[EVENT + REVIEW] QV Skincare Penyelamat Kulit Alergi

by - Sunday, September 02, 2018

Hai ! Welcome back to my dreamland.
Jadi beberapa hari lalu aku menghadiri acara yang diselenggarakan oleh PT. Mahakam Beta Farma pada tanggal 8 Agustus 2018, di Greyhound Grand Indonesia. Mahakam Beta Farma ditunjuk sebagai sole distributor QV oleh EGO Pharmaceuticals, dan pada acara ini Face to Feet merupakan media partnernya. Oh ya, FYI, QV adalah brand no. 1 di Australia, dan telah direkomendasikan oleh dermatologist karna sangat bagus untuk kulit yang kering, sensitif dan iritasi. Penasaran ? Keep scrolling !


Oh ya, sebenernya produk QV ini ada banyak macamnya, ada yang khusus face dan body. Tapi di acara ini, produk yang dikupas adalah 3 produk QV yaitu, Wash, Lotion dan Cream. Disini, dijelaskan kenapa sih kita harus memilih produk sabun tanpa kandungan detergen dan pewangi ? I'll let you know.


Acara dibuka dengan sambutan dari Ibu Evi, selaku Head of OTC Division Mahakam Beta Farma. Beliau membicarakan tujuan diselenggarakannya event ini serta plan QV kedepannya. Diharapkan dengan adanya event ini, kita bisa lebih aware dalam memilih skincare.


Acara ini memang cukup informatif menurutku, karna QV mengundang orang yang memang expertize di bidangnya, yaitu Mr. Chris Arblaster yang didatangkan langsung dari Australia. Beliau adalah International Business Development Manager of EGO Pharm dan sudah bergulat sekitar lebih dari 30 tahun di industri ini. Setiap materi disampaikan dan juga ditambahkan oleh Ibu Evi. Beliau menjelaskan mengapa QV sangat baik untuk kulit. Produk ini tidak menggunakan pewangi, deterjen dan kandungan-kandungan lain yang menyebabkan iritasi kulit. Sebaliknya, menggunakan QV secara rutin dapat membentuk lapisan yang dapat melapisi kulit dan persis sama dengan kulit kita sekarang, berbeda dengan produk lain yang hanya mengandung moisturizer.

QV juga merupakan rekomendasi dari dermatologists, sehingga sudah dipastikan bahwa memang produk QV aman untuk digunakan. Tidak hanya itu, produk QV tidak mengandung fragrance, pH balance dan kandungan moisturize nya sangat baik. Moisturizernya pun natural yang kebanyakan terbuat dari herbal/tumbuhan.



Mengapa kandungan soap/sabun tidak baik?
Karna sabun dapat mengikis lapisan kulit yang paling atas / moisturizer kita, jadi kadar air kita hilang karna sifat dari alkalin. Alkalin tersebut juga membuat pH kulit kita tidak seimbang, apabila pHnya tidak seimbang maka kulit akan menjadi kering.

Ga cuma itu, ternyata pewangi juga berbahaya loh ! Kalian pasti seneng lah ya dengan sabun mandi atau lotion yang wangi, biar berasa lebih "mandi" gitu hehe. Aku juga seneng kok sama produk yang wangi-wangi. Tapi tahukah kamu ternyata produk yang memiliki kandungan fragrance bisa membuat kulit menjadi kering, mengakibatkan peradangan kulit bahkan mengganggu kesehatan ? Fragrance buatan bisa memicu penyakit pernafasan, seperti asma dll, bahkan produk yang ada fragrance tidak disarankan untuk ibu hamil. Tapi perlu digarisbawahi, hal ini dapat terjadi apabila kandungan fragrance pada suatu produk melebihi batas yang direkomendasikan.


Setelah Mr. Chris menyampaikan semua materi, acara dilanjutkan dengan presentasi dari Dr.Sugianto, Senior Product Manager QV Mahakam Beta Farma. Beliau menyampaikan materi mengenai tipe dan jenis kulit. Ada 5 tipe kulit, yaitu Kulit kering, normal, berminyak, kombinasi dan sensitif. Kulit kering ada yang bisa diubah dan tidak bisa diubah, kulit kering yang tidak bisa diubah adalah bawaan genetik dan umur. Sedangkan kulit kering yang bisa diubah adalah pengaruh sabun, cuaca, obat-obatan dan penyakit kulit. Kemudian beliau sharing mengenai kulit istrinya yang alergi, ternyata setelah rutin menggunakan QV, alerginya semakin berkurang dan hilang. Nah kebetulan aku juga sering gatel tanpa sebab yang jelas, dan penasaran banget untuk coba produk ini secara rutin ^^


Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari blogger, yang kemudian dijawab oleh Dr. Sugianto, Mr. Chris dan Ibu Maria. Ada pertanyaan yang menurutku cukup menarik,


"kenapa QV masih terdapat busa, kan bebas detergent?", pertanyaan ini di jawab oleh Dr. Sugianto : QV mengandung Sodium Lauryl Sulfate yaitu salah satu cleansing agent. Namun, masih sangat gentle sehingga aman untuk digunakan. Uniknya, meskipun ada SLS, tidak ada rasa kesat setelah pemakaian karna adanya moisturizer.


Nah setelah itu acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dan berkunjung ke booth QV di Guardian Grand Indonesia serta foto bersama ^^ Psstt. Kalian bisa membeli produk ini di official store QV ya, yaitu Guardian :D

Ok, sekarang aku akan kasih sedikit highlight tentang produknya ya.


