakan, produk ini juga membuat kulit sedikit lebih cerah, mengingat adanya kandungan Niacinamide di toner ini.

SKIN1004 MADAGASCAR CENTELLA

AMPOULE



Lanjut ke produk best seller dari SKIN1004 yaitu Madagascar Centella Ampoule. Ampoule ini viral banget, karna kandungannya hanya 1, Centella Asiatica Extract 100% yang fresh dari Madagascar. produk ini berfungsi untuk menenangkan kulit yang sensitif, menghidrasi, melembapkan, membuat kulit terlihat lebih bersih, dan glowing. Tidak hanya itu, namun ampoule ini juga dapat memudarkan hiperpigmentasi / noda gelap, mencegah timbulanya kerutan halus, dan juga memperkuat skin barrier.



Ingredients

Centella Asiatica Extract (100%)

Details
PAO : 12 M (Baik digunakan dalam 12 bulan setelah dibuka)
Netto : 100 ml
Non-comedogenic Tested, Skin irritation Test Completed
Hanya untuk penggunaan eksternal. Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Berbeda dengan kemasan produk yang lain, Centella Ampoule ini dikemas dengan botol kaca, namun tetap dengan warna dan desain yang sama. Informasi mengenai exp date ada di bagian bawah botol ya.



Aplikator produk ini adalah pipet yang juga digunakan sebagai tutup botol. Yang aku suka, aplikatornya ini panjang dan agak ramping gitu. Pada bagian ujungnya, pipet ini agak sedikit diagonal yang memudahkan kita untuk mengaplikasikan produknya.

Teksturnya cenderung cair, namun tidak secair toner, agak sedikit lebih kental dan sedikit licin di awal. Saat dibaurkan akan terasa sedikit sticky, namun saat sudah meresap, jadi cenderung lembab dan lembut. Produk ini juga gak ada wewangian yaa, jadi emang wanginya soft natural aja gitu.

Cara Pakai

Gunakan pipet untuk mengaplikasikan ampoule dan ratakan pada wajah hingga meresap sempurna.

REVIEW

Produk ini bisa dibilang produk pertama dari SKIN1004 yang aku coba, dan memang menurutku produk ini bagus banget untuk menyembuhkan luka / jerawat. Apalagi produk ini hanya memiliki 1 bahan, jadi bisa meminimalisir ketidakcocokan saat menggunakan produk ini, kecuali kamu memang gak cocok dengan kandungan Centella Asiatica.

Aku suka produk ini karna bisa memberikan kelembaban untuk kulitku, selain itu juga cepat mengurangi atau menenangkan jeawatku. Gak cuma itu, setiap kali aku merasa kulitku mulai bertekstur, produk ini bisa membuat kulitku rata kembali dalam waktu yang cepat. So far, I really love this ampoule dan tidak ada efek negatif di kulitku.

SKIN1004 MADAGASCAR CENTELLA

CREAM



Last but not the least, aku pakai cream / moisturizer dari SKIN1004. Produk ini adalah pelembab bertekstur ringan yang mengandung Centella Asiatica dan kandungan natural lainnya. Skincare ini berfungsi untuk membantu menjaga kulit agar tetap sehat, menenangkan dan juga mengembalikan keseimbangan air dan minyak pada kulit.



Ingredients

Water, Centella Asiatica Extract(9.8%), Cetyl Ethylhexanoate, Glycerin, Pentylene Glycol, Hydrogenated Lecithin, Niacinamide, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Limnanthes Alba (Meadowfoam) Seed Oil, Squalane, Carbomer, Caprylyl Glycol, 1,2-Hexanediol, Tromethamine, Panthenol, Sodium Carbomer, Erythritol, Trehalose, Betaine, Butylene Glycol, Caprylhydroxamic Acid, Caprylic/​Capric Triglyceride, Adenosine, Xanthan Gum, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil,  Lavandula Angustifolia (Lavender) Flower Oil, Hydroxyethylcellulose, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Oil, Madecassoside, Biosaccharide Gum-1, Asiaticoside, Madecassic Acid, Asiatic Acid, Glycine Soja (Soybean) Sprout Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Ceramide NP, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Linoleic Acid, Ethylhexylglycerin, Sodium Hyaluronate, Linolenic Acid, Hexyl Cinnamal, Linalool.

Details
PAO : 12 M (Baik digunakan dalam 12 bulan setelah dibuka)
Netto : 7 ml
Skin irritation Test Completed
Hanya untuk penggunaan eksternal. Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Kemasannya adalah soft tube flip top yang mudah di-squeeze, bahannya agak kayak karet gitu, mirip dengan ampoule foamnya namun warna basenya putih dan tutupnya berwarna beige. Packagingnya agak lebih pendek namun sedikit lebih lebar dibanding ampoule foam, tapi tetap travel friendly kok karna kemasannya cenderung pipih.


