[REVIEW] Tinka Beauty Care Whitening Face Series

July 16, 2021

Pernah gak sih merasa bingung untuk memulai skincare, terutama bagi pemula ? Harus beli yang mana dulu ya ? Nah kali ini aku mau ngenalin rangkaian perawatan kulit yang merupakan basic skincare, dimana hal ini menuruku cukup penting bagi kulit karna merupakan tahapan yang paling dasar, sehingga cocok untuk pemula. Produk yang mau aku review adalah Tinka Beauty Care Whitening Face Series yang terdiri dari 4 produk. Penasaran ada apa aja ? Keep scrolling ya !




About Tinka


Tinka Beauty Care adalah brand perawatan kulit lokal yang sudah bersertifikat BPOM, sudah teruji klinis dan cocok untuk semua jenis kulit. Tinka hadir dengan produk Whitening Face Series yang terdiri dari 4 produk yaitu Whitening Facial Foam, Whitening Toner Spray, Whitening Moist Day Cream dan Luminous Whitening Night Cream. Rangkaian produk ini aman untuk busui, dan bumil bahkan bisa digunakan mulai dari usia 13 tahun. Aku akan review mulai dari urutan pemakaian ya ^^


Notes : Semua produk Tinka tersegel plastik, pastikan produkmu tersegel rapi saat membelinya.


Tinka Whitening Facial Foam



Basic skincare pertama yang menurutku sangat penting adalah pembersih wajah. Entah kita menggunakan make up atau enggak, kita tetap harus membersihkan wajah agar kulit bebas dari debu, polusi, kotoran maupun sisa make up & sunscreen. Disini aku menggunakan Tinka Whitening Facial Foam sebagai second cleanser setelah menggunakan micellar water / first cleanser. Produk ini kemasannya tube berwarna putih seperti facial foam pada umumnya ya, kemasannya cukup handy dan mudah di squeeze.



Pada bagian belakang kemasan terdapat informasi mengenai fungsi cara pakai, ingredients dan no BPOM. Produk ini berfungsi untuk membersihkan kulit wajah, mengatasi minyak berlebih, menyamarkan bekas jerawat, mencerahkan dan melembapkan kulit.


Ingredients


Sodium Laureth Sulfate, Disodium EDTA, Allantoin, Butylene Glycol, Dmdm Hydantoin, Cocamidopropyl Betaine, Cocamide DEA, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Propylene Glycol, Niacinamide, Fragrance, Aqua.


Key Ingredients

Allantoin - Antioksidan, mempercepat proses pertumbuhan sel baru, melembapkan, menyamarkan bekas luka / bekas jerawat.

Niacinamide - Mencerahkan dan menyamarkan bekas jerawat, meningkatkan skin barrier, membantu merawat kulit berjerawat.

Aloevera Extract - Melembapkan dan menenangkan kulit


Kalau dilihat dari ingredients list, produk ini menggunakan SLES yang merupakan bahan pembersih atau pembuat busa ya, namun bahan ini cenderung lebih gentle dan lebih aman dibanding SLS. Nah aku sendiri suka dengan produk facial wash yang mengandung Cocamidopropyl Betaine yang juga merupakan bahan pembersih namun lebih gentle karna berasal dari coconut oil.


Notes : Tidak direkomendasikan untuk kulit yang sensitif terhadap SLES, Fragrance.


Details

BPOM : NA18201202943

Netto : 100 ml



Tekstur produk ini cenderung kental tapi agak sedikit runny dan berwarna bening, saat diberi air dan dibusakan, produk ini cenderung berbusa namun bukan busa yang heboh banyak gitu. Oh ya, meskipun mengandung fragrance, menurutku wanginya hampir tidak tercium dan tidak mengganggu.


Cara Pakai



Tuang produk sebesar biji jagung ke telapak tangan, beri sedikit air dan busakan. Usapkan busa pada wajah, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.


Review

Saat pertama kali aku mencoba produk ini, aku menggunakan sabun yang cukup banyak, alhasil sabunnya bisa dibilang susah dibilas dan entah kenapa malah meninggalkan sensasi "ga bersih" di kulit. Setelah beberapa hari merasa ada yang salah, akhirnya aku mencoba menggunakan facial foam ini hanya sebesar biji jagung dan dibusakan terlebih dahulu, hasilnya jadi lebih nyaman dan lebih mudah dibilas. Kulit juga jadi terasa lembab dan tidak meninggalkan kesan ketarik. Menurutku perbedaan cara pakai ini juga berpengaruh terhadap hasilnya di kulitku.


