Membuka Rekening Emas di Pegadaian Digital, Ternyata Mudah Loh !

June 6, 2021


Dengan perkembangan jaman yang semakin maju, informasi mengenai investasi bisa didapatkan dengan sangat mudah. Tidak hanya pengetahuan / ilmu tentang investasi saja, sekarang berinvestasipun bisa dilakukan secara online dan cepat. Para milenial, karyawan, ibu rumah tangga bahkan siapapun bisa mulai berinvestasi. Salah satu investasi yang menurutku risikonya cukup rendah adalah Emas. Emas ini dikategorikan sebagai investasi jangka panjang dan cocok banget untuk orang yang baru mau mulai investasi. Nah kali ini aku mau share pengalaman aku membuka rekening emas melalui Pegadaian Digital. Penasaran ? Keep scrolling !


Apa itu Tabungan Emas Pegadaian ?



Mungkin kalian sudah kenal / gak asing dengan Pegadaian. Pegadaian adalah perusahaan BUMN yang meminjamkan uang dengan menerima barang / gadai.  Nah salah satu layanan dari Pegadaian adalah Tabungan Emas, dimana kita bisa melakukan investasi emas secara mudah, aman dan tentunya terpercaya.

Tabungan Emas Pegadaian ini bisa kita beli melalui outlet Pegadaian maupun aplikasi Pegadaian Digital. Namun, meskipun kita membeli emas ini melalui online / aplikasi, emas yang kita beli melalui Pegadaian terdapat emas dalam bentuk fisik yang tersimpan di Pegadaian.






Selain mudah, Tabungan Emas Pegadaian ini memiliki fitur dan keunggulan yang cukup menarik, dimana emas yang kita beli memiliki jaminan emas 24 karat, dan bisa dibeli mulai dari 0.05 gr atau kurang lebih sekitar Rp 45.000an (per 1 Juni 2021).

Selain itu, biaya pengelolaan rekening Tabungan Emas Pegadaian ini juga sangat ringan yaitu hanya Rp 30.000 / tahun. Oh ya, kalau kita baru membuka rekening melalui Pegadaian Digital, kita mendapatkan gratis biaya pengelolaan rekening untuk 1 tahun pertama loh !

Keunggulan yang ga kalah penting, Tabungan Emas Pegadaian ini mudah dicairkan, dan bisa ditransfer ke rekening Tabungan Emas lain. Bahkan, emasnya juga bisa dicetak fisik menjadi emas batangan bersertifikat mulai dari 1 gram (apabila sudah upgrade menjadi akun premium).

Apakah cuma itu ? Enggak !
Ternyata Tabungan Emas Pegadaian ini juga bisa digadaikan melalui aplikasi Pegadaian Digital. Setelah digadaikan, uang pinjaman akan langsung ditransfer ke rekening bank yang didaftarkan. Bahkan, Tabungan Emas ini juga bisa dijadikan jaminan pembiayaan Haji di Pegadaian atau untuk mencicil perhiasaan di merchant toko yang bekerjasama di Pegadaian.

Cara Membuka Rekening Emas






Ada 2 cara membuka rekening Emas yaitu bisa melalui Outlet Pegadaian atau bisa juga lewat aplikasi Pegadaian Digital.

CARA MEMBUKA TABUNGAN EMAS DI OUTLET PEGADAIAN
1. Nasabah mengisi formulir dan melampirkan fotokopi kartu identitas.
2. Nasabah membayar biaya admin Rp 10.000, biaya pengelolaan rekening Rp 30.000 dan materai
3. Nasabah membeli emas batangan dengan berat minimal 0.01 gram
4. Nasabah mendapatkan buku tabungan emas

Nah itulah cara membuka tabungan emas apabila kamu bisa datang ke Outlet Pegadaian langsung. Namun, kalau kamu belum ada waktu untuk datang ke Outlet Pegadaian terdekat, bisa coba registrasi melalui aplikasi Pegadaian Digital kayak aku.

CARA MEMBUKA TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN DIGITAL



1. Download aplikasi Pegadaian Digital di Playstore / Appstore.
2. Klik Registasi yang tersedia pada halaman awal. Kemudian Registrasi dan Verifikasi Email yang terdaftar.


3. Setelah log in, Klik "BUKA TABUNGAN EMAS" pada beranda dan isi data diri sesuai dengan form yang tersedia.
4. Pilih lokasi Outlet Pegadaian terdekat sebagai lokasi pembukaan rekening.
5. Kemudian akan muncul rincian administrasi, yaitu Rp 50.000 yang nantinya akan dikonversi menjadi berat emas sesuai harga emas pada hari itu.




