Konsultasi Online tentang Virus Corona Gratis dengan Aplikasi Halodoc

April 27, 2020

Sekarang, seluruh dunia sedang diresahkan dengan adanya wabah COVID-19 atau dikenal dengan Virus Corona. Virus mematikan ini tidak hanya menyerang kesehatan, namun juga melumpuhkan perekonomian dan bisnis. COVID-19 dipercaya menular sangat cepat, sehingga pemerintah cukup "kewalahan" untuk meminimalisir penyebarannya. Salah satu hal yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebarannya adalah dengan melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang sudah mulai diberlakukan di Jabodetabek. Terdapat beberapa wilayah Indonesia juga yang akan mulai memberlakukan PSBB ini. Mungkin banyak yang bertanya bagaimana cara melakukan konsultasi  mengenai Corona kalau sekarang Rumah Sakit pun mulai kewalahan dengan banyaknya pasien yang terus meningkat ? Nah kalau kamu hanya "merasa" atau berasumsi terjangkit virus ini karna mengalami beberapa indikasi, lebih baik konsultasi dulu di Halodoc biar ga panik ^^


Ya, dengan banyaknya informasi mengenai Corona setiap hari tentu terkadang kita "merasa" seakan mengalami gejala yang sama. Banyak yang mulai mengeluh merasa sakit tenggorokan, batuk, pilek dan mulai panik karna takut terjangkit. Namun, mungkin saja itu hanya sugesti semata karna kita setiap hari menerima informasi yang sama terus menerus. Aku pun juga pernah mengalami hal yang sama, it's how our mind works. Jadi, daripada berasumsi yang tidak-tidak, lebih baik konsultasi dengan dokter.

Nah, kalau kamu belum berusia 60 tahun, tidak memiliki penyakit diabetes, jantung, paru-paru, atau ginjal, aku sangat merekomendasikan kamu untuk konsultasi online agar tak perlu pergi ke rumah sakit. Halodoc adalah salah satu aplikasi kesehatan yang menyediakan layanan konsultasi online seputar Corona, mungkin kamu juga sudah cukup familiar dengan aplikasi ini. Layanan ini cukup mudah digunakan dan juga memberikan harga yang sangat terjangkau bahkan FREE / GRATIS untuk konsultasi.

Oke aku sudah mencoba dan akan sedikit menjelaskan pengalamanku mengenai prosedur umum cara konsultasi dengan aplikasi Halodoc.

1. Download Aplikasi Halodoc



Aplikasi ini sudah tersedia pada Android dan iOS. Kamu tinggal download dari Play store atau App Store dengan keyword "Halodoc".

2. Sign In / Log In
Tentunya kamu harus sign in / log in dengan akun mu. Isi data-data yang dibutuhkan, atau tinggal connect dengan akun emailmu.

3. Klik Menu Periksa COVID-19



Pada bagian depan atau halaman utama aplikasi, terdapat menu Periksa COVID-19. Saat kamu klik halaman ini, kamu akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan seputar kondisi kesehatanmu.


"Apakah kamu mengalami demam dalam 14 hari terakhir ?"
"Adakah gejala batuk, pilek, atau nyeri tenggorokan?"
"Napas kamu sesak atau dada terasa berat ?"
dll.

4. Hasil

Setelah menjawab beberapa pertanyaan dengan "Ya" atau "Tidak", kamu akan mendapatkan hasilnya. Apakah kamu termasuk dalam Kategori Risiko Rendah atau Kategori Risiko Tinggi ?

- Apabila kamu termasuk dalam Kategori Risiko Rendah, kamu akan diberikan artikel bagaimana cara untuk mencegah COVID-19, dan cara social distancing yang benar. Tentunya agar kamu tetap sehat selama adanya wabah ini ^^
- Apabila kamu termasuk dalam Kategori Risiko Tinggi, kamu akan diberikan link untuk chat dokter-dokter yang tersedia di aplikasi Halodoc, dan juga link APABILA PERLU melakukan Rapid Test. Selain itu, terdapat juga artikel bagaimana isolasi mandiri di rumah yang benar menurut WHO.

5. Pilih Dokter Halodoc yang Tersedia

Apabila kamu mendapatkan kategori risiko tinggi dan ingin melakukan konsultasi dengan dokter. Kamu bisa klik link yang telah diberikan oleh Halodoc sebelumnya. Ada banyak sekali dokter yang tersedia di Halodoc, dan kamu bebas memilih. 

6. Pembayaran

Setelah klik dokter pilihanmu, kamu akan langsung menuju ke proses pembayaran. Oh ya, konsultasi ini bersifat FREE dengan kode voucher "LAWANCORONAGP" dan konsultasi dapat dilakukan selama 30 menit. Meskipun tidak ada kode voucher, kamu hanya perlu membayar Rp 15.000 loh. Sangat terjangkau kan ? Pembayarannya bisa dilakukan dengan kartu kredit maupun Gopay ^^

7. Konsultasi
Sekarang, kamu bisa konsultasi dan bertanya apapun seputar kondisimu maupun Virus Corona. Mudah sekali kan ? Bila setelah melakukan konsultasi, kamu ternyata perlu melakukan Rapid Test, kamu bisa melakukan penjadwalan pada menu "TES COVID-19", kamu bisa memilih tempat-tempat yang sudah bekerjasama dengan Halodoc. Kalau tidak perlu, kamu cukup melakukan isolasi mandiri di rumah ya ^^

------------------------------------

Nah, bagaimana ? Cukup mudah kan untuk Konsultasi di Halodoc ?
Konsultasi gratis di Halodoc ini bisa dinikmati setiap akun ya ^^

Tidak perlu semua orang datang berbondong-bondong ke rumah sakit hanya untuk konsultasi. Kita bisa bantu meringankan tugas para medis dengan hal simpel ini. Yuk, mulai pindah ke konsultasi online kalau memang gejalamu tidak terlalu parah.

Untuk kamu yang masih merasa sehat, mari bantu pemerintah untuk tetap di rumah dan tetap menjaga kesehatan. Hindari wilayah Red Zone bila tidak perlu, jaga jarak dengan orang disekitarmu kurang lebih 1 meter dan gunakan masker kain bila berpergian. Oh ya, jangan gunakan masker medis dan sarung tangan latex ya ! Biarkan barang-barang tersebut digunakan oleh para medis yang menjadi garda terdepan.

Kalau tidak dimulai dari kita, siapa lagi ?
Waspada boleh, panik jangan.
Stay Home, Stay Healthy and Stay Safe !



Post a Comment

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM)
Have a nice day ❤