[REVIEW] Dr Bronner's Pure Castile Soap, Sabun Organik dengan 18 Kegunaan Sekaligus!

September 14, 2020


Produk pembersih bisa dibilang produk yang tidak akan lepas dari kebutuhan sehari-hari. Produk pembersih pun ada banyak jenisnya, mulai dari sabun wajah, shampoo, sabun mandi, sabun cuci piring dll. Nah ada berapa produk pembersih yang ada di rumahmu ? Pasti banyak ! Namun  sekarang kamu bisa menggunakan 1 produk untuk semua kebutuhanmu. Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki keunggulan yaitu tidak mengandung SLS, paraben, alkohol dan juga memiliki 18 kegunaan sekaligus. Sehingga bisa dibilang produk ini adalah sabun organik yang multifungsi. Nah sesuai judulnya, kali ini aku mau review Dr Bronner Pure Castile Soap. Penasaran gimana produknya? Keep scrolling ya !

DR. BRONNER'S

Brand ini adalah brand yang sudah berdiri sejak 150 tahun yang lalu (5 generasi keluarga pembuat sabun), dengan penjualan sabun terbanyak di U.S Natural Marketplace. Produk ini memiliki keunggulan dalam bahannya, dimana bahan yang digunakan adalah pure organic dari organic oils dan organic essential oils yang bebas dari bahan-bahan pembersih atau sintetis buatan. Selain itu, brand ini juga memiliki beberapa sertifikasi seperti :



USDA Organic, Vegan Certified, OTCO, Fair Trade, Non GMO dan Non tested on animal. Jadi setelah melihat kandungan dan juga keunggulannya, menurutku produk ini aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif dan tentunya aman untuk lingkungan. Oh ya sebenarnya produk Dr. Bronner's ini ada banyak macamnya, tapi kali ini aku mau review Pure Castile Soapnya ya ^^


PURE CASTILE SOAP   



Nah sebenarnya produk ini memiliki banyak varian dengan wangi dan kandungan oil yang berbeda. Namun pada dasarnya sabun organik ini dibuat dari 90% bahan organik dan 70% bahan-bahannya adalah certified fair trade : 
Organic Coconut Oil : Kandungan ini dipercaya memiliki efek yang bagus untuk kulit maupun kesehatan, selain itu bahan ini juga dapat mengurangi bakteri.
Organic Jojoba Oil : Bahan ini memiliki kesamaan dengan minyak alami kulit, sehingga bahan ini bisa berfungsi sebagai natural skin conditioner.
Organic Olive Oil : Bahan yang memberikan kelembapan untuk kulit.
Organic Palm Kernel Oil : Bahan ini digunakan sebagai penghasil busa.
Organic Essential Oils - dari berbagai varian yang tersedia.

Kalau dilihat dari bahannya memang produk ini adalah sabun tanpa bahan kimia. Oh ya, produk ini juga dapat terurai sepenuhnya secara alami dan menggunakan bahan-bahan botani yang tidak merusak lingkungan.

Produk ini terdiri dari 4 size yaitu 59 ml (mini size), 237 ml, 473 ml, 946 ml. Disini aku memiliki 3 varian yaitu Lavender, Rose dan Baby Unscented. Aku akan share satu per satu ya ^^


PURE CASTILE SOAP - LAVENDER


Kemasannya adalah flip top bottle berbahan plastik dengan warna dominan putih dan ungu. Namun perlu di garis bawahi kalau kemasannya berasal dari olahan daur ulang plastik untuk mengurangi limbah dan memberikan dampak positif bagi lingkungan. Cool right ? Btw, ini ukuran 237 ml ya.

Desainnya sendiri menurutku tipe yang classic dengan banyak tulisan pada badan produk. Informasinya pun cukup lengkap menurutku, mulai dari keunggulan, cara pakai, ingredients dan informasi lainnya.


Ingredients Dr Bronner's Pure Castile Soap Lavender :
Water, Organic Coconut Oil, Potassium Hydroxide, Organic Palm Kernel Oil, Organic Olive Oil, Organic Lavandin Oil, Organic Jojoba Oil, Organic Lavender Oil, Citric Acid, Tocopherol.

Nah seperti yang sempat aku share diatas, memang Pure Castile Soap ini memiliki beberapa main ingredients, namun yang membedakan adalah essential oil yang terkandung pada setiap varian. Untuk varian Lavender terkandung Organic Lavender Oil yang memang kegunaannya untuk relaksasi. Wanginya yang cenderung soft bahkan bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak loh.

PURE CASTILE SOAP - ROSE



Varian selanjutnya adalah Rose / Mawar, kemasan ini adalah kemasan travel size yaitu 59 ml. Desainnya mirip dengan size yang 237 ml, namun memang ada beberapa tulisan yang tidak tertera / tidak selengkap varian yang besar. Meskipun begitu, informasi yang tertulis cukup informatif. Nah untuk varian rose ini warna desainnya berwarna merah seperti bunga mawar.