Harga : IDR 92.000,-


Tinka Whitening Toner




Setelah membersihkan wajah, aku menggunakan Tinka Whitening Toner. Produk ini berfungsi untuk mengangkat kotoran, sisa make up dan sel kulit mati.  Toner juga merupakan kunci utama agar skincare lainnya bisa bekerja dengan maksimal. Kemasannya sendiri berupa pump bottle berwarna putih. Pada bagian belakang kemasannya juga terdapat informasi yang cukup informatif.

Ingredients 

Disodium EDTA, Allantoin , Propylene Glycol, Glycerin, Niacinamide, Aqua, Butylene Glycol, Arbutin, Citric Acid, Sodium Sulfite, Acetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentosa Extract, Paeonia Suffruticosa Root Extract, Aminopropyl Ascorbyl Phosphate, Glutathione, Gluconobacter/Honey Ferment Filtrate, Phenoxyethanol, Hamamelis Virginiana Extract, Butylene Glycol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Propylene Glycol, Oryza Sativa Leaf Extract, Ethanol, Fragrance , PEG-40 Hydrogenated Castor Oil.

Key Ingredients

Niacinamide - mencerahkan kulit
Witch Hazel - melembapkan, merawat kulit berjerawat, meredakan iritasi kulit
Fermented Honey - anti aging

Kalau dilihat dari ingredients list, produk ini juga mengandung Allantoin, dan Aloevera untuk melembapkan. Kemudian ada Citric Acid, Glutathione dan Oryza Sativa Leaf Extract untuk mencerahkan kulit. Jadi tidak hanya mencerahkan, produk ini juga berfungsi untuk melembapkan kulit.

Notes : Tidak direkomendasikan untuk kulit yang sensitif terhadap Ethanol dan Fragrance.

Details

BPOM : NA18201202944
Netto : 100 ml



Seperti yang aku bilang sebelumnya, produk ini bentuknya pump bottle, jadi aplikatornya spray gitu. Spraynya menurutku tipe yang cukup menyebar sehingga cukup mudah digunakan. Teksturnya sendiri cukup ringan dan mirip seperti air, selain itu, produk ini ada hint wangi Aloevera yang menyegarkan.

Cara Pakai 



1. Semprotkan toner pada kapas dan usapkan kapas ke wajah dengan lembut.
2. Tutup mata dan semprotkan toner langsung ke wajah, kemudian tap-tap hingga meresap.


Review

Menurutku spray dari toner ini gak bikin kaget dan cukup menyebar, jadi kalau di spray langsung ke wajah masih cukup nyaman. Tapi aku sendiri lebih suka cara yang menggunakan kapas, karna sekalian membersihkan sisa-sisa kotoran atau sabun yang mungkin secara kasat mata tidak terlihat. Karna teksturnya cair seperti air, jadi memang produk ini sangat cepat meresap di kulit. Saat diaplikasikan, toner ini memberikan rasa yang lembab dan lembut di kulit.

Harga : IDR 114.000,-

Tinka Whitening Moist Day Cream




Setelah toner, basic skincare yang menurutku cukup penting adalah moisturizer. Pada pagi hari aku menggunakan Tinka Whitening Moist Day Cream yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Kemasannya sendiri berbentuk jar plastik kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Klaimnya produk ini dapat membantu memberikan kelembapan, mencerahkan, menyamarkan bekas jerawat, menutrisi serta melindungi pigmentasi kulit akibat sinar matahari.

Ingredients

Polyacrylamide, C13-14 isoparaffin, Laureth-7, aqua, Phenoxyethanol, Cetyl Alcohol, Cetearyl Alcohol, Peg-20 stearate, Ethylhexyl methoxycinnamate, Dimethicone, Glycerin, Propylene Glycol, Salicylic Acid, Amylopectin, Dextrin, Xanthan gum, Tranexamic acid, butylene glycol, Licorice (Glycyrrbiza Glabra) Extract, Butylene Glycol, Arbutin, Citric Acid, Sodium sulfite, Acetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentosa Extract, Paconia Suffruticosa Root Extract, Aminopropyl ascorbyl phosphase, Scutellaria Baicalensis root extract, Glutathione, Snail Secretion Filtrate, Ethyl, Niacinamide, Broussonetia Kazinoki Root Extract, Acetyl Glucosamine, Morus Alba Bark Extract, Pyrus Malus Fruit Extract, Camellia Japonica Leaf Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Centella Asiatica, Galactoarabinan, Ergosterol, Bisabolol, Fragrance.

