Macam Macam Merk Gitar Akustik Yang Sering Digunakan Gitaris Ternama

February 23, 2020

Credit : Pinterest

Macam Macam merk gitar akustik yang ada di Indonesia tentunya sangatlah banyak. Mulai dari merek asal China sampai merk merk keluaran Amerika, semua ada di Indonesia. Gitar sendiri di percaya sudah ada sejak tahun 1500 Setelah Masehi. Alat musik klasik yang berasal dari Persia ini memiliki sebuah ciri khas yang menonjol jika dibandingkan dengan alat musik lain. 

Dalam pembahasan kali ini kamu akan memberikan kamu informasi tentang gitar apa sajasih yang sering digunakan oleh para musisi lokal maupun manca negara. Tentunya infomasi ini bisa dijadikan refrensi untuk kamu yang sedang mencari gitar untuk kebutuhan professional, harga gitar yang kamu refrensikan disini ada yang terjangkau hingga lumayan menguras dompetmu.

Yamaha Acoustic Electric Mini APXT2
Credit : kidguitarist

Yamaha Acoustic Electric Mini APXT2 ini memiliki bentuk yang berbeda dari gitar standar lainnya, yaitu berdimensi agak kecil. Secara penggunaan sebenarnya gitar akustik Yamaha Mini APXT2 mirip dengan gitar akustik Yamaha yang lainnya, tetapi kelebihannya salah satunya mudah untuk dibawa berpergian sangat cocok untuk jalan jalan roadshow ke berbagai kota.

Yamaha Mini APXT2 sudah dilengkapi dengan sistem pickup ART dan active preamp yang bisa mengubah suara gitar menjadi lebih natural atau alami meski sedang menancap di amplifier. 
Gitar Yamaha ini akan merogoh isi dompetmu sebesar 2 jutaan jikan kamu berniat untuk meminangnya.

Gibson Acoustic Steel String Guitar YH-36C
Credit : Google

Gitar Gibson Acoustic Steel String Guitar YH-36C merupakan Gitar akustik keluaran Gibson. Kelebihan dari Gibson YH-36C ini adalah mempunyai strap di bagian gitarnya, jadi kamu tidak perlu lagi memainkan gitar akustik sambil berdiri. Walaupun strap ini bisa dipasang di setiap gitar akustik, namun jika tidak teliti dalam pemasangan strap pada gitar maka bisa mengubah suara yang dikeluarkan dari gitar akustik tersebut. Tidak seperti Strap di Gibson YH-36C ini berada di setiap ujung gitar yang sudah built in dirancang langsung dari sananya (bukan opsi tambahan)

Berharga cukup murah dan cocok untuk pemula, harga Gibson Acoustic Steel String Guitar YH-36C berada di kisaran harga 600 ribu sampai 700 ribu rupiah di pasaran. Dari segi bentuk, gitar akustik ini berbentuk standar dengan ukuran lumayan besar.

Cort Acoustic Electric Guitar SFX-ME-OP
credit : galerimusikindonesia

Ada dua jenis gitar akustik yang beredar di pasaran, pertama gitar akustik klasik dan kedua gitar akustik elektrik. Untuk akustik klasik tidak  mempunyai colokan ke speaker, sedangkan untuk gitar akustik elektrik bisa disambungkan ke speaker, cocok untuk kamu yang sering tampil live. 

Cort Acoustic Electric Guitar ini bisa jadi alternatif lain karena memiliki kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi. Pada bagian body, gitar ini menggunakan kayu spruce dan di bagian belakang dan fingerboard menggunakan kayu mahoni. Penggunaan kayu spruce ini juga untuk menekan gangguan suara yang dikeluarkan oleh senar. mereka meng klaim bahwa kayu spruce ini disebut lebih bagus daripada kayu  basswood.

Harga dari Cort Acoustic Electric Guitar SFX-ME-OP ini terbilang mahal. Mulai 2,7 juta rupiah sampai 3 juta rupiah harga dipasarannya saat ini.

Fender Sonora SCE
credit : google

Gitar akustik Fender Sonora SCE ini memiliki bahan di bodynya yang terbuat dari kayu pohon cemara yang padat. pada bagian sisi sisinya dilaminasi oleh kayu mahoni yang sangat kuat dan berkualitas untuk sebuah kayu yang digunakan gitar akustik. 

Untuk fingerboard nya sendiri juga menggunakan material yang bukan sembarangan. Terbuat dari kayu rosewood yang terdiri 20 fret dengan gigi X bracing. Dengan begitu, output suara yang dihasilkan sangat cocok untuk musik fusion seperti blues, jazz, pop, dan juga country.

Fender Sonora ini memiliki Headstock Fender Stratocaster keluaran Fender yang dikenal sangat perfeksionis dalam menciptakan sebuah produk. Beberapa orang bahkan ada yang menyebut gitar akustik ini bisa menyesuaikan nada setiap kali pemilihan genre yang akan dimainkan.

Harga untuk Fender Sonora SCE ini berkisar diatas 5 juta rupiah. Dengan harga segitu tentunya pastikan sudah mampu menghasilkan rupiah dari genjrengan gitarmu.

5 comments

  1. Kakak bisa maen gitar? Kapan"share ig dong kakk hehehe

    ReplyDelete
  2. Pengin belajar gitar dari dulu. Tapi sekarang berasa udah gak punya waktu

    ReplyDelete
  3. Aku noob banget main gitar TT susah sih buat jari tangan aku yang pendek gitu:(

    ReplyDelete
  4. Aku punya gitar satu dirumah jarang dipake karna jariku terlalu kecil buat metiknya, kalau ada referensi ukulele boleh dishare ya karna aku lg nyari jenis yg bagus hihi

    ReplyDelete
  5. Aku make gitar yamaha. Hehehe. Tp yg akustik. Klo yg elektrik aku blm bisa dan harga gitarnya mahal bgt

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM).
Don't forget to use google account ^^
Have a nice day ❤