[WEBINAR] Belajar Mengenal Jenis dan Masalah Kulit Bersama Dnars Indonesia

August 31, 2020


Belakangan ini trend skincare memang sangat diminati oleh kaum perempuan. Namun banyak yang menggunakan skincare tanpa mengetahui secara detail tentang jenis dan kebutuhan kulit mereka. Kurangnya pengenalan akan kulit dan salahnya penggunaan skincare ini tentunya tidak membuat kulit menjadi lebih sehat tapi justru membuat kulit jadi cenderung lebih bermasalah. Jadi, memang ada baiknya mengenali jenis dan kebutuhan kulit masing-masing agar dapat menggunakan produk yang tepat. Hari Sabtu tanggal 29 Agustus 2020 lalu aku mengikuti Webinar bersama Dnars Indonesia. Webinar ini menjelaskan tentang bagaimana mengenali kulit kita lebih jauh. Penasaran bagaimana isi seminar onlinenya ? Keep scrolling ya ! ^^


Webinar ini dihadiri oleh Diana Caroline selaku MC, Shireen Sungkar selaku Brand Ambassador Dnars Indonesia dan Dr. Grace Hananta, C. HT selaku narasumber. Ada beberapa topik menarik yang dibahas mulai dari jenis-jenis kulit, masalah pada kulit, penyebab masalah kulit, hingga daily skincare routine yang benar.

Sebelumnya, kenapa sih kita harus mengenal kulit kita sendiri ? Mengenali jenis dan kebutuhan kulit itu sangat penting, karna kita bisa memilih skincare yang benar-benar cocok dengan kebutuhan kita, dan tidak hanya ikut-ikutan dengan trend skincare yang ada. Kurangnya pengenalan akan kulit bisa menjerumuskan kita ke masalah kulit yang lebih serius loh. Nah aku akan jelaskan satu per satu ya.

MENGENALI JENIS KULIT


Secara umum ada 5 jenis kulit, yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi dan sensitif. Tentunya setiap jenis kulit memiliki penanganan yang berbeda, sehingga yang pertama kali harus kamu tau adalah apa jenis kulitmu.

NORMAL SKIN
Kalau kamu merasa kulitmu tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering, cocok menggunakan produk apa saja. Kulit jarang terlihat ada masalah seperti kemerahan, perih dll. Mungkin tipe jenis kulit kamu adalah normal. Nah meskipun kamu punya jenis kulit yang normal dan lebih jarang bermasalah, kamu tetap harus merawat kulit ya ! ^^

DRY SKIN
Pemilik jenis kulit ini biasanya sering merasa kulitnya kering hingga ketarik, bahkan tidak jarang juga kalau kulitnya mengelupas dan perih kalau kurang pelembab. Nah kalau begini, pasti kamu memiliki kulit yang kering. Jangan lupa sering minum air putih ya agar kulit kamu tidak dehidrasi ! ^^

OILY SKIN
Pemilik jenis kulit ini biasanya lebih sering mengeluarkan minyak bahkan kulit pun berminyak saat bangun tidur. Cara mudah mengetahui kulit berminyak adalah dengan menggunakan oil paper atau kertas minyak. Kalau hasilnya terdapat banyak minyak diwajahmu, berarti jenis kulitmu berminyak. Tapi perlu diketahui bahwa, keluarnya minyak juga bisa terjadi karna dehidrasi. Nah kalau dehidrasi, kulit jadi lebih banyak mengeluarkan minyak untuk melindungi kulit. Jadi, balik lagi, jangan lupa minum air putih yang banyak hihi.

COMBINATION SKIN
Nah tipe kulit kombinasi sebenarnya juga ada banyak macamnya, mulai dari normal-oily, normal-dry, atau oily-dry. Nah kalau kamu merasa yang berminyak hanya daerah T-zone (dahi dan hidung) namun sisanya biasa saja / cenderung kering, kemungkinan kamu memiliki jenis kulit kombinasi. Berlaku juga sebaliknya.

SENSITIVE SKIN
Pemilik kulit ini biasanya cenderung lebih muda merasa perih, panas, kemerahan dan tidak cocok dengan bahan-bahan tertentu. Memiliki kulit sensitif tentunya harus melakukan perawatan yang lebih ekstra, karna kamu harus mengetahui dan mengenali jenis kulitmu jauh lebih dalam. Kamu harus tau bahan / ingredients apa saja yang tidak cocok dengan kulitmu.

MASALAH - MASALAH KULIT


Ada beberapa masalah kulit yang biasanya paling sering muncul di kulit kita. Banyak banget dari kita yang mungkin memiliki jerawat, freckles, wrinkles dan masalah kulit lainnya. Bahkan meskipun aku masih 20an, aku pun sudah ada tanda-tanda wrinkles loh huhu. Jadi memang selain jenis kulit, kamu juga harus mengetahui apa saja masalah pada kulitmu.

Tapi jangan berharap semua masalahnya bisa hilang dengan cara instan. Perlu kamu ketahui, menyelesaikan masalah kulit itu harus sabar dan pelan-pelan. Kalau kamu punya 3 masalah kulit, selesaikan satu per satu ya, karna skincare takes time. Penggunaan skincare yang terburu-buru justru semakin memperparah masalah kulit. Apalagi kulit wajah cenderung lebih tipis dibanding daerah lain, jadi harus hati-hati ya hehe.