Key Ingredients

Niacinamide - Mencerahkan kulit
Salicylic Acid - Mengangkat sel kulit mati dan merawat kulit berjerawat
Snail Mucin - Merangsang pertumbuhan kolagen, melembapkan kulit
Licorice Extract - Melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, mengatasi jerawat dan kemerahan

Kalau dilihat dari ingredient list memang terlihat adanya alcohol, namun Cetyl Alcohol dan Cetearyl Alcohol adalah jenis fatty alcohol yang cenderung lebih aman untuk kulit. Produk ini juga mengandung bahan-bahan yang cukup familiar seperti Arbutin, Centella Asiatica, Glutathione dll.

Notes : Tidak direkomendasikan untuk kulit yang sensitif terhadap fragrance

Details

BPOM : NA18200104170
Netto : 10 gr



Saat dibuka, produk ini terdapat lid pembatas antara produk dan udara. Teksturnya sendiri cenderung thick dan menurutku cukup sulit untuk dibaurkan. Krimnya berwarna putih dan wanginya cenderung fresh dengan sedikit aroma mint.

Cara Pakai



Gunakan krim sebesar biji jagung pada pagi atau siang hari. Produk ini tidak mengandung SPF, jadi jangan lupa tetap gunakan sunscreen setelahnya.

Review

Menurutku menggunakan krim ini cukup tricky karna memang harus digunakan dengan takaran yang pas. Produk ini tipe yang harus digunakan tipis ya agar tetap terasa nyaman di kulit. Produk ini mengandung smoothing agent sehingga kulit akan terasa lembut dan halus setelah digunakan. Namun menurutku ini agak ada plus minus ya karna membersihkan skincarenya harus benar-benar bersih agar tidak ada pori-pori yang tersumbat dan tidak muncul komedo / jerawat. Namun hasilnya produk ini memberikan kesan tone up / mencerahkan dan membuat kulit jadi lebih glowing, lembab dan halus.

Harga : IDR 129.000,-


Tinka Luminous Whitening Night Cream




Nah untuk malam, aku menggunakan Luminous Whitening Night Cream. Kemasannya juga sama, jar plastik kecil. Produk ini berfungsi untuk melembapkan, mencerahkan, menyamarkan noda hitam dan meningkatkan elastisitas kulit.

Ingredients

Cetearyl Alcohol, Peg-20 stearate, Cetyl Alcohol, Isopropyl Myristate, Cyclopentasiloxane Petrolatum, Allantoin, Disodium EDTA, Glycerin, Dmdm hydantoin, Polyacrylamide,C13-14 isoparaffin, Laureth-7, aqua, Niacinamide, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Propylene Glycol, Tranexamic Acid, Butylene Glycol, Arbutin, Citric Acid, Sodium Sulfite, Acetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentosa Extract, Paeonia Suffruticosa Root Extract, Aminopropyl Ascorbyl Phosphate, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Glutathione, Dimethicone, Licorice (Glycyrrhiza Glabra) Extract,Gluconobacter/Honey Ferment Filtrate, Phenoxyethanol, Bisabolol, Niacinamide, Broussonetia Kazinoki Root Extract, Acetyl Glucosamine, Morus Alba Bark Extract, Pyrus Malus Fruit Extract, Camellia Japonica Leaf Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, GalactoarabinanErgosterol, Fragrance.

Key Ingredients

Niacinamide - Mencerahkan dan menyamarkan bekas jerawat, meningkatkan skin barrier, membantu merawat kulit berjerawat
Allantoin - Antioksidan, mempercepat proses pertumbuhan sel baru, melembapkan, menyamarkan bekas luka / bekas jerawat.
Aloevera - Melembapkan dan menenangkan kulit
Licorice Extract - Melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, mengatasi jerawat dan kemerahan

Details

BPOM : NA18200104169
Netto : 10 gr





Produk ini juga terdapat lid pembatas seperti day cream. Teksturnya sendiri menurutku seperti balm dan saat dipegang terasa seperti mentega yang agak sedikit tebal. Warnanya cenderung lebih bening dibanding day cream, dan wanginya menurutku lebih calm dan soft.

Cara Pakai



Gunakan krim sebesar biji jagung pada malam hari, dan usapkan merata pada wajah

Review

Menurut aku produk ini juga sama-sama tricky ya pakainya, karna teksturnya sendiri agak terasa licin di kulit mengingat krim ini mengandung smoothing agent. Tapi menurutku produk ini sedikit lebih mudah dibaurkan dibanding day creamnya. Hasilnya setelah menggunakan produk ini memang terasa lebih cerah dan glowing.

