[REVIEW] BASE - Skincare Vegan yang diformulasikan dengan Kebutuhan Kulit

December 4, 2020

Selama jadi beauty blogger, banyak banget yang suka curhat ke aku mengenai masalah kulit mereka.  Banyak juga yang masih belum mengenal dan menemukan skincare yang pas untuk jenis dan masalah kulitnya. Tentu penggunaan skincare yang kurang tepat akan berdampak buruk bagi kulit, salah-salah malah jadi break out. Nah kali ini aku mau ngenalin salah satu brand yang mengerti akan hal ini. BASE, skincare lokal Indonesia berbasis teknologi yang fokus pada personalized skincare yaitu perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Penasaran gimana review Base Skincare ini ? Keep scrolling ya !



BASE - PERSONALISASI SKINCARE BERBASIS TEKNOLOGI


Semua orang memiliki jenis dan masalah kulit yang berbeda, keberagaman inilah yang membuat setiap orang unik. Tentu satu jenis skincare tidak bisa memberikan solusi untuk masalah kulit setiap orang. Oleh karna itu, BASE Skincare hadir untuk membantu konsumen merayakan keunikan tersebut dengan menerapkan personalisasi perawatan kulit sesuai jenis kulit dan gaya hidup, serta skin goals masing-masing.


CARA MELAKUKAN SKIN TEST DI WEBSITE BASE

Sebelumnya, kita harus melakukan skin test berbentuk pertanyaan yang bisa diisi selama 5 menit.

1. Jangan lupa untuk masuk ke website Base, dan sign up menggunakan email aktif.



2. Klik "Get Your Formula". 
3. Jawab semua pertanyaan yang tersedia. Pertanyaan ini seputar kondisi kulit saat ini, kondisi kulit yang diinginkan (skin goals) dan gaya hidup / kebiasaan sehari-hari seperti aktivitas di bawah sinar matahari dan kebiasaan commuting.




4. Setelah menjawab pertanyaan yang ada, kita akan mendapatkan informasi mengenai bahan-bahan dan produk apa saja yang cocok untuk kulit kita.
5. Kamu tinggal pilih produk yang sudah direkomendasikan, free ongkir juga ke semua kota di Indonesia loh ! Produk akan sampai dalam waktu 3-5 hari kerja ^^


PRODUCTS



Nah produk-produk yang ditawarkan BASE adalah personalized skincare yang terdiri dari Cleanser, Toner dan Moisturizer. Tentunya produk-produk ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan kulit, 100% VEGAN, tersertifikat BPOM dan ECOCERT, serta sudah teruji klinis. Semua bahan aktif dari tanaman ini juga diambil dari sumber terbaik di seluruh dunia dan tidak mengandung bahan berbahaya.

PACKAGING


Nah dari paket yang aku dapat, ada 3 buah produk, 1 sticker pack, ingredients card dan ada pouch juga.  Berbeda dengan skincare pada umumnya, packaging produk BASE itu seperti beling / kaca tebal jadi bisa dibilang agak berat. Mungkin karna itu, packingnya juga tebel jadi aman banget. Kemasannya berwarna putih dan yang unik pada packagingnya terdapat namaku loh! Bener-bener personalized banget. 


Nah seperti yang aku bilang, di dalam paketnya juga ada ingredients card dimana tertulis bahan apa saja yang cocok untuk kulit kita. Kalau aku sendiri mendapatkan bahan :
Vit.E (Champian, France) - Melembutkan kulit
Olive Squalane (Shodoshima, Japan) - Regenerasi Sel
Chamomile Water (Cornwall, United Kingdom) - Menenangkan kulit
Witch Hazel (Suffolk County, USA) - Mengecilkan tampilan pori-pori
Allantoin (Champian, France) - Memperbaiki sel kulit
Pullulan (Seoul, South Korea) - Mengunci kelembapan

Bahan-bahan disini didapatkan dari beberapa kota di dunia, keren banget ya ! Oke, selanjutnya aku akan bahas 1 per satu ya ^^

BASE - Nine To Ten PURIFYING CLEANSER




Produk ini berfungsi untuk membersihkan kulit dari debu dan kotoran. Cleanser ini non-foamy alias tidak berbusa, sehingga gentle di kulit. Produk ini juga tidak mengandung SLS, agar kulit tidak terasa kering / ketarik. Selain itu, Purifying Cleanser ini juga tidak mengandung pewangi sehingga cocok untuk kulit sensitif.

