[FOOD] Dapur Amah Nyonyo - Makanan Homemade Non Halal Recommended

August 6, 2020

Berbeda dengan blogpostku biasanya yang membahas soal beauty, kali ini aku mau share review tentang makanan. Selama pandemi ini, kita memang jadi lebih banyak melakukan aktivitas di rumah. Kalau biasanya sering kulineran diluar, sekarang jadi jarang kulineran karna harus mengurangi intensitas keluar rumah. Tapi selama masa pandemi ini, banyak banget loh online shop yang jual makanan. Nah kali ini aku mau share makanan non halal di Jakarta yang wajib kamu coba ! Namanya Dapur Amah Nyonyo, penasaran ? Keep scrolling !


Dapur Amah Nyonyo ini berkonsep masakan rumahan (homemade) dengan cita rasa yang khas, dan sekarang hanya melayani pesan antar. Ada 3 menu andalan yang ditawarkan yaitu Sate Babi Manis, Babi Panggang Medan (siobak) dan Ayam Bakar Nyo Nyo. Oh ya, ketiga makanan ini fresh made ya alias selalu fresh tiap hari karna dibuat berdasarkan pesanan. Jadi ga perlu khawatir ya dengan kualitasnya, hehe.

DAPUR AMAH NYONYO

Order min. H-1
Pengiriman tiba maks 1 jam sebelum 12.00 (makan siang) / 18.00 (makan malam)
Direct WA: 083892129109
Tokopedia: jakaperkasa
Instagram : @dapuramahnyonyo

--------------

AYAM BAKAR 
(TAPI GA DIBAKAR)


Menurutku ini menu paling unik sih, karna Ayam bakar supposed to be dibakar kan ? Hahaha. Nah ternyata ayam ini beneran ga dibakar sama sekali. Mungkin memang bumbunya ayam bakar tapi masaknya diungkep ? Aku gatau sih haha.

Nah kemasan ayam bakarnya sealed gitu, dan ada sambel tentunya. Sambelnya tipe sambel terasi yang wanginya cukup strong menurutku, kalau kalian suka sambel yang wanginya "nendang", you'll love this one. Oh ya, 1 paket ini isinya ada 4 ayam yang cukup besar (2 dada, dan 2 paha).


Can you see that ? It's glistening haha. Ayam bakarnya mengkilat gitu, liatnya aja bikin laper. Nah kalau biasa bagian dada cukup seret dan agak keras, menurutku bagian dada ayam ini cukup empuk dan ga terlalu seret. Mungkin karna bumbu ayam bakarnya juga cukup rich dan meresap sampai ke dalam.

Menurutku dari segi rasa, rasa manisnya juga pas, yang pasti bumbunya enak banget. Apalagi dibumbunya ada sentuhan jeruk limo yang bikin ayam bakarnya jadi wangi dan agak sedikit acidic. Rasanya jadi lebih balance dan ga cuma sekedar manis aja hehe.

Nah yang membedakan sama ayam bakar (yang dibakar) mungkin dari teksturnya ya. Kalau yang dibakar kan biasanya ada sedikit tekstur dari bagian yang gosong itu, nah kalau ini memang tipenya  ayam yang agak lembut. But it tasted really good

Tips !
Makan selagi masih hangat pakai nasi uduk + lalapan makin enak !

Harga : IDR 75.000 / pack (4 pcs)

--------------

BABI PANGGANG
(SIOBAK)


Next, kita beralih ke makanan non halal. Dapur Amah Nyo Nyo juga menyediakan babi panggang / siobak yang biasa kita temukan di nasi campur. Kemasannya sendiri sealed dan terdapat container yang tahan microwave. Ga lupa juga ada pelengkap seperti sambal dan bumbunya.


Babi panggang ini terdiri dari 2 ukuran, yaitu 1/4 kg dan 1/2 kg. Umumnya siobak ini disediakan dalam bentuk tidak terpotong alias utuh, agar kegaringan kulitnya tetap terjaga. Namun untuk kalian yang berada di daerah Jakarta dan ingin request siobak dalam bentuk potongan, bisa banget loh hehe.


Babi panggang ini menggunakan samcan / pork belly yang menurutku bagian daging yang kaya akan rasa. Tesktur yang juicy dengan bumbu khas Amah Nyo Nyo ini membuat siobaknya berbeda dari siobak yang biasa aku makan. Bumbunya meresap banget dan dagingnya ga keras sama sekali !


Kulitnya yang garing juga membuat siobak ini makin nikmat, jadi aku memang lebih menyarankan untuk dimakan langsung. Tapi kalau kalian mau simpan dulu dan ternyata kulitnya udah ga garing, kalian bisa panasin lagi menggunakan teflon. Pastikan kulitnya menyentuh teflon dan ditekan ya biar garing lagi hihi. 

Aku suka rasanya yang gurih dengan berbagai tekstur di mulut, crunchy, juicy dan lembut. Tinggal ditambah nasi hangat, bumbu dan sambelnya, rasanya jadi makin perfect. Oh ya, dibikin ala rice bowl juga enak loh, tinggal taruh siobak diatas nasi dan diguyur bumbunya hihi.

Tips !
Lebih enak dimakan saat kulit masih garing.

Harga :
IDR 120.000 (1/4 kg)
IDR 215.000 (1/2 kg)

--------------

SATE BABI MANIS


Last but not the least, Dapur Amah Nyo Nyo juga menyediakan sate babi manis. Sate babi ini dikemas dalam plastik sealed juga ya, seperti makanan sebelumnya. Jadi ga perlu khawatir soal kehigenisannya. Isi 1 pak ini terdiri dari 10 pcs Sate Babi.


Nah kalau kata orang-orang save the best for last, dan bisa dibilang ini adalah menu favorit aku dari Dapur Amah Nyo Nyo. Wanginya sih juara, pas plastiknya dibuka, wanginya langsung semerbak. Kecium wangi manis dengan bumbu-bumbu andalan khas Amah Nyo Nyo yang bikin laper.


Biasanya aku sering nemu sate babi yang dagingnya keras, but not for this one. Dagingnya juicy dan lembut banget. Meskipun tidak ada teman pendamping seperti sambel dll, menurutku rasanya tetap stand out. Rasa manisnya pas banget dan kaya akan bumbu-bumbu lain yang bikin sate babi ini jadi tambah enak.


Oh ya, yang aku bingung meskipun disimpan di kulkas dan diangetin pakai microwave, sate babinya tetep enak banget. Rasa dan teksturnya tetap sama, ga akan jadi keras atau semacamnya. Jadi kalau mau disimpen dan dimakan buat nanti-nanti juga masih bisa. Recommended banget !

Harga : IDR 70.000 / 1 pack (10 pcs)

--------------

CARA PENYIMPANAN


Baik disimpan dalam :
Suhu ruang selama 2-3 hari
Kulkas bawah selama 3-5 hari
Freezer >5 hari

--------------


Nah kira-kira itu aja yang bisa aku share di post kali ini.
Menurutku makanan homemade non halal ini wajib coba banget !
Kalian penasaran mau coba yang mana nih ?
Share yuk di kolom komen !




1 comment

  1. Fotonya selalu bagus ci, bikin makin pengen makannya XD

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM)
Have a nice day ❤