Produk ini melindungi kulit sensitif dari cuaca yang ekstrim, bebas pewangi, deterjen dan kandungan yang menyebabkan iritasi kulit. QV juga memiliki lisensi dan produksi Australia. Untuk pemilik kulit kering dan sensitif, ada beberapa langka yang dapat membantu kulit tetap sehat :
1. Hindari penggunaan deterjen / sabun.
2. Gunakan produk yang bebas dari pewangi
3. Jaga kelembaban kulit terus menerus secara menyeluruh.

QV memiliki 3 protections :
1. Glycerin : Efektif untuk melembabkan. Melindungi kulit dari efek samping mencucui, deterjen dan alergen (zat yang menimbulkan alergi). Tidak menimbulkan iritasi dan tidak menyebabkan alergi.
2. Emollient Parafin Cair : Melindungi dan mencegah kekeringan. Zat yang memperbaiki kerusakan pada kulit kering bersisik, menjaga kehilangan air dan kelembaban pada kulit serta membantu meringankan perih dan iritasi pada kulit kering.
3. Oklusif - Petrolatrum : Menghambat penguapan air pada kulit. Berfungsi untuk memberikan lapisan pelindung pada permukaan kulit, mengurangi kehilangan air pada kulit dan tetap menjaga kelembaban kulit. 

1. QV - WASH Refreshes Skin


Siapa yang ngerasa ga mandi kalau ga ada wangi + terasa licin ? hahaha. Tapi produk seperti inilah yang bikin kulit jadi lebih sehat loh. Contohnya QV WASH ini. Produk ini dapat membersihkan kotoran yang menempel di kulit serta melembabkan kulit. Cocok untuk kulit kering dan sensitif, karna tidak menimbulkan alergi.


Produk ini pH balanced, tidak berwarna, lanolin free, non comedogenic, dan propylene glycol free. Teksturnya agak sedikit lebih cair dibandingkan sabun pada umumnya. Busanya juga ga terlalu banyak, dan membuat kulit jadi lebih lembab setelah mandi karna mengandung Glycerin sebesar 15%. Tapi yang aku rasain kulit jadi lembut setelah pakai produk ini.

Harga : +- IDR 225.000

2. QV - Skin Lotion Repairs Skin


Setelah menggunakan sabun mandi, akan lebih baik kulit diberi kelembaban lebih lagi dengan Skin Lotion. Produk ini dapat digunakan untuk seluruh tubuh, cocok untuk kulit normal dan sensitif, tidak menimbulkan kulit kering dan meringankan gejala yang timbul akibat iritasi pada kulit kering.


Produk ini juga pH balanced, tidak berwarna, lanolin free, no fragrance, dan propylene glycol free. Produk ini cocok untuk digunakan sehari-hari karna teksturnya yang agak sedikit cair, light dan cepat menyerap sehingga tidak lengket di kulit.  Produk ini mengandung Soft White Paraffin 5%, yang membantu memperbaiki kerusakan pada kulit bersisik. Oh ya, aku sering banget ngeluh karna gatel-gatel tanpa sebab, dan kulit bisa tiba-tiba merah dan bentol gede. Ga cuma siang, tapi hampir setiap malam sebelum tidur punggungku gatel dan bentol-bentol. Akhirnya ku cobain ini dan olesin di belakang punggung juga. Believe me, udah ga gatel dong sekarang huhu. Sebagus itu ternyata untuk kulit yang bermasalah. Totally recommended !

Harga : IDR 225.000

3. QV - Cream Replenishes Dry Skin



Produk ini datang dengan box ya. Packagingnya mengingatkan ku sama odol haha. Produk ini mengandung 5 bahan moisturizer, berfungsi untuk meningkatkan kelembaban alami kulit. Cocok digunakan untuk area tubuh yang membutuhkan kelembaban ekstra.


Produk ini pH balanced, tidak berwarna, lanolin free, fragrance free dan propylene glycol free. Teksturnya sedikit lebih kental dibandingkan lotionnya, dan hanya ku pakai di area-area tertentu yang sangat kering. Aku udah sering banget cerita kalau kulit kaki sebelah kiriku kering dan ada area yang sampai bersisik dan hitam. Aku oleskan QV Cream ini dan beneran ga bohong, kulit aku udah mulai lembut dan ga bersisik lagi. Aku sempet under-estimate sama produk ini, emang bisa ? dan ternyata bisa banget ! Aku sangat-sangat rekomendasiin produk ini ^^

Harga : IDR : 225.000


Jadi kira-kira itulah yang bisa aku share di post kali ini. 
Thanks for reading and see you on my next post !

You May Also Like

11 comments

  1. Ku kira awalnya ini shampoo, mirip selsun bgt tampilannya

    ReplyDelete
  2. Bisa untuk kulit sensitif ya? Waaaah fix pen coba💕

    ReplyDelete
  3. wahh aku baru tau brand QV ini hihi btw harganya lumayan yak bikin kanker hehe

    ReplyDelete
  4. Duh penasaran niih secara kulitku sensitif.. tp klo ganti2 mulu kasian jg kulitnya huhuu galaau7

    ReplyDelete
  5. Ah iya bener. Kadang kalo gaada busa suka brasa mandinya ga bersih 😂

    ReplyDelete
  6. waah produknya premium ini ya beb kategorinya

    ReplyDelete
  7. Keren acaranya!! Semakin penasaran sama produk ini :) anyway thankyou for sharing

    ReplyDelete
  8. Harganya lumayan mahal juga ya beb, tapi aku baru denger brand ini hehehe

    ReplyDelete
  9. Baru tau brandnya😄Kayaknya mesti dicoba nih

    ReplyDelete
  10. Wah jadi pengen coba, suka nih skin body care buat yg sensitif2 dan gak bikin kulit badan kering 😍

    ReplyDelete
  11. Beb aku kalo pake qv bisa jadi secantik kamu ga ?

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM)
Have a nice day ❤

Instagram