Ingredients Dr Bronner's Pure Castile Soap Rose :
Water, Organic Coconut Oil, Potassium Hydroxide, Organic Palm Kernel Oil, Organic Olive Oil, Natural Rose Fragrance, Organic jojoba Oil, Citric Acid, Tocopherol.

Pada bagian badan produk terdapat informasi mengenai keunggulan dan sertifikasi Dr Bronner, selain itu terdapat stiker dengan informasi dalam bahasa Indonesia. Jadi produk ini adalah sabun cair dengan keharuman rose yang khas. Produk ini membantu membersihkan tubuh sekaligus merawat kelembapan kulit sehingga sangat cocok untuk kulit kering. Tidak hanya itu, varian ini juga cocok untuk merawat kulit yang berjerawat.

PURE CASTILE SOAP - BABY UNSCENTED


Varian terakhir yang aku coba adalah baby unscented, untuk kemasan dan desainnya mirip dengan varian lainnya namun berwarna biru.  Ini ukurannya 59 ml, sama dengan varian yang rose ya hehe.



Ingredients Dr Bronner's Pure Castile Soap Baby Unscented :
Water, Organic Coconut Oil, Potassium Hydroxide, Organic Palm Kernel Oil, Organic Olive Oil, Organic Jojoba Oil, Citric Acid, Tocopherol.

Nah karna produk ini varian baby unscented, jadi memang tidak ada tambahan essential oil yang menjadi pewangi dan juga tidak ada wangi apapun. Namun varian ini menambahkan Olive Oil untuk menambahkan kelembapan yang lebih ekstra. Produk ini bagus untuk pemilik kulit yang sensitif hingga bayi, dan membantu menutrisi kulit.

SEALED + TEXTURE


Nah produk ini memiliki segel, jadi pastikan kamu membuka segelnya terlebih dahulu ya. Segelnya sendiri cenderung mudah dibuka, tapi jangan khawatir karna tutupnya juga tipe yang cukup kokoh. Jadi selama nutup produknya benar, ga akan tumpah ^^


Sabun ini berwarna coklat bening dan teksturnya cukup cair. Namun berbeda dengan sabun non SLS lainnya, produk ini bisa dibilang cukup banyak busa. Wanginya tipe yang soft dan karna memang tidak mengandung parfum jadi wanginya cukup "natural", if you know what I mean. Sebagian orang mungkin suka, namun sebagian mungkin ga suka. Jadi soal wewangian ini mungkin masalah preferensi aja hehe. But for me, wanginya jujur menurutku agak kurang, tapi juga tidak mengganggu. Tapi dari ketiga varian ini wangi yang aku suka adalah wangi Lavender.

CARA MENGGUNAKAN
DR BRONNER PURE CASTILE SOAP

Salah satu keunikan produk ini adalah dari cara pemakaiannya, karna sabun ini memiliki 18 kegunaan sekaligus.  Kira-kira inilah 18 kegunaan yang bisa kamu coba dengan sabun ini :




1. FACE : Gunakan sebagai facial wash. Busakan sabun, dan pijat wajah secara perlahan. Kemudian bilas hingga bersih.
2. BODY : Gunakan sebagai sabun mandi. Busakan sabun pada bath sponge, aplikasikan ke seluruh tubuh dan bilas hingga bersih.
3. HAIR : Gunakan sebagai shampoo. Aplikasikan sabun secukupnya pada rambut dan bilas hingga bersih.
4. BATH : Gunakan sabun untuk berendam. Sabun tidak akan berbusa, namun tetap membersihkan.
5. SHAVING : Busakan sabun pada tangan dan aplikasikan sabun pada daerah yang ingin dicukur.
6. TEETH : Gunakan sabun untuk menyikat gigi.
7. FOOT BATH : Gunakan sebagai rendaman kaki. Sediakan ember berisi air hangat dan campurkan dengan sabun secukupnya.
8. DECONGESTION : Gunakan untuk meredakan hidung tersumbat. Campurkan sabun dengan air hangat dan hirup uapnya.
9. DISHES : Gunakan untuk mencuci piring.
10. LAUNDRY : Gunakan untuk mencuci baju.
11. MOPPING : Gunakan untuk mengepel lantai.
12. ALL PURPOSE CLEANING : Gunakan sebagai pembersih serbaguna. Bisa untuk membersihkan meja dll.
13. WINDOWS : Gunakan sebagai pembersih kaca.
14. MAKE UP : Gunakan sebagai pembersih brush atau sponge make up.
15. FRUIT & VEGGIE RINSE : Gunakan untuk membersihkan buah dan sayuran.
16. WASHING DOGS : Gunakan untuk memandikan binatang peliharaan seperti anjing.
17. PLANT SPRAY FOR BUGS : Gunakan untuk mengusir hama pada tanaman.
18. ANT SPRAY : Gunakan untuk membasmi semut.

REVIEW

Nah dari sekian banyak cara pakai sabun ini, aku mencoba beberapa cara yaitu sebagai facial wash, sabun mandi, shampoo, laundry, sabun cuci piring dan juga ant spray. Aku akan ringkas sedikit pengalamanku menggunakan produk ini dengan kegunaan tersebut.