Ingredients
Aqua, Glycerin, Decyl Glucoside, Glyceryl Caprylate Caprate, Squalane, Sodium Laurylglucosides Hydroxypropylsulfanate, Tocopherol, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Xanthan Gum, Pullulan, Citrus Aurantium Dulcis Oil, Lavandula Angustifolia Oil, Sodium Levulinate, Sodium Anisate, Simmandsia Chinensis Seed Oil, Calendula Officinalis Flower Extract, Potassium Sorbate, Sorbic Acid, Citric Acid.




Seperti yang aku bilang sebelumnya, produk ini cukup berat karna kemasannya yang seperti beling namun cukup kokoh. Pada bagian belakang kemasan terdapat informasi mengenai cara pakai, sedangkan bagian bawahnya terdapat exp date dan batch number. Oh ya, kemasannya berbentuk pump yang memiliki fitur "lock", dimana kita bisa memutar pumpnya untuk mengunci pump agar tidak tumpah kalau mau dibawa berpergian.


Teksturnya sendiri cukup runny dan agak sedikit licin, karna produk ini tidak mengandung fragrance, jadi tidak ada wewangian ya. 

Cara Pakai
Aplikasikan cleanser pada wajah dan pijat secara lembut dengan gerakan memutar untuk membersihkan kotoran, debu dan make up. Gunakan setiap hari, pagi dan malam.




Menurutku cleanser ini cocok banget untuk kulit yang sensitif karna memang sangat gentle di kulit, bahkan untuk hidungku yang sedang iritasi pun produk ini tidak membuat hidungku perih. Saat mencuci wajah, tidak ada busa sama sekali seperti klaimnya. Meskipun teksturnya agak licin, cleanser ini tidak meninggalkan rasa licin pada kulit, justru kulit jadi terasa bersih dan tetap lembab. Mungkin karna adanya kandungan Pullulan dan Lavender yang membuat kulitku tetap lembab dan nyaman. So far, aku suka banget cleanser ini.

Harga : Rp 98.000,-
Netto : 100 ml

BASE - FRESHLY DEW TONER




Produk ini berfungsi untuk menyegarkan dan mempersiapkan kulit untuk tahapan skincare lainnya. Freshly Dew Toner ini adalah toner yang ringan dan mampu melembapkan serta membersihkan kulit wajah. Toner ini juga tidak mengandung parfum sehingga aman untuk kulit sensitif.


Ingredients
Aqua, Anthemis Nobilis Flower Water, Glycerin, Polyglyeryl 4 Caprate, Propanediol, Sodium PCA, Sodium Levulinate, Sodium Anisate, Tocopherol, Cucumis Sativus Fruit Extract, Butylene Glycol, Hamamelis Virginia Leaf Extract, Moringa Oleifera Leaf Extract, Citric Acid, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Alcohol.

Oh ya, mungkin banyak yang "ngeuh" kalau ada alkohol di dalam toner ini. Tapi, alkohol ini terletak di paling akhir list ingredients yang artinya kandungan alkohol yang terkandung sangat sedikit. Menurutku sendiri, selama kandungan alkoholnya sangat sedikit, itu bukanlah sebuah masalah. Aku juga pernah baca kalau alkohol dapat membantu penyerapan skincare, dan membuat skincare tidak lengket di kulit. So, menurutku mungkin kandungan alkohol disini berfungsi untuk itu dan hal ini sangat normal ya hehe.



Nah dari segi kemasan produk, toner ini memiliki size dan bentuk yang sama dengan Purifying Cleanser. Kemasan produk ini juga berbentuk pump yang memiliki fitur lock. Segala informasi mengenai cara pakai, exp date dan batch number juga tercantum pada kemasan.


Tekstur toner ini menurutku sangat cair seperti air, jadi benar-benar ringan di kulit. Warnanya bening / transparan, dan wanginya menurutku cukup "natural" alias agak herbal. Aku personally kurang suka wanginya, tapi mengingat produk ini memang tidak mengandung fragrance, menurutku cukup bisa dipahami.

Cara Pakai
1. Toner
Tuangkan pada kapas, usapkan perlahan ke seluruh area wajah hingga sisa kotoran terangkat.

2. Essence
Tuangkan pada telapak tangan 1-2 pump toner, usapkan dan tepuk perlahan ke seluruh permukaan kulit wajah.



3. DIY Mask 
Tuangkan pada kapas tipis sebanyak 3-5 pump, dan ratakan agar seluruh permukaan kapas terpapar cairanya. Posisikan kapas yang basah pada pipi, kening, atau daerah yang dibutuhkan.



Seperti yang ku bilang teksturnya terlihat sangat cair, tapi ternyata aku suka hasil tonernya yang bikin kulit lembab dan lembut. Selain itu, produk ini multifungsi banget, jadi bisa digunakan sesuai dengan keinginan, bisa jadi toner, essence, atau masker. Nah biasanya aku menggunakan produk ini beberapa layer biar lembabnya lebih berasa. Saat pakai toner ini, kulitku yang iritasi agak sedikit perih tapi ga begitu lama, dan setelah meresap kulitku jadi lebih tenang.

