[REVIEW] Menjaga Keremajaan Kulit dengan Avoskin PHTE dan Retinol Ampoule

June 25, 2021

Meskipun usia masih terbilang muda, masalah kulit seperti aging sudah mulai terlihat di kulitku. Kebiasaanku saat remaja yang tidak pernah pakai skincare dan menggosok wajah dan mata terlalu keras tentu berdampak bagi kulitku sekarang. Nah selagi berada di usia muda, aku mencoba untuk meminimalisir tahap "aging" ini supaya tidak bertambah parah dengan cepat. Salah satu caranya dengan menggunakan produk Retinol sebagai night skincare routine yang katanya ampuh untuk mengatasi penuaan.  Kali ini, aku mau review Avoskin Retinol Ampoule dan their best seller Perfect Hydrating Treatment Essence (PHTE). Penasaran reviewnya ? Keep scrolling ya ! ^^



AVOSKIN PERFECT HYDRATING TREATMENT ESSENCE


Siapa sih yang enggak tau dengan produk yang satu ini ? Avoskin PHTE adalah salah satu produk best seller dari Avoskin yang merupakan skincare first essence. Sebenarnya aku sudah sering review produk ini karna kebetulan aku juga cocok dengan PHTE. Jadi aku akan refresh lagi reviewnya dengan info yang lebih detail, terutama dari segi kandungannya.





Dari segi kemasannya, tidak ada perubahan dengan yang sebelumnya. Boxnya karton putih dengan emboss logo Avoskin berwarna silver. Di bagian samping kemasan juga terdapat informasi mengenai manfaat, cara pakai dan ingredients yang tersedia dalam 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Sedangkan pada bagian bawah kemasan terdapat informasi mengenai PAO, BPOM, serta logo daur ulang, PETA-Approved vegan, not tested on animal serta barcode BPOM.

Ingredients


Aqua, Ethyl Ascorbic Acid, Propylene Glycol, Glycerin, Chamomile (Anthemisnobilis) Extract, Carrot (Daucus Carota Sativa) Oil, Rosa Canina Flower Oil (Rosehip), Carbomer, Triethanolamine, Alcohol.

Nah perubahan yang aku sadari adalah kandungan alkohol yang sebelumnya berada di poin kedua teratas sekarang berpindah ke bagian akhir. Disini Avoskin menggunakan Fatty Alcohol yang berasal dari lemak alam atau minyak alam, dimana Fatty Alcohol ini cenderung lebih aman untuk kulit sensitif dibanding alkohol seperti ethanol. Selain itu, tahun lalu PHTE masih menggunakan fragrance pada produknya, namun sekarang sudah tidak ada fragrance. Jadi aman banget untuk pemilik kulit sensitif terhadap fragrance ya.

Oh ya, produk ini mengandung Ethyl Abscorbic Acid (ET-VC) yang merupakan derivative dari Vitamin C, namun ET-VC cenderung lebih stabil dibandingkan Vitamin C pada umumnya. FYI, ET-VC memiliki manfaat yang sama dengan Vitamin C yaitu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, dan juga mencerahkan kulit.

Adapun kandungan lain dari produk ini yaitu :
Chamomile dipercaya dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan juga anti inflamasi.
Carrot Oils dapat membantu mengurangi jerawat serta membantu menutrisi kulit agar tampak lebih sehat.
Rosehip Oils dipercaya dapat mengurangi bekas luka, mencerahkan wajah serta anti aging.

Details

PAO : 6 M - Baik digunakan 6 bulan setelah dibuka
BPOM : NA 18200105520
Netto : 30 & 100 ml
----


Untuk kemasannya sendiri masih sama ya, yaitu kaca tebal doff yang transparan. Nah kalau kamu pecinta PHTE, Avoskin mengeluarkan beberapa edisi spesial seperti Holiday Season, Anniversary atau Valentine's day yang bisa kamu koleksi.


Tutupnya ulir dan ada lid penutupnya, namun lid penutupnya ini masih lepasan gitu, jadi kadang ya suka hilang. Mungkin akan lebih baik kalau someday lid-nya ini tetap menempel di produknya, biar ga gampang hilang ^^



Teksturnya sendiri sepeti gel namun cenderung watery, jadi sedikit lebih kental dibandingkan toner / air. Warnanya sendiri transparan, dan tidak ada wewangian sama sekali. Satu lagi perbedaan yang menurutku cukup terasa, tesktur dari PHTE ini cenderung lebih cair dibandingkan sebelumnya, namun untuk kemampuan melembabkannya masih sama ^^


Cara Pakai


Tuangkan Avoskin PHTE pada telapak tangan, dan aplikasikan ke seluruh wajah dan leher hingga menyerap dengan sempurna. Gunakan setiap pagi dan malam setelah menggunakan hydrating toner.

Review



Menurutku, meskipun ingredientsnya sedikit berbeda dibanding sebelumnya, kemampuan melembabkannya masih sama. Teksturnya yang gel cenderung cair juga membuat PHTE sangat mudah meresap di kulit tanpa terasa lengket. Selain itu, produk ini juga semakin aman tentunya untuk kulit yang sensitif terhadap wewangian karna sudah tidak ada fragrance.

Harga :
IDR 299.000,- / 100 ml
IDR 139.000,- / 30 ml

AVOSKIN MIRACULOUS RETINOL AMPOULE



Selain PHTE, aku juga menggunakan Avoskin Retinol Ampoule. FYI, aku pertama kali coba retinol dari sheet mask Avoskin loh, dan sekarang aku nyobain ampoulenya hihi. Kemasan boxnya berwarna coklat khas Avoskin, untuk tulisannya sendiri berwarna silver.