FACIAL WASH :
Aku menggunakan produk ini sebagai sabun cuci muka, dari ketiga varian ini memang yang menurutku paling gentle adalah varian baby unscented. Kebetulan belakangan ini bagian hidungku agak sedikit luka bahkan terkena air sekalipun perih. Nah setelah menggunakan ketiga varian sabun ini, kadar perih yang paling minim menurutku varian baby unscented dan yang lumayan perih adalah varian rose. Namun aku suka ketiga hasilnya yang membuat kulitku terasa bersih dan lembut setelah pemakaian. Meskipun terasa kesat, namun tidak ada rasa ketarik sama sekali.

BODY WASH :
Tidak hanya untuk wajah, aku juga menggunakan sabun ini sebagai sabun mandi. Menurutku busanya cukup banyak untuk sebuah produk yang natural dan NON SLS. Cocok banget untuk kalian yang mau pindah ke sabun tanpa detergen namun mengharapkan busa yang banyak. Produk ini juga tidak meninggalkan hasil yang licin, jadi tetap berasa seperti "mandi" hihi. Jadi kalau kalian mencari sabun Non SLS, vegan dan organik namun menginginkan hasil yang tidak "licin", sabun ini bisa banget jadi pilihan.

SHAMPOO :
Dari beberapa cara yang aku coba, menurutku menjadikan sabun ini sebagai shampoo kurang aku rekomendasikan terutama untuk pemilik rambut berwarna / bleaching. Rambut jadi cenderung lebih kering dan kaku meskipun sabun ini tidak ada SLS. Namun kamu bisa mencobanya dengan menggunakan conditioner setelahnya ^^

LAUNDRY :
Di masa pandemi sekarang ini masker sudah menjadi hal yang wajib untuk digunakan. Nah aku pernah mendengar bahwa masker kain sebisa mungkin tidak dicuci menggunakan detergen karna dikhawatirkan dapat mengiritasi wajah. Jadi belakangan ini aku mulai mencuci masker kain menggunakan Dr Bronner Pure Castile Soap. Menurutku ini cara yang bermanfaat juga untukku.

DISH SOAP :
Aku juga mencoba produk ini untuk mencuci piring. Kemampuannya dalam membersihkan memang cukup oke, namun memang untuk ketiga varian yang aku punya ini, agak kurang cocok wanginya sebagai sabun cuci piring. Mungkin kalau varian lain yang lebih fresh akan lebih oke hehe.

ANT SPRAY :
Sedikit cerita, apartemenku sering kali ada banyak semut, nah akhirnya aku mencoba menggunakan sabun ini sebagai spray. Tinggal memasukkan beberapa tetes sabun pada botol spray yang berisi air, dan wow. Ant spraynya beneran ampuh ! You have to try this one !

OVERALL,
Menurutku Dr Bronner Pure Castile Soap ini adalah sabun untuk kulit sensitif karna tidak memiliki kandungan deterjen, dan juga cocok untuk kulit kering. Aku juga tidak merasa iritasi selama menggunakan produk ini. Selain itu, keunggulannya yang multifungsi memang berguna untukku seperti ant spray, laundry dll. Highly recommended !

--------

Where to Buy ?
TOKOPEDIA, SHOPEE, SOCIOLLA, GUARDIAN

Nah kira-kira itulah yang bisa aku share di post kali ini.
Ada yang penasaran ingin coba beralih ke sabun yang lebih sehat ?
Share yuk di kolom komen !

THIS IS A COLLABORATION WITH
DR BRONNER'S & JAKARTA BEAUTY BLOGGER








16 comments

  1. Kegunaannya banyak banget ya, padahal cuma 1 produk, multifungsi banget! Makin penasaran karena tidak mengandung sls nih.

    etherealpotato

    ReplyDelete
  2. Wah seneng banget produk yg peduli lingkungan gitu, apalagi banyak manfaatnya 😍 menarik banget ini. Selama ini aku cuci masker pake hand wash 😅 mungkin aku harus coba ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain cuci masker pake ini, aman buat kulit sensitif hihi

      Delete
  3. Super ekonomis banget nih satu sabun punya 18 kegunaan, cocok nih buat travelling jadi gak perlu bawa barang banyak" cukup 1 aja.

    ReplyDelete
  4. Menarik banget nih kak. Satu produk untuk banyak fungsi. Wah, kalau beli ini udah gak perlu beli macam-macam jenis sabun lagi nih, kak.😆

    ReplyDelete
  5. Ini sih udah bkn multifungsi lg yah sabunnya, semua bisa dipakein sama sabun ini. Seriusan kepo jd nya

    ReplyDelete
  6. Semua produknya menarik banget, apalagi manfaatnya juga banyak.. jadi kepo mau cobain

    ReplyDelete
  7. Wah produknya must have bgt yah ce apalgi yg multifungsi 😍😍

    ReplyDelete
  8. gils 1 produk 18 manfaat..
    keren bgt

    ReplyDelete
  9. Mau nnyk!! Ini di pakai nya brp kali sehari ya? Atau brp kali dalam seminggu ?
    Syukron ��

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