Krim ini berwarna putih transparan, dan saat diaplikasikan langsung tercium wangi lavender dan orange, karna memang produk ini mengandung kedua bahan tersebut bukan karna pewangi buatan ya hehe. Teksturnya cukup light dan mudah diratakan ke seluruh wajah.

Cara Pakai

Aplikasikan produk secukupnya pada wajah secara merata.

REVIEW

Menurutku produk ini sebenarnya teksturnya cukup light, namun saat sudah menggunakan toner dan ampoule sebelumnya, krim ini akan terasa sedikit thick / greasy di awal. Namun jangan khawatir karna setelah meresap sempurna, gak akan terasa thick, justru jadi cenderung lebih lembab. Tapi aku mau kasih sedikit tips biar krim ini tetap terasa nyaman di kulit apalagi untuk pagi hari, gunakan produk ini sedikit saja secara merata, gak perlu terlalu banyak karna produk ini sudah cukup hydrating hehe. 


BEFORE-AFTER


Jujur, aku suka pakai rangkaian produk ini karna bikin kulit jadi lebih tenang dan lembab. Sebelumnya, jerawatku tipe yang “nyangkut” atau agak mendem gitu. Sempat ada muncul jerawat baru, namun mungkin jerawat ini muncul karna aku bersihin cleansing oilnya gak sampai bersih banget, (memang aku ga pakai micellar water saat mencoba rangkaian ini). Jadi akhirnya aku mengubah cara pemakaian, setelah pakai cleansing oil aku lanjut micellar water dulu baru ke Facial Foam. Nah aku sendiri tetap pakai rangkaiannya, namun untuk krimnya juga aku kurangi pemakaiannya,  aku pakainya tipis-tipis aja dan dengan cara di tap-tap.

Akhirnya di minggu ketiga, jerawatku di pipi udah sangat berkurang, alias udah mulus lagi dan tinggal bekas jerawatnya aja.  Jadi memang pemakaian cara pakai ini juga bisa dibilang cukup mempengaruhi efek kerja skincare.


Pada bagian dahi, sebenarnya jerawatnya agak mengempes, namun ada muncul jerawat baru sehingga terkesan jerawatnya terlihat makin banyak, padahal kebanyakan hanya tinggal bekas jerawat saja. Mungkin karna di minggu ketiga pemakaian, aku memang lagi "bulanan", dan ditambah lagi aku juga sering begadang belakangan ini. Jadi kulitku jauh lebih rentan berjerawat dibandingkan sebelumnya. 

Jadi, sejujurnya aku suka banget sama rangkaian ini especially untuk facial wash dan ampoulenya. Pipi ku aja jerawatnya hempas tinggal bekas aja. Namun memang karna beberapa faktor eksternal, kulitku terutama dahi jadi cenderung "ngambek". Tapi, meskipun kulitku ngambek, rangkaian Skin1004 Centella ini cukup ampuh untuk menenangkan kulitku, walau memang masih ada bekasnya hehe. But it's okay ! Still love their ampoule hihi.

--------

Where to Buy ?
LAZADA

Ada yang sudah pernah coba ? Share yuk di kolom komen !



10 comments

  1. Selama pake ampoule nya ada terasa cekat cekit di kulit enggak kak? Pengen coba juga soalnya kondisi kulit wajahku juga lagi breakout parah

    ReplyDelete
  2. banyak banget jenisnya.. walaupun nggak terlalu paham skin care, tapi berkat artikel ini seenggaknya aku tau sedikit fungsi hingga detailnya. nice sharing kak.

    ReplyDelete
  3. sekomplit ini paket perawatannya. Dengan pemakaian rutin dan seksama hasilnya bisa paripurna dikulit. Langsung hunting dulu deh ke lazada nih

    ReplyDelete
  4. Dulu pertama liat kemasan skincare satu ini tuh kesannya aesthetic banget.. Btw kandungan centella tuh emang juara banget ya Kak

    ReplyDelete
  5. Suka banget dengan reviewnya Mbak, lengkap. Btw saya jadi pengen nyoba yang ampoulenya.

    ReplyDelete
  6. wah ini termasuk wishlist aku sih, bener2 pgn coba skincare dari madagascar ini karena udh banyak bgt review bagus utk produkny

    ReplyDelete
  7. Menarik banget pake serangkaian gini ya, lebih dapet hasilnya. Jadi kepo sama yg cream hmm

    ReplyDelete
  8. Zuzurly udah penasaran banget pengen cobain serangkaian si Madagascar ini. Makin mantep buat beli deh.

    ReplyDelete
  9. Wow... cakep nih rangkaiannya. wajahku tipe yg gampang jerawatan

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