6. Pilih metode pembayaran yang berlaku. Ada 2 macam pembayaran yaitu G-Cash dan Virtual Account dari bank BNI, BRI, BCA, Mandiri, Permata, dan Maybank. Oh ya, kalau pakai Virtual Account ada tambahan biaya Rp 2.500,- ya.

7. Jangan lupa bayar biaya registrasinya ya!

8. Done ! Data rekening emas akan muncul di aplikasi. Selanjutnya, jangan lupa untuk ambil buku tabungannya di Outlet Pegadaian yang kamu pilih tadi ya ^^
.
---



Gimana ? Gampang banget kan buka rekeningnya ? Pembuatannya juga cukup pakai aplikasi, ga sampai 10 menit dan tentunya bisa dilakukan dimana aja, hihi.  Oh ya, cara beli dan jual emasnya juga gampang banget loh. Aku yakin kalau kalian download aplikasinya pasti ga akan bingung, karnaaplikasi Pegadaian Digital ini menurutku user friendly banget.

Overall, buat kalian yang mau nabung atau ingin mencoba investasi jangka panjang yang resikonya cukup minim, bisa mulai coba dengan tabungan Emas di Pegadaian. Selain pembuatan rekening emas yang simpel, hasilnya juga cepet banget loh ! Jadi, yuk mulai nabung dari sekarang ^^

[Project from : @Clozetteid x @SahabatPegadaian]




18 comments

  1. Yeayyy
    Aku udah punya rekening dooong ^^

    So far baru beberapa gram emas sih
    Hopefully kedepannya saldo ku cukup untuk beli dan nyimpen lebih banyak emas lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lumayan, semoga bisa makin rutin nabungnya kalau online gini hehe

      Delete
  2. Aku udh pake setahun ini, tp klo di pegadaian fungsinya lebih sebagai lindung nilai sih klo buatku. Biar lebih aman dari inflasi, jadi emang g niat buat dicetak jd emas batangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, emas salah satu cara untuk melindungi uang dari inflasi hehe

      Delete
  3. Papahku nih udah nabung di Pagadaian, aku belum hehehe :) Ternayta ada 2 pilihan ya dengan cara datang langsung ke outlet dan secara digital bisa di mana aja dan kapan aja praktis. Ga mesti langsung besar nabungnya nih asiiik. Ceki2 ah, menarik nih.

    ReplyDelete
  4. enak punya tabungan emas, harganya kan bisa ikut harga inflasi, hehe. Dulu sempet kepikiran buat bikin, eh belum jadi sampe sekrg, makasih udah diingetin lg mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, simpel juga kok bikinnya. Bisa dimana aja dan kapan aja hihi

      Delete
  5. Wahhhh, beberapa kali kepikiran buka rekening emas ini. Cuma belum terlaksana. Kalau sistemnya begini lebih aman dan juga aman ya. Selain lebih praktis juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, praktis banget buat yang susah keluar rumah hehe

      Delete
  6. Wow ini kereeeen
    Aku baru tahu lho ternyata gak susah ya prosesnya
    Dari dulu aku penasaran sama rekening emas di pegadaian kayak gini
    Terimakasih udah nulisin secara lengkap ya, cuss buka rekening juga ah

    ReplyDelete
  7. Aku sudah daftar mbak, hehehe, bagus banget memang akhirnya bisa nabung emas dikit-dikit semoga jadi bukit

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, dikit" nanti jadi banyak, yang penting rutin haha

      Delete
  8. Aku jugabsudah buka kak. Beralih dari yang offline ke online karena lebih gampang dan simpel banget tanpa pake repot sih

    ReplyDelete
  9. Sudah punya akun tabungan emas sejak beberapa bulan yang lalu, meski baru sedikit tapi perlahan terus nabung. Niatnya sih untuk tabungan jangka panjang dan keadaan darurat, dan Karena sudah bisa diakses secara online tabungan Emas jadi bisa ditabung dan ditarik kapan saja dalam waktu cepat tanpa perlu datang ke outlet atau menunggu beberapa saat....

    ReplyDelete
  10. saya rasa model tabungan emas seperti ini yang benar-benar menjanjikan apalagi harganya hampir tiap tahun selalu mengalami kenaikan. Jadi, gak bakal rugi nabungnya

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