Belajar Nabung Reksa Dana di Aplikasi Bibit, Seberapa Menguntungkan?

July 7, 2020

Memasuki masa berumah tangga tentunya aku jadi lebih concern untuk menabung, khususnya untuk masa depan. Apalagi dengan adanya pandemi ini, aku jadi semakin tersadar untuk punya tabungan lebih. Meskipun kalian taunya aku cuma seorang beauty blogger, sebenarnya aku kuliah dan bekerja di bidang ekonomi juga, sehingga tentu aku mengenal sedikit banyak tentang hal ini. Meskipun masih terbilang baru terjun secara langsung di dunia investasi, kali ini aku mau share pengalamanku belajar reksa dana di Aplikasi Bibit sebagai seorang pemula yang ternyata cukup mudah. Nah sebelumnya, ada yang sudah tau tentang Bibit ?


Aku akan jelaskan sedikit mengenai Bibit, jadi Bibit adalah aplikasi yang cocok untuk investor pemula. Aplikasi ini membantu menyeleksi reksa dana yang terbaik sehinga kita tak perlu bingung alias "tinggal terima beres". Mungkin ada yang takut apakah aplikasi ini aman atau tidak, tenang ya, aplikasi BIBIT sudah memiliki izin APERD resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), jadi kamu tak perlu takut dan khawatir.




Nah sebelum memulai cerita, ada baiknya kita download aplikasinya terlebih dahulu. Kalian bisa langsung search di playstore atau google play dengan nama "BIBIT - Investasi Reksa dana Otomatis".


Setelah membuka aplikasi, kamu akan melihat beberapa informasi seputar Bibit yang harus kamu tau. Dimana Bibit sendiri memberikan pilihan investasi reksa dana yang sesuai dengan level resiko kamu dan pastinya cocok untuk pemula. Nah setelah membaca informasi umum ini, kamu harus sign up / register.

Disaat sign up, kamu akan mengisi data-data dan pertanyaan-pertanyaan umum seputar investasi, dimana hasilnya akan mengukur seberapa besar toleransi resiko kamu. Tentunya ini berbeda-beda ya, ada yang takut dengan resiko besar namun ada juga orang yang risk taker untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. (JANGAN LUPA UNTUK MENCANTUMKAN KODE REFERRAL NATAHSU UNTUK MENDAPATKAN CASHBACK SAAT PEMBELIAN REKSADANA).



Aku sendiri mendapatkan hasil Portfolio Moderat yang mempunyai toleransi terhadap resiko yang tidak terlalu tinggi namun return diharapkan diatas suku bunga deposito. Menurutku ini pas banget sih karna memang aku agak takut dengan risiko yang terlalu besar, jadi aku tipe yang suka nyari "aman".


Oke, setelah mengisi Profil, dan Registrasi, jangan lupa untuk Verifikasi. Pada tahap Verifikasi ini kamu akan diminta untuk foto KTP dan selfie dengan KTP. Jadi untuk bisa melakukan transaksi di Bibit, kamu harus punya KTP terlebih dahulu. Jangan lupa untuk perhatikan rulesnya ya biar ga revisi hahaha. Kamu WAJIB banget untuk memenuhi semua persyaratan ini agar bisa beli dan jual reksa dana.

CARA PEMBELIAN REKSA DANA



Nah sebagai seorang pemula, disini aku akan membeli reksa dana sesuai dengan rekomendasi ROBO untuk dana Pensiun. Ada 3 jenis reksa dana yang ditawarkan yaitu Pasar Uang, Obligasi, dan Saham. Tentunya pilihan untuk ketiga jenis reksa dana ini mungkin akan berbeda untuk profil setiap orang ya.


Kalian bisa coba klik salah satu, misal aku klik Pasar Uang, disana akan terlihat beberapa perusahaan dengan tingkat bunga per tahun dan expense ratio yang berbeda. Kalau ingin tau lebih lanjut bisa klik "lebih detail" pada perusahaan yang menarik perhatian kalian, disana akan ada tertulis cukup lengkap mulai dari NAV (nilai pasar reksa dana saat ini), sampai perkiraan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam 1 tahun, 3 tahun dan 5 tahun.