Pada bagian samping box terdapat informasi yang cukup lengkap seperti manfaat, cara pakai, ingredients, dan juga terdapat logo daur ulang, PETA-approved  vegan, PAO dan not tested on animal. Di bagian bawah box, terdapat BPOM, exp date dan barcode BPOM.

Ingredients

Water, Propylene Glycol, Glycerin, Phenoxyethanol, Carbomer, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Caprylic/Capric Triglyceride, Camellia Sinensis (Green Tea) Leaf Extract, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Polyglutamic Acid, Tetrasodium EDTA, Retinol, Hydrogenated Lecithin, Ethylhexylglycerin, Cholesterol, Biosaccharide gum-1, Tocopheryl Acetate, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, BHT, Punica Granatum (Fruit) Extract, Butylene Glycol, Phaseolus Radiatus Seed Extract BHA,  Avena Sativa (Oat) Meal Extract, Palmitoyl Hexapeptide-12.

Produk ini mengandung 3% Actosome Retinol yaitu terdapat sekitar 0.1% Active Retinol.  Oh ya Actosome Retinol ini merupakan turunan dari retinol, namun cenderung lebih stabil dan mild untuk digunakan oleh kulit sensitif. Selain berfungsi sebagai anti-aging, Actosome Retinol juga dapat membantu untuk memperbaiki tekstur kulit, acne scars dan menunda munculnya garis halus.

Tidak hanya itu, ampoule ini juga mengandung 0.1% Hexapeptide yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya kerutan dan Vitamin E yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan skin barrier sehingga kulit tetap terjaga kelembapannya.

Details

PAO : 12 M - Baik digunakan 12 bulan setelah dibuka
BPOM : NA18200101056
Netto : 30 ml

——


Dari segi kemasan, ampoule Avoskin ini terbuat dari kaca tebal yang mirip dengan PHTE. Botolnya berwarna kecoklatan dengan warna silver pada bagian tulisannya. Produk ini terdapat aplikator seperti pipet untuk memudahkan pengambilan produk.



Teksturnya sendiri cenderung terlihat kental dan berwarna keruh, namun sebenarnya produk ini mudah diratakan dan ringan di kulit. Tidak perlu waktu lama untuk mengaplikasikan produk ini ke seluruh wajah. Oh ya, produk ini juga tidak ada wewangian ya hehe.

Cara Pakai



Gunakan Retinol Ampoule pada wajah yang bersih setelah toner / essence di malam hari. Jangan lupa gunakan sunscreen keesokan harinya.

Tips !
Gunakan Retinol Ampoule secukupnya, cukup 3 tetes untuk 1 wajah ^^

Review



Mengingat Retinol adalah bahan aktif, menurutku penggunaan Retinol ini memang cukup tricky. Banyak juga temanku yang mengeluh kulitnya breakout setelah menggunakan Retinol. Tapi mungkin hal ini terjadi karna kurangnya informasi mengenai Retinol itu sendiri. Jadi, saranku sebelum mencoba bahan ini, kamu perlu menggali informasi lebih dalam sebelum menggunakannya.

Nah ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan retinol,  adalah :
1. Gunakan hanya pada malam hari
2. Bagi pemula, jangan gunakan Retinol setiap hari. Coba mulai dengan 3 hari sekali atau 2x seminggu. Apabila tidak ada reaksi apapun, mulai tingkatkan ke 2 hari sekali.
3. Jangan lupa gunakan sunscreen keesokan harinya
4. Jangan gunakan bahan aktif lain seperti AHA, BHA, maupun Benzoyl Peroxide.
5. Gunakan skincare yang melembabkan, terutama untuk pemilik kulit kering.

Nah dari pengalamanku sendiri, aku menggunakan Retinol 2-3 hari sekali. Selama menggunakan Retinol, memang awal-awal muncul jerawat / bruntusan, tapi hilangnya cukup cepat dan ga breakout. Jadi untuk meminimalisir breakout, tetap harus mematuhi aturan ya, terutama untuk pemilik kulit sensitif.

Lanjut ke efeknya, menurutku meskipun teksturnya cenderung kental, namun produk ini tipe yang cepet meresap di kulit dan tidak memberikan kesan lengket. Produk ini juga tidak ada fragrance, jadi tentu ga ada wewangian yang mengganggu.

Harga : IDR 249.000,-

Before - After



Overall, setelah menggunakan Avoskin PHTE dan Retinol Ampoule dalam night skincare routineku, aku merasa ada perubahan pada tekstur kulit yang cenderung lebih rata dibandingkan sebelumnya. Jerawat di dahiku juga hilang tanpa meninggalkan bekas sama sekali. Jadi untuk mengatasi beruntusan / tekstur kulit menurutku dua combo ini bekerja dengan baik.

Namun untuk mengatasi kerutan memang belum kelihatan ya, karna memudarkan kerutan butuh waktu yang lebih lama / jangka panjang. Jadi, untuk hasil yang maksimal butuh waktu sekitar 2 bulan ya hihi. Meskipun begitu, menurutku tidak ada salahnya mencoba Retinol untuk "investasi kulit" jangka panjang, lagipula aku cukup puas dengan kemampuannya yang mampu mencerahkan dan meratakan tekstur kulitku ^^

---

Nah kira-kira itulah yang bisa aku share di post kali ini.
Ada yang sudah pernah coba ? Share yuk di kolom komen !



1 comment

  1. usia sudah 27 dan baru mulai tergugah untuk mulai pakai produk anti-aging setelah melihat postingan ini T.T
    mau coba yang 30 ml dulu, semoga cocok ^^

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