Ciri Kosmetik Palsu yang Perlu Diwaspadai

February 22, 2020

credit : istockphoto.com

Memiliki kulit cantik dan sehat tentu menjadi dambaan bagi para wanita. Salah satu cara untuk mencapai itu tentu saja dengan rajin merawat kesehatan kulit dan menggunakan kosmetik. Kosmetik sendiri harganya sangat beragam, tergantung dari fungsinya dan brand yang menjualnya. Namun, dikarenakan tuntutan untuk memenuhi kebutuhan pasar, ada saja oknum yang menjual kosmetik palsu dengan harapan menjangkau pangsa pasar yang lebih banyak. Keberadaan kosmetik palsu tentu saja merugikan. Anda tidak ingin terjebak bahaya kosmetik palsu juga kan? Untuk itu, berikut ini adalah ciri kosmetik palsu:

1. Tidak memiliki izin edar resmi dari BPOM
credit : indonesia.go.id

Semua produk kosmetik yang dijual di Indonesia wajib memiliki izin edar resmi dari BPOM. Jika produk kosmetik yang akan Anda beli tidak memiliki izin edar resmi dari BPOM, maka bisa dipastikan kalau produk kosmetik tersebut adalah palsu dan berbahaya bagi Anda. Beberapa oknum bahkan memalsukan izin edar tersebut agar seolah-olah terlihat resmi dari BPOM. Anda bisa mencoba mengecek izin edar dari kosmetik yang akan Anda beli di situs resmi BPOM. Jika hasilnya tidak sesuai atau tidak ada, maka bisa dipastikan kalau kosmetik tersebut palsu.

2. Harga jual terlampau murah dari harga pasaran
credit : aiox.com

Mendapatkan kosmetik dengan harga yang murah bisa jadi malapetaka untuk Anda. Alih-alih untuk berhemat, malah bisa membahayakan kesehatan Anda. Untuk itu, Anda harus melakukan riset harga pasaran dari kosmetik yang Anda jual. Waspadai penawaran harga murah dengan embel-embel diskon dari oknum penjual kosmetik nakal. Selalu beli kosmetik di toko yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

3. Menjanjikan hasil yang instan
credit : freepik.com

Pernahkah Anda melihat penjual kosmetik di media sosial dan e-commerce berlomba-lomba memasarkan produk kosmetik mereka dengan embel-embel menjanjikan hasil yang cepat terlihat dalam beberapa kali pemakaian? Anda patut curiga, apalagi yang menjanjikan hasil dapat terlihat setelah beberapa kali pemakaian. Biasanya, kosmetik itu hasilnya dapat dirasakan dalam waktu sebulan atau lebih. Dan hasilnya dirasakan secara bertahap, tidak langsung putih dan bersih.

4. Pembungkusan tidak rapi
credit : beautypackaging.com

Jika Anda sudah terlanjur membeli kosmetik yang terindikasi palsu, coba cek bagian bungkus dari kosmetik tersebut. Jika bungkusnya cenderung tidak rapi dan asal-asalan, bisa jadi itu adalah benar kosmetik palsu.

5. Memiliki tekstur lengket seperti lem
credit : synergieskin.com

Jika Anda sudah membeli kosmetik yang dicurigai palsu, cek tekstur produknya, terutama untuk produk krim. Produk kosmetik berbentuk krim biasanya memiliki tekstur lengket yang normal dan mudah meresap ke dalam kulit. Sedangkan produk krim palsu memiliki tekstur lengket yang berlebihan, bahkan bisa disamakan dengan tingkat kelengketan lem. Saat digunakan pun, produk krim palsu cenderung tidak nyaman di kulit dan tidak dapat meresap ke dalam kulit.

6. Memiliki perbedaan warna yang mencolok
credit : google.com

Coba bandingkan produk kosmetik yang terindikasi kosmetik palsu dengan produk yang asli yang biasa Anda gunakan. Jika produk kosmetik tersebut memiliki perbedaan warna yang mencolok (entah itu terlalu pucat atau terlalu terang), maka bisa dipastikan produk kosmetik tersebut palsu. Oknum penjual kosmetik palsu biasanya menggunakan bahan pewarna yang tidak sesuai peruntukannya untuk kulit.

7. Menyebabkan iritasi saat digunakan
credit : google.com

Jika produk kosmetik yang Anda beli mengakibatkan iritasi pada kulit Anda, maka disinyalir produk kosmetik tersebut palsu. Beberapa produk kosmetik memang memiliki efek samping seperti purging. Namun, jika efek samping tersebut berkepanjangan, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan menanyakan apakah Anda harus melanjutkan penggunaan produk kosmetik tersebut atau tidak.

Kesimpulan
Itulah ciri-ciri kosmetik palsu yang perlu Anda waspadai. Untuk informasi lebih lengkap seputar ciri kosmetik palsu, silahkan kunjungi artikel CekAja.com. Dengan maraknya kasus kosmetik palsu, Anda harus semakin berhati-hati dalam membeli kosmetik. Selalu beli kosmetik asli dari masing-masing brand. Anda pun harus bersabar juga dalam membeli kosmetik asli dari brand ternama yang biasa dibanderol dengan harga mahal. Eitss tapi tunggu dulu ! Sekarang, Anda bisa membeli kosmetik dari brand ternama dengan mudah dan cepat dengan menggunakan kartu kredit. Segera ajukan kartu kredit Anda di CekAja.com! CekAja.com telah menjalin kerjasama dengan puluhan bank ternama di Indonesia. Prosesnya pun cepat dan mudah.

8 comments

  1. Yups, bener banget kak, aku pernah beli produk maskara gambarnya sih meyakinkan tapi ternyata yang datang barangnya, lengket kayak lem, warnanya hitam pekat trus baunya menyengat.. wahh nggak beres nih aku pikir, alhasil nggak aku pakai karena aku takut iritasi

    ReplyDelete
  2. Untung aku ga pernah sih. Jangan sampe deh

    ReplyDelete
  3. Sharing bermanfaat banget nih. Emang harus banget teliti ya kalo beli kosmetik. Takutnya ternyata produk abal-abal

    ReplyDelete
  4. Pernah, mungkin kadang kemasannya mirip banget sama yang asli. Dalemnya beda, baunya juga nyengat baru pake sehari udah bruntusan. Gak lagi lagi deh

    ReplyDelete
  5. Aku pernah kak beli produk palsu gitu baunya gak enak bgt dah gitu bungkusnya gak rapi

    ReplyDelete
  6. Aku dulu pernah pakai p
    roduk yang klaimnya memutihkan dan emang warnanya semencolok itu dan hasilnya seinstana itu. Tapi aku udah tobat gamau pake yg gt lagi karna takut, udah banyak baca referensi juga. Bagus di jangka sekarang gatau jangka panjangnya seperti apa:(

    ReplyDelete
  7. Bener. Sebelum kita beli produk kita hrs curigain dulu klo harga lebih murah nya kebangetan dr asli nya dan kemasannya jlk. Itu kemungkinan palsu

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM)
Have a nice day ❤