Kalau sudah cek semua dan sudah mantap untuk beli, kalian tinggal klik "Investasi Sekarang", tulis nominal yang mau kamu investasikan (minimal Rp 100.000). Btw, aku dapet kupon cashback Rp 50.000 (lumayan HAHA). Kemudian klik beli ! Disitu tertulis nominal-nominal pembelian dari 3 jenis reksa dana tersebut (persentase disesuaikan dengan hasil tes di awal). Setelah setuju, tinggal bayar deh, aku bayarnya pakai Gopay biar gampang hehe. Nanti orderannya muncul dengan detail pemesanan reksa dana yang sudah kamu pilih.

Done ! Mudah kan ? Cuma tinggal klik-klik, dan bayar. Ga perlu mikir terlalu lama untuk beli reksa dana karna udah ada beberapa rekomendasi yang memudahkan kita. Selain itu, tutorial pada aplikasi juga cukup lengkap, jadi aku yakin kamu juga ga akan kebingungan. Namun kalau misal kamu masih bingung, kamu bisa klik ‘Tanya Bibit’, otomatis kamu  akan chat kebagian tim support mereka langsung.

Nah kalau kamu mungkin mau pilih reksa dana sesuai dengan pilihanmu sendiri, tentu bisa banget. Berikut cara pembelian untuk reksa dana yang kamu pilih sendiri :


CARA PENJUALAN REKSA DANA

Tidak hanya membeli reksa dana, di Bibit kamu juga bisa menjual reksa dana yang sudah kamu beli. Caranya juga gampang banget, berikut cara penjualan reksa dana di aplikasi Bibit :



APA KEUNTUNGAN NABUNG DENGAN REKSA DANA ?


Menurutku, nabung dengan reksa dana jauh lebih menguntungkan daripada kamu endap uangnya di bank. Seriously. Bukannya nabung malah jadi belanja. ya ga ? Terutama untuk kamu yang punya banyak idle money alias uang yang tidak terpakai. Aku sangat menyarankan kamu untuk tabung aja ke reksa dana, karna bunganya yang lebih tinggi. Oh ya, Bibit juga memberikan simulasi investasi, ada beberapa perkiraan mulai dari 1 tahun hingga 30 tahun. Kamu bisa sesuaikan nominalnya dengan kebutuhanmu. Setelah lihat grafiknya, menurutku memang keuntungan akan lebih besar terlihat mulai dari tahun kelima. Jadi memang investasi ini akan lebih cuan bila jangka panjang.

Disclaimer : *Simulasi dibuat berdasarkan kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa depan. Jadi menurutku tolong diingat, apapun rekomendasi dan simulasi-simulasi yang tersaji pada aplikasi tidak "ditelan" secara mentah-mentah. Akan lebih baik kalau kamu juga banyak research dan belajar tentang investasi terlebih dahulu.


Yes sekarang, kamu juga bisa sekaligus mempersiapkan tabungan untuk pendidikan anak, bahkan tabungan perkawinan (yang semakin lama semakin mahal). Ga cuma itu, untuk kamu yang bermimpi untuk punya rumah, liburan, gadget bahkan perabotan, aplikasi Bibit juga bisa bantu kategoriin tujuan investasi kamu hihi.

Jadi,yuk ! Instead of being consumptive, lebih baik kita nabung dari sekarang.
Mungkin masa tuamu akan berterimakasih dengan apa yang kamu lakukan saat ini ^^


Nah untuk kamu yang baru mau mulai, kamu bisa pakai kode :
NataHsu
untuk mendapatkan cashback sebesar Rp 25.000 yang bisa dipakai pada saat pembelian reksa dana

------------------------------

Jangan cuma merawat kulit, kita juga perlu rawat aset masa depan dengan nabung reksa dana di aplikasi Bibit.
Ada yang sudah pernah beli reksa dana ?
Share yuk pengalaman kalian !



Post a Comment

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