Harga : IDR 135.000,-

BEFORE - AFTER



Aku sudah menggunakan produk ini selama kurang lebih 2 minggu, dan memang selama seminggu pertama aku ngerasa ada salah pemakaian cara pakai, mulai dari sabun yang terlalu banyak, juga pemakaian cream yang terlalu banyak. Jadi aku akan share pengalamanku dan tips yang bisa aku berikan.


Sebelum menggunakan Tinka, kulitku terdapat jerawat di bagian dahi dan ada bekas jerawat di dagu. Nah seperti yang aku bilang, seminggu pertama sepertinya aku merasa ada kesalahan cara pakai dan aku sendiri baru sadar kalau ada bahan-bahan yang tidak cocok dengan kulitku. Di seminggu pertama, muncul jerawat di sekitar alis, pipi dan komedo di pipi. Setelah mengubah cara pakai dan mengurangi intensitas pemakaian sesuai dengan anjuran Tinka, akhirnya jerawatku di dahi perlahan mulai hilang, jerawat di pipi juga hanya tinggal bekasnya, dan bekas jerawat di dagu mulai menghilang. Namun memang di sekitar pipiku teksturnya masih tidak rata karna adanya komedo. Tapi sekarang sudah cukup mendingan.

-----



Seperti yang aku bilang, aku menggunakan facial wash yang terlalu banyak karna biasanya aku menggunakan tools saat mencuci wajah, dan berhubung produknya sendiri cukup runny jadi kadang suka kebanyakan. Nah produk ini menurutku sedikit sulit untuk larut dalam air jadi kalau produknya kebanyakan, busa yang dikeluarkan cenderung sedikit bahkan pada saat membersihkan toolsnya pun terasa cukup sulit, termasuk saat membilas wajah. Aku merasa kulitku jadi cenderung kurang bersih sehingga proses cleansing jadi kurang maksimal, mungkin ini juga yang menyebabkan kulitku jadi rentan berkomedo. Akhirnya aku hanya menggunakan produk yang sedikit dan membusakannya di tangan, dan memang dengan cara ini kulitku jadi lebih mudah dibilas. Oh ya, plus poinnya, produk ini tidak terasa kesat dan tidak membuat kulit ketarik ya.

Nah untuk tonernya sendiri menurutku memang sebenarnya terasa lembab dan menyegarkan saat diaplikasikan. Produk ini juga cepat meresap di kulit dan ga lengket. Namun dengan pemakaian jangka panjang entah kenapa kulitku jadi terasa lebih sensitif dan terasa perih saat menggunakan toner ini. Setelah aku lihat, memang ingredientsnya terdapat ethanol, sebenarnya dulu aku tidak sensitif dengan kandungan ini. Namun semenjak kulitku berubah menjadi normal-dry, kulitku jadi memang kurang cocok dengan kandungan ini. Meskipun begitu, bisa disesuaikan lagi dengan kondisi kulit kalian ya karna beda kulit, akan beda juga hasilnya.



Untuk day cream menurutku teksturnya cenderung thick dan sedikit seret saat dibaurkan ke wajah. Tips dari aku saat mengaplikasikan produk ini, jangan di totol ke beberapa titik wajah baru dibaurkan tapi langsung dibaurkan saja agar lebih mudah diratakan. Terakhir, untuk night cream ini teksturnya cenderung seperti balm dan terasa licin di kulit.  Cara penggunaannya juga sama ya, cukup gunakan sedikit saja dengan sangat tipis, karna apabila terlalu banyak justru malah memicu komedo / jerawat di kulitku. Bahan yang aku curigai mungkin dimethicone, karna kulitku memang kurang cocok dengan bahan tersebut terutama untuk krim malam.

Secara keseluruhan meskipun kulitku memberikan reaksi yang mungkin kurang baik, bukan berarti produk ini tidak bagus, karna aku sering lihat review teman-teman blogger lain yang suka dengan produk ini dan bahkan menggunakannya sampai habis. Efek ini mungkin terjadi karna cara pakai ku yang salah ditambah dengan bahan-bahan yang kurang cocok dengan kulitku. Namun disamping itu, aku mengakui kalau produk ini bisa mencerahkan kulitku terutama memudarkan bekas jerawat selama pemakaian, jadi cocok untuk kamu yang punya masalah kulit kusam dan struggle dengan bekas jerawat membandel. Overall, kalau kalian kulitnya tidak sensitif terhadap bahan-bahan tertentu dan butuh basic skincare untuk mencerahkan kulit, rangkaian ini bisa kalian coba dengan catatan perhatikan cara pakai sesuai dengan tips yang aku berikan ya ^^


------




MORE INFO




Post a Comment

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