Harga : Rp 159.000,-
Netto : 100 ml

BASE - ULTRA SOOTHE MOISTURE CREAM




Terakhir yang tidak kalah penting, moisturizer. Produk ini berfungsi untuk melembapkan serta menenangkan kulit. Moisturizer ini tidak mengandung parfum, sehingga sangat cocok untuk kulit yang sensitif atau sedang iritasi.

Ingredients
Aqua, Anthemis Nobilis Flower Water, Glycerin, Squalane, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Disodium Phosphate, Allantoin, Butylene Glycol, Polyglyceryl 6 Caprylate, Polyglyceryl 4 Caprate, Viola Mandshurico Flower Extract, Glycyrrhiza Uralensis Root Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Centella Asiatica Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Ceramide NP, Calendula Officinalis Flower Extract, Tocopherol, Cetyl Alcohol, Opuntia Ficus Indica Stem Extract, Retinyl Palmitate, Vaccinium Myrtillus Leaf Extract, Aveno Sativa Kernel Extract, Helianthus Annuus Seed Oil, Rosmarinus Officinalis Leaf Extract, Lavandula Angustifolia Oil, Pelargonium Graveolens Oil, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Xanthan Gum, Pullulan, Phytosphingosine, Sorbic Acid, Sodium Hydroxide, Benzyl Alcohol, Benzoic Acid, Dehydroacetic Acid, Citric Acid, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate.





Dari segi kemasan produk, moisturizer ini memiliki size yang berbeda dengan kedua produk sebelumya. Namun kemasannya masih terbuat dari bahan yang sejenis beling dan kokoh. Ukurannya cukup kecil dan mudah dibawa mengingat isinya yang hanya 30 ml. Segala informasi mengenai cara pakai, exp date dan batch number juga tercantum pada kemasan.



Teksturnya krim dan berwarna oranye kekuningan, wanginya cenderung fresh dan bisa dibilang dari tiga produk Base yang aku coba, mosisturizer ini yang wanginya paling enak. Kalau dilihat dari tekstur mungkin moisturizer ini kelihatan thick, tapi sebenarnya pelembab ini cenderung watery dan ringan saat menyentuh kulit. 

Cara Pakai
Gunakan krim di area wajah dan leher yang sudah dibersihkan setiap hari, pagi dan malam. Pijat krim dengan gerakan ke atas atau memutar dengan penyerapan maksimum.




Menurutku produk yang paling worth untuk dicoba adalah moisturizernya. Pelembab ini memberikan rasa lembab dan menenangkan namun sangat ringan di kulit. Tidak memberikan efek lengket / greasy sama sekali meskipun dipakai dalam jumlah banyak atau berlayer-layer. Biasanya kalau kulit hidungku berasa kering dan udah mulai gatel (karna terlalu kering), aku langsung pakai pelembap ini lagi, menurutku cukup membantu sih.

Harga : Rp 189.000,-
Netto : 30 ml
----------

REVIEW



Setelah 2 mingguan menggunakan produk ini, menurutku bahan-bahan yang direkomendasikan cocok dengan masalah dan kebutuhan kulitku. Produk yang aku gunakan tidak membuat kulitku perih dan so far membantu meredakan kemerahan pada hidungku. Meskipun memang kondisi kulitku bisa dibilang masih cenderung kering, tapi aku merasa kulitku sedikit membaik dibandingkan sebelumnya. Skincare need process tho.


Overall, menurutku skincare vegan ini sangat membantu buat kalian yang masih bingung untuk memilih bahan yang cocok dengan kulit kalian, atau buat kalian yang masih belajar skincare. Apalagi bahannya juga dari bahan natural jadi bisa dibilang aman untuk kulit bahkan kulit sensitif sekalipun.  Skincare lokal terbaik ? Ya bisa jadi, worth to try banget sih, tapi usahakan sebelumnya kamu sudah tau jenis kulitmu dulu ya hehe.

----------

More Info :


Nah buat kalian yang mau beli, kalian bisa pakai kode
"NATABASE"
untuk dapetin diskon 30% tanpa minimal pembelian ^^


Terms and condition
Berlaku untuk all item
Berlaku untuk 1 kali transaksi / user


----------

Penasaran ingin coba ?
Share yuk di kolom komen !



1 comment

  1. Pengen cobainn, kemarin udah sempet ambil quiznya tapi belum beli produknya haha xD

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM)
Have a nice day ❤