Tips Nabung Bersama Keluarga untuk Liburan

December 28, 2021


Selama pandemi berjalan hingga sekarang, keinginan untuk traveling mau gak mau harus ditunda. Sebisa mungkin aku dan keluarga memang mengurangi mobilitas untuk bepergian kecuali memang penting seperti bekerja, atau membeli kebutuhan harian. Pastinya ada rasa bosan ya, apalagi pandemi ini sudah berjalan hampir 2 tahun. Jadi sepertinya sesekali liburan bersama keluarga bukanlah ide yang buruk selama masih menaati prokes. Nah kali ini aku mau share tips nabung yang lebih "cuan" untuk liburan. Penasaran ? Keep scrolling ya !


Pilih Destinasi Liburan & Hitung Budget



Oke, sebelum membahas lebih jauh ke tips nabung, alangkah lebih baik kita bahas budget / target untuk  liburan terlebih dahulu. Tahap ini tentunya diawali dengan menentukan destinasi liburan, entah itu mau keluar kota, luar negeri, atau sekedar staycation seperti nginep di hotel atau villa. Nah setelah menentukan destinasi liburan, lanjut dengan menghitung budget yang lebih detail seperti transport, konsumsi / kuliner, dan lain-lain.  Budget ini bisa dihitung sekalian pas bikin itinerary ya hihi. Oh ya, jangan lupa juga untuk menghitung biaya tidak terduganya, ya ^^


Cari Informasi Promo !



Setelah menentukan budget, jangan lupa untuk cari informasi diskon, cashback atau promo lainnya. Kalau dapet harga di bawah budget pastinya akan lebih baik dong hihi. Bisa coba cari promo untuk transport, penginapan atau tiket wisata. Biasanya untuk momen tertentu suka banyak diskon, seperti tanggal cantik atau saat akan libur panjang.


Nabung Pakai Bibit Bareng



Nah selagi nyari-nyari informasi mengenai diskon, jangan lupa untuk menabung ya. Tapi maksudku nabung disini tuh gak cuma sekedar menabung biasa, tapi nabung bersama sekaligus investasi. Namanya adalah Bibit Bareng, salah satu fitur baru di aplikasi Bibit. Sebelumnya aku sudah pernah share cara membuat Portofolio Bibit Bareng di blogku, kalian bisa baca-baca terlebih dahulu untuk info yang lebih detail ya hihi. Intinya di Bibit Bareng ini, kita bisa ajak keluarga untuk sama-sama nabung. Kenapa aku rekomen Bibit Bareng untuk nabung bersama? Aku kasih tau alasannya ya hehe.


Read More : Patungan Kado Buat Sahabat Pakai Fitur Bibit Bareng



Di fitur Bibit Bareng ini kita bisa melihat nilai portofolio kita lengkap dengan profit / loss investasinya. Tidak hanya itu, di portofolio ini juga ada informasi total saldo bersama, anggota Bibit Bareng yang bergabung serta progress yang sudah tercapai. Jadi bisa dibilang cukup lengkap dan informatif sih menurutku. Eits, tapi gak cuma itu, kita juga bisa melihat kontribusi member loh !



Nah kalau kita klik Kontribusi Member, akan terlihat jumlah anggota yang sudah join, persentase kontribusi, total investasi dalam Rupiah dan list transaksi per member. Jadi fitur ini bener-bener detail dan lebih transparan. Plus, kita juga bisa saling mengingatkan kalau ada member yang lupa untuk patungan nabung hehe.


Oh ya, yang aku suka juga, karena ini adalah investasi, jadi ada bunga investasi yang bisa didapatkan. Kalau mau lebih low risk bisa masukkin dana ke Reksa Dana Pasar Uang (RDPU). Tapi, untuk kalian yang mau coba ambil risiko yang lebih besar dengan kemungkinan profit yang lebih besar, bisa coba Reksa Dana Obligasi atau Reksa Dana Saham. Kalau bunga investasinya gede, target dananya juga akan lebih cepat tercapai kan hehe. Selain itu, dengan fitur Bibit Bareng capai goals nabung traveling bersama keluarga bakal lebih maksimal deh.


Tips dari aku !

Sebisa mungkin jangan pakai paylater yaa, apalagi kalau memang rencana liburan sudah dipersiapkan sejak lama. Menurutku lebih baik menabung tiap bulan di awal dan dapat bunga Investasi (yang artinya uang kita jadi bertambah), daripada pakai paylater yang membuat kita tetap membayar tagihan setiap bulan, tapi malah harus membayar bunga paylater (dimana yang kita bayar justru jadi lebih mahal). 


Sama-sama bayar tiap bulan, tapi lebih cuan kan ?



Itu dia tips nabung yang lebih cuan versi aku.

Gimana ? Sudah siap untuk liburan ?




Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ya !

Tetap menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.

Stay safe and stay healthy !







Post a Comment

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