PENYEBAB MASALAH KULIT


Ada cukup banyak penyebab masalah kulit. Ada yang bisa kita hindari namun ada juga yang memang tidak bisa diubah seperti genetik. Nah untuk genetik memang kita hanya bisa mencegah percepatannya, contohnya aging. Kita bisa siasati dengan menggunakan skincare anti aging. Sinar UV juga bisa kita tangkis dengan penggunaan sunscreen. Nah untuk masalah polusi pun sekarang bisa dihindari dengan menggunakan masker, namun jangan lupa untuk tetap cuci muka ya hihi.

Nah untuk faktor-faktor lain bisa dibilang lebih mudah dikendalikan, misalnya kalau kurang minum air, kita bisa gunakan tumblr untuk mengukur seberapa banyak air yang sudah kita minum. Kita juga bisa lebih menjaga kebersihan dan merawat kulit dengan benar. Gunakan skincare yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Dan menurutku yang paling penting adalah stress, buruknya pengendalian stress berdampak langsung ke kulit. Jadi kalau ada masalah kulit, seperti jerawat, komedo, beruntusan dll, usahakan jangan terlalu dibawa pikiran ^^

SKINCARE ROUTINE


Hal pertama yang harus dilakukan dalam skincare routine adalah double cleansing. Tahapan ini adalah tahap yang paling penting menurutku, karna kalau kulit ga bersih, pakai skincare pun seperti ga ada gunanya. Meskipun ga pakai make up, tetap harus membersihkan kulit ya !

First Cleanser
: Micellar Water, Oil Cleanser, Cleansing Balm, Milk Cleanser dll. Fungsinya untuk mengangkat make up, debu dan kotoran yang menempel di kulit.
Second Cleanser : Sabun cuci muka. Fungsinya untuk memaksimalkan tahapan cleansing. Gunakan sabun cuci muka yang pHnya sama dengan kulit, kalau bisa kisaran 4.5 - 5,6.
Exfoliator : Bersifat opsional dan bisa digunakan 1-2x seminggu. Berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati.

Nah setelah tahap cleansing, baru lah lanjut ke tahap skincare selanjutnya. Biasanya tahapan skincare dimulai dari produk yang teksturnya paling cair ke padat.
Toner : Untuk menyiapkan kulit untuk tahapan skincare yang lain. Toner itu diibaratkan sebagai gerbang utama.
Essence : Teksturnya cenderung cair dan ringan namun memiliki kandungan yang tinggi.
Serum : Skincare dengan kandungan konsentrasi tinggi namun teksturnya sedikit lebih kental dibanding essence.
Mask : Kalau mau maskeran pakai sheet mask, bisa gunakan setelah serum ya.
Eye Cream : Gunakan eye cream pada daerah mata
Mosturizer : Pelembab / krim pagi atau malam. Supaya mengunci seluruh skincare yang sudah kita gunakan.
Sunscreen : Di pagi hari jangan lupa gunakan sunscreen di akhir skincare routine ya ! Agar menjaga kulit dari bahaya sinar UV ^^

Namun yang terpenting dalam menggunakan atau memilih skincare adalah :
Pastikan produk yang digunakan aman, sudah teruji klinis, BPOM, Depkes ^^

-------



Shireen Sungkar selaku Brand Ambassador Dnars Indonesia juga berbagi tips dan pengalamannya dalam dunia skincare. Beliau sudah memulai karirnya dari SMP, jadi Kak Shireen sudah mengenal skincare sejak dini. Namun memang beliau juga mengakui kalau informasi mengenai skincare masih cenderung kurang banyak dibandingkan sekarang.

Sekarang, Kak Shireen menyukai produk Dnars Indonesia varian acne series karna adanya kandungan yang menenangkan kulit. Kak Shireen juga memberikan tips kalau menyelesaikan masalah kulit harus satu per satu. Biasanya orang-orang menginginkan kulit yang putih, jadi maunya menggunakan produk yang mencerahkan tanpa memikirkan jerawatnya. Nah harusnya selesaikan dulu jerawat, beruntusannya dll. Kalau sudah bagus, baru berpindah ke skincare yang mencerahkan.


Tak hanya Kak Shireen, Dr. Grace juga memberikan tips mengenai skincare. Penggunaan skincare sebisa mungkin dilakukan sedini mungkin. Tetap gunakan produk-produk yang aman bagi kulit, dan harus selalu diingat bahwa skincare memang takes time. Jadi harus sabar dan disiplin kalau menginginkan hasil yang maksimal.

"Jangan foundationnya yang tebal, tapi skincarenya yang benar."

Dahulukan skincare karna kalau kulitnya sudah bagus, pakai make up tipis pun akan tetap bagus. Selain itu, kita juga harus jaga pikiran dan jangan stres, terus happy biar terpancar juga dari kulit. Intinya, jaga kulit dengan benar karna ini aset kita. Hal ini juga berlaku untuk laki-laki yang ingin menggunakan skincare. Because everyone can use skincare ! ^^

-------


Nah kira-kira itulah yang bisa aku share mengenai webinar kemarin.
Jenis dan masalah kulit kalian apa nih ?
Share yuk di kolom komen !




Post a Comment

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM)
Have a nice day ❤