[NgopCan #3] Ungkap Beautiesquad 101?!

November 23, 2017

Hayoo hari ini tanggal berapa ? Ya ! Tanggal 23 November 2017, and I wanna say Happy 1st Anniversary Beautiesquad !
Ga cuma hari ini aja yang spesial, tapi malam minggu tanggal 11.11 kemaren juga loh hihi
Bukan, bukan karna HARBOLNAS yang banyak diskon (ya ini juga bisa sih sebenernya, tapi maksud aku bukan itu) dan bukan jalan sama pacar juga (karna si pacar sibuk #eak)
Tapi di tanggal cantik itu aku ikut Ngopi Cantik Episode 3 yang diadakan di ... 
grup whatsapp :D



Berhubung raga terpisah jauh, dan karna member Beautiesquad domisilinya dari ujung barat sama ujung timur Indonesia, jadi yaa marilah kita bertemu di dunia maya hahaha.

Aku udah pernah ikut Ngopi Cantik Beautiesquad edisi pertama yaitu tentang Flatlay Photography, tapi sayangnya aku lupa ikut edisi kedua padahal tentang SEO huhu. Demi deh, ikut event kayak gini bikin nambah ilmu dari orang yang berpengalaman hihi.
Nah untuk episode ketiga, Beautiesquad mengambil tema "Beautiesquad 101" untuk merayakan Beautiesquad First Anniversary! wooowww.


Nah speaker dari Ngopi Cantik kali ini adalah Vina Eska sang author www.vinasaysbeauty.com si juragan lipstick #lah.
Jadi kak Vina mengupas tuntas Beautiesquad mulai dari kapan berdiri, founder, visi misi, officers, bahkan sampai mengungkap "how to be a member". Ok, aku akan kasih tau deh apa aja yang dibahas pada tanggal 11.11 kemaren :D

Q : Beautiesquad itu apa sih?

A : Jadi Beautiesquad adalah komunitas beauty blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang bertujuan untuk menyatukan para beauty blogger agar dapat berkembang dan belajar bersama. Didirikan pada tanggal 23 November 2016, dimana hari tersebut adalah hari dimana kolaborasi makeup pertama Beautiesquad dengan tema Smoky Eyes. Di hari itu juga, ditetapkan sebagai hari dimana komunitas ini didirikan.

Btw, aku gabung member Beautiesquad itu disaat aku lagi pengen banget belajar banyak hal tentang blogging dan butuh banget komunitas, akhirnya aku memutuskan untuk join dan tepat tanggal 18 April 2017 aku masuk grup FB Beautiesquad (yang approve kak Vina hahaha)

Beautiesquad didirikan oleh Founder: Virly KA (www.jurnalsaya.com) , Annisa Pertiwi (www.akpertiwi.com), dan Liana Eka (www.lianaeka.com). Dimana Main Founder of Beautiesquad: Virly KA. 

Nah jadi katanya dulu Beautiesquad menerima siapa saja, entah itu untuk sekedar ingin chat, pengen punya temen untuk saling sharing, dan lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, pada awal 2017, terbentuk lah kepengurusan dan sejak saat itu ada kriteria baru untuk menjadi member Beautiesquad yaitu "PUNYA BLOG". Kriteria ini tentunya lahir untuk menunjang visi misi dari Beautiesquad sendiri, dimana VISI MISI Beautiesquad adalah :

Visi :
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia
2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Misi :

1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan
2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).

waktu aku baca misi keempat be like "OMG, bakal bikin website XD"
Semoga nantinya website ini bisa jadi forum saling sharing artikel blog antar member yang disesuaikan dengan kategori dan klasifikasi blogpost, jadi lebih mempermudah blogwalking hihi.

Oke, lanjut ke history nya.
Ga cuma berhenti disitu, Beautiesquad juga gencar bekerjasama dengan brand. Dimana hal ini membuka peluang dan memberikan kesempatan bagi member untuk mendapatkan sponsor.
Oh ya, aku sekalian sharing bagaimana kerjasama bareng Beautiesquad deh.
Waktu itu aku pernah dapet kerjasama untuk mengulas produk dari 2 brand yang berbeda. Hal yang aku sadar saat itu adalah ternyata Beautiesquad sangat disiplin waktu. I wanna give an applause buat PJ, beneran deh. PJ selalu ngingetin, ga cape" buat jawab pertanyaan-pertanyaan (ya mungkin cape juga sih kalau ada pertanyaan yang diulang" padahal udah dijawab), dan selalu follow up! Oh ya, aku sangat menghargai PJ, karna aku tau ngatur belasan hingga puluhan orang untuk on time itu ga gampang. So, kalau udah ditetapkan deadlinenya, ya be on time, baca brief dengan seksama sebagai rasa menghargai usaha PJ. Aku juga ngerasa bener-bener belajar menjadi seorang blogger yang baik melalui komunitas ini #terharu
Aku tau informasi mengenai blogger, semua tau dari member Beautiesquad karna memang kadang suka sharing. Aku juga baru sadar kenapa standar brief Beautiesquad lumayan tinggi (kadang sampe aku harus baca brief berulang-ulang biar ga ada yang miss), ya karna Beautiesquad ingin memberikan dan mengajarkan yang terbaik, gamau asal-asalan.
Yaa seperti ditempa agar berkualitas #asek hahaha

Oke lanjut !

