Mulai Bisnis di Rumah dengan AQUA Home Service

October 15, 2020


Di masa pandemi ini, kita tidak hanya diharuskan untuk menjaga kesehatan. Namun sebagai perempuan, sebisa mungkin kita harus bisa mengelola keuangan dengan baik, bahkan bila perlu kita dapat menghasilkan pendapatan tambahan untuk keluarga. Sekarang peluang bisnis bisa dibilang cukup banyak, bahkan berbisnis bisa dilakukan dari rumah loh ! Nah banyak orang ingin berbisnis namun tidak tahu mau berbisnis apa. Di kesempatan kali ini, aku akan kasih tau salah satu peluang usaha di masa pandemi, khususnya untuk ibu rumah tangga. Penasaran ? Keep scrolling ya !


Tanggal 13 Oktober 2020 lalu, aku mengikuti webinar mengenai "Pemberdayaan Perempuan Melalui Usaha Mikro Dalam Mendukung Ekonomi Keluarga" yang diselenggarakan oleh Danone AQUA. Acara ini bertujuan untuk membekali para ibu rumah tangga dengan pengetahuan berbisnis agar mereka dapat ikut membantu perekonomian keluarga di masa pandemi seperti saat ini. Pengetahuan yang akan diberikan mulai dari pengelolaan keuangan, pelayanan konsumen, hingga pemasaran.


Acara ini menghadirkan bintang tamu sekaligus narasumber yaitu :

Bapak Indra Gunawan, S.K.M, M.A - Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Ibu Eva Lusiana - Vice President Sales Operation Danone AQUA

Ratih Retno Purwaningrum - Emerging Channel Director - Danone AQUA

Tasya Kamila - Public Figure

Nani Heryani - pemilik AHS Widya


-------

Oh ya, tahukah kamu bahwa menurut Bank Indonesia, total UMKM di tahun 2018 mencapai 57,83 juta. Faktanya lebih dari 60% UMKM dikelola oleh perempuan, termasuk Ibu Rumah Tangga. Angka UMKM Perempuan ini juga diperkirakan akan terus meningkat di masa pandemi ini.


Nah di acara ini, Danone AQUA memperkenalkan kembali AQUA Home Service (AHS). AQUA Home Service ini sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2008. AQUA berinisiatif untuk memberdayakan perempuan dengan mengadakan kelas, sesi berbagi, dan juga pelatihan. Program AHS adalah wujud komitmen Danone AQUA untuk senantiasa menyajikan kebaikan alam dan kebaikan hidup kepada lebih banyak keluarga Indonesia.




Acara dibuka dengan opening speech dari Ibu Eva Lusiana. Sebagai pembuka, beliau menjelaskan bahwa Danone AQUA mengangkat topik perempuan pada webinar kali ini karna menurut beliau perempuan adalah sosok yang sangat kreatif, dan bekerja keras sehingga perempuan memiliki peranan penting dalam memajukan bisnis. Oleh karna itu, Danone AQUA memberikan kesempatan untuk para perempuan / Ibu Rumah Tangga untuk belajar bisnis dalam usaha mikro bernama AQUA Home Service.  Hingga saat ini sudah terdapat sekitar 8.000 ibu-ibu AHS yang terdiri dari 18 provinsi di Indonesia.


Ibu Eva juga mengatakan bahwa selama pandemi COVID-19, antusias ibu-ibu juga meningkat 2-3x lipat karna para ibu merasa bertanggung jawab untuk membantu suami. Tentunya antusias ini merupakan modal yang besar untuk memulai bisnis.



Menurut Bapak Indra, pelaku usaha mikro rata-rata adalah perempuan. Sehingga ada 5 program prioritas yang menjadi perhatian menteri, dan salah satunya adalah bagaimana meningkatkan kewirausahaan perempuan.


Menurut beliau banyak pelaku usaha yang ditemui adalah perempuan.  Usaha mikro ini rata-rata berhubungan dengan kebutuhan primer dan dilakukan di rumah karna perempuan masih harus mengurus rumah tangga. UMKM juga dipercaya sangat menopang perekonomian bahkan saat terjadinya resesi. 


Di masa pandemi ini semua orang disarankan untuk belajar, bekerja hingga berbisnis dari rumah, sehingga pemerintah juga sangat mendukung dan mengapresiasi upaya dari Danone AQUA dengan adanya program AHS ini, karna bisa memberdayakan perempuan dan meningkatkan perekonomian keluarga di tengah pandemi.


"Perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia akan maju"

- Bapak Indra Gunawan, S.K.M, M.A




Tasya Kamila, seorang Public Figure ini juga turut menyuarakan pendapatnya. Menurut Tasya, jaman sekarang banyak kesempatan bagi para perempuan / ibu rumah tangga untuk memiliki tambahan pemasukkan dengan berbisnis. Bahkan waktunya pun cukup fleksibel sehingga para ibu rumah tangga tetap bisa mengurus rumah tangga, salah satu contohnya adalah program AHS ini. Tentunya hal ini juga bisa menguatkan ekonomi keluarga di tengah masa pandemi ini.


-------


Apa Sih AQUA Home Service ?



AQUA Home Service adalah program dari Danone AQUA untuk memberdayakan perempuan / ibu rumah tangga yang hanya di rumah agar dapat berbisnis / memiliki penghasilan tambahan, dimana ibu-ibu ini akan menjadi agen AQUA di lingkungannya sehingga kebutuhan hidrasi bisa tercukupi dengan baik.



"Tapi saya ga pernah berbisnis, saya pemalu dan takut ga bisa"

Tenang, Ibu Ratih menjelaskan bahwa Danone AQUA membekali para ibu rumah tangga dengan pelatihan, maupun support yang dibutuhkan sebelum memulai bisnis. Program ini bernama AQUA Home Service Academy. Tidak hanya diawal, AQUA juga tetap memberikan pelatihan dan membekali para mitra AHS secara berkelanjutan agar tumbuh bersama Danone. Jadi, jangan takut dilepas sendiri ya ^^


-------


Tujuan AQUA Home Service


1. Kedekatan distribusi mikro

2. Pemberdayaan ibu rumah tangga

3. Memberi solusi air untuk hidup sehat.


AHS membantu memenuhi kebutuhan masyarakat untuk terus terhidrasi, apalagi disaat pandemi ini banyak orang sulit untuk keluar rumah.

-------


Pengalaman Mitra AQUA Home Service




Di acara tersebut juga hadir salah satu mitra AHS yaitu Ibu Nani. Beliau membagikan sedikit cerita mengenai pengalamannya bersama AQUA Home Service. Ibu Nani sudah menjadi mitra AHS selama 10 tahun, dan beliau mengatakan bahwa Danone AQUA memberikan support penuh dengan program yang inovatif. Sehingga Ibu Nani selalu dibimbing agar AHSnya bisa maju dan terus berkembang. Bahkan Ibu Nani juga diberikan sekolah gratis agar skill bisnis meningkat.


"Tidak hanya sebagai penjual AQUA saja, tapi diharapkan kita menjadi business woman"

- Nani Heryani



Setelah bergabung, AHS Ibu Nani berkembang sangat pesat dan penghasilan pun juga bertambah. Melalui AHS ini, Ibu Nani bisa menyekolahkan anak-anaknya hingga perguruan tinggi, menabung untuk hari tua, bahkan Bu Nani juga bisa membeli tanah kavling untuk memperluas AHSnya. Inspiratif sekali ya !


-------


Syarat Menjadi Mitra AQUA Home Service



Inilah beberapa syarat untuk menjadi mitra AQUA Home Service. Syarat-syarat ini terbilang cukup mudah untuk memulai bisnis. Namun memang sebisa mungkin kalian memiliki tempat yang cukup dan jalan yang bisa diakses 2 mobil, mengingat produknya berupa galon hihi.

-------


Modal dan Bonus menjadi Mitra AQUA Home Service




Hanya dengan modal 5 juta Rupiah, mitra AHS akan mendapatkan paket aqua galon + isi ulang sebanyak 100 galon. Tidak hanya itu, mitra AHS juga mendapatkan paket bonus senilai kurang lebih Rp 1.6 juta. Tentunya akan ada pelatihan juga ya ^^

-------

Manfaat menjadi Mitra AQUA Home Service



-------

Overall, menurutku bisnis ini cukup menjanjikan karna AQUA adalah salah satu kebutuhan primer. Oleh karna itu, risikonya bisa dibilang cenderung kecil. Pendaftaran menjadi mitra AHS ini juga cukup mudah. Selain itu, tidak ada batasan umur sama sekali, sehingga siapapun bebas untuk menjadi mitra. Jadi, apabila ada yang ingin berbisnis di masa pandemi namun bingung untuk berbisnis apa dan mulai darimana, bisa banget untuk menjadikan AHS sebagai pilihan.

Info lebih lanjut bisa kontak melalui Whatsapp


Website AQUA atau SehatAQUA

Ada yang tertarik untuk berbisnis bersama AHS ?
Share yuk di kolom komen !



2 comments

  1. ya karna ini jg kbutuhan smua org ya ci. jd psti laku bgt sih.. cocok bgt buat pkerjaan iburmh tgga

    ReplyDelete
  2. Saya juga tertarik untuk bisnis AHS. Kalau di daerah Bali, cara daftarnya gimana y?

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