Nah inilah Beautiesquad Officers yang berjasa dibelakang layar :D
Loh kak Vina bukannya SPV CR ya?
Sudah tidak lagi guys, karna Kak Vina sekarang sudah naik jabatan menjadi ...

CHIEF OFFICER !
Congrats juga untuk kak Liamelqha yang menjadi SPV CR hihi :D
Btw tugas mereka apa aja sih?
1. Community Relation
Menjembatani antar brand dan member, melakukan proker bulanan seperti Collab, Ngopi Cantik dll.
Nah katanya tim CR ini juga yang membantu CO dan Founder untuk memutuskan member FB yang lolos kriteria untuk menjadi member inti Beautiesquad :D 
Psstt. bahkan ada special admin yang bertugas sebagai CEO analysis yaitu membantu mengetahui apakah blog member sudah sesuai kriteria SEO,baik dari template, penulisan, dan widget pendukunganya.

2. Social Media Squad
Memberikan informasi kepada member melalui media sosial BS dan menjaga image BS di dunia maya.
Yaa intinya mereka bertanggung jawab untuk memikirkan feed timeline IG, caption dll.

3. Photo Editor Squad
Membuat design mulai dari design untuk Collab, maupun design feed.
Nah divisi ini sama beratnya dengan divisi lain, apalagi saat collab karna harus mengedit puluhan foto.
That's why "tepat waktu" dengan brief itu penting.


Nahh ini nih yang paling ditunggu. Kak Vina ngasih tau gimana cara menjadi member inti hehe.
Jadi Beautiesquad ada 2 grup, grup Facebook dan grup Inti. Katanya grup inti di Whatsapp merupakan blogger yang sudah masuk sebelum BS hits seperti saat ini. Semenjak Beautiesquad menjadi closed group, baru 2 orang dari Facebook grup yang lolos masuk grup inti. Mereka sudah terbiasa menulis sesuai SEO, template mereka nyaman dilihat, dan disiplin waktu.
 So, how to be Beautiesquad Core Member?
1. Punya Blog
Ya Beautiesquad kan komunitas beauty 'blogger', yaa harus punya blog. Gimana cara bikin blog? Silahkan search di google ^^
Tapi ga sekedar punya blog saja, tapi template blognya harus SEO friendly dan menarik. Bahkan tata cara penulisan pun dipertimbangkan loh hehe.

2. Top Level Domain
Apasih itu TLD? TLD itu nama blog kalian bukan .blogspot atau .wordpress bla3x.
Tapi .com, .net, .id, dll. Karna mulai dari titik ini, kamu akan terlihat seberapa "serius" dalam blog, dan juga mengingat pentingnya DA, PA suatu blog :)

3. Menulis Konten Beauty Minimal 2 Kali Sebulan
Ya berhubung ini "beauty" blogger, sudah seharusnya member nulis konten beauty (tapi bukan berarti nulis konten lain ga boleh). That's why ada keterangan minimal, yaitu 2 kali sebulan ^^
4. Disiplin dan Memiliki Attitude
Seperti yang sudah aku share di atas, Beautiesquad memang disiplin terutama dalam hal waktu. Oleh karena itu, pemilihan member inti Beautiesquad juga bukan orang sembarangan, tapi orang yang disiplin khususnya dalam hal waktu. Harus punya attitude yang baik, kalau salah ya minta maaf, kalau nanya ya ga nyolot atau nge'gas. Oh ya, yang paling penting "ga plagiarisme", soalnya itu udah masuk kategori haram di dunia blogger hahaha.
5. Memiliki Fanpage, Instagram dan Twitter
Standar Beautiesquad :
- Instagram : min. followers 500
- Twitter : min. followers 100
- Memiliki Fanpage Facebook
dan yang paling penting "followersnya ga beli"

6. Aktif
Kalau kata Kak Vina sih yang penting aktif berkontribusi untuk komunitas.
It's not about what benefit you'll got from a community, but it's all about what kind of things you can give to a community #eakk hahah

 7. Rajin Ikut Monthly Collaboration
Nah untuk menjadi member inti Beautiesquad juga harus rajin ikut kolaborasi yang diadakan setiap bulannya. Contohnya?
 
Karna dari sinilah member FB bisa di'notice' oleh Beautiesquad officer. hehe
Btw, aku ikut collab Beautiesquad special anniversary juga loh :D

8. Lolos dari Pandangan Community Relations, Chief Officer, dan Founder
Akhirnya tinggal di notice saja.
Please, notice me senpaaiii XD hahaha

------
Ya, sekian hasil kupas tuntas Ngopi Cantik episode 3 tentang "Beautiesquad 101" kali ini.
Oh ya, once again Happy First Anniversary Beautiesquad !
 Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat readers yang cari informasi untuk join Beautiesquad Community ya dan yang mau jadi member FB Beautiesquad jangan lupa cantumin link blog di BIO ya, biar bisa di cek Beautiesquad Officers hihi

Tentunya yang terpenting jangan lupa untuk follow media sosial Beautiesquad :

Oh ya kalau kalian suka belanja" makeup atau skincare bisa banget cek NIHONMART, barangnya super lengkap dan ada produk SALE nya loh XD

Thanks for reading and see you on my next post ❤

4 comments

  1. Waaah, tulisannya lengkap dan suka banget sama thumbnail flat lay nya. Ajarin dong, Mbak *love

    ReplyDelete
  2. Ihh gemesssssss, bagus banget thumbnail nyaaaaaaa

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