[CurNat #3] My Acne Story Ep. 1 - Gimana Sih Caranya Menghilangkan Jerawat ?

by - Saturday, July 20, 2019

Hai ! Welcome to my dreamland.
Selamat datang buat kalian yang baru pertama kali mampir di sprinkleofrain.com, kenalin namaku Natasha (@nata.hsu), semoga kalian betah baca tulisanku ini ^^


Oke, sesuai judulnya, aku akan sharing tentang pengalamanku mengenai jerawat. Buat kalian yang udah follow Instagramku atau sering baca post di blog ini, mungkin udah tau ya kalau jenis kulitku itu berminyak. Namun tahun kemaren bisa dibilang tahun yang terberat untukku, karna pertama kalinya aku merasa berjerawat PARAH. Tahun lalu adalah masa-masa dimana aku skripsian, dan tentunya menyelesaikan segala deadline blog yang ada. Makanya agak cukup stres karna banyak pikiran dan banyak hal yang harus dikerjakan. Belum lagi faktor-faktor lain yang membuat jerawatku "mengganas". Nah penasaran gimana cerita lengkap dan cara aku menangani jerawat ? Keep scrolling !


Kisah ini sebenarnya berawal dari hal yang simpel, yaitu "beruntusan". Waktu itu pipi sebelah kananku beruntusan kecil-kecil dan banyak banget. Kebetulan aku masih ada fotonya juga, jadi kalian bisa lihat. Aku ingat banget, aku berusaha pakai segala jenis skincare untuk ngilangin beruntusannya. Akhirnya aku berhasil dan kulit jadi mulus lagi. Eitss, ternyata tidak sampai disitu, setelah mulus kembali, tiba-tiba datanglah segerombolan jerawat di pipi sebelah kanan. Aku gatau persis apa penyebabnya, tapi awalnya memang ga terlalu banyak.

Nah tipe jerawatku itu tipe yang jerawat komedo / whitehead gitu. Dimana isinya itu adalah komedo, jadi kalau dipencet ya bentuknya padet gitu bukan nanah. Kesalahanku yang pertama  adalah "MEMENCET JERAWAT", percayalah padaku, kalau kalian suka memencet jerawat, sekarang tolong hentikan ya. Sebelum menyesal ! Kenapa sih ga boleh dipencet ? Karna dia bikin bekas jerawatnya semakin menghitam. Yes it's true, babe. Believe me.

Aku pencet 1, timbul lagi ditempat lain. Terus kalau ada event, biasanya aku pengen teksur kulit yang rata biar make upnya keliatan oke, akhirnya ku pencet lagi jerawatnya. Pikirku saat itu "toh bekasnya bisa ditutupin pakai make up kok, yang penting kulitnya rata". Kesalahan kedua adalah "MAKE UP TIDAK MENYELESAIKAN MASALAH", justru bisa memperparah jerawatnya. Apalagi kalau habis dipencet, kulitnya kebuka kan. Ewh. Tentunya jerawat jadi beranak pinak.

Aku lakukan itu terus-menerus, sampai ga sadar kalau ternyata jerawatnya makin parah dan meninggalkan bekas yang sangat hitam. Belum lagi ditambah penampakkan jerawatnya yang merah-merah dan banyak. Saat itu banyak banget yang bilang ke aku ...


Jujur sebenarnya ini bikin sakit hati banget loh. Haha. I mean, having acne is normal. Kita yang jerawatan juga sudah berupaya semaksimal mungkin untuk "ngebenerin muka". Tapi dengan enaknya mereka bilang kalau kita kebanyakan pake ini itu lah, dibilang ga merawat diri lah, tanpa tau perjuangan kita kayak gimana. Yes, they easily judge you. But, I want to tell you that you're not alone.

Aku tuh sampai dibilang jangan pakai sabun cuci muka, karna bikin kulit tipis, jangan pakai yang aneh" dan bahkan disuruh stop jadi blogger karna mereka menganggap aku sebagai "kelinci percobaan". But I'm just doing what I love, is it wrong ?

Oh ya guys, tolong. Kalau kulit teman kalian berjerawat, gausah ngomong yang jahat-jahat ke temen kalian. Seriusan deh, omongan kalian gabikin jerawatnya sembuh. Justru omongan jahat bisa bikin temen kalian stres, dan jerawatnya malah makin banyak. Jadi, stop ya ! Gausah basa basi tapi nyakitin.
-----------------------------

Oke, sebenernya memang salahku sih, I knew it. Aku gabisa menangani jerawatku dengan benar. Aku pakai produk yang ternyata ga cocok untuk kulit berjerawat, aku juga pakai scrub terus menerus sampai over-exfoliate. Saat itu aku berpikir "ah pakai peeling pad aja, biar jerawatnya amblas, bakterinya hilang dan bekas jerawatnya memudar". Aku pakai peeling pad hampir setiap hari karna  sejujurnya aku sempat hopeless liat muka ku, and wow, it's getting worst ! lol. Jangan mengikuti kebodohanku ini ya guys. Cukup aku saja, dan inilah alasan kenapa aku pengen bikin blogpost ini, agar kalian bisa aware dan lebih tau apa yang harus dilakukan.

-----------------------------

Let's start the story ~


Seperti yang aku bilang, awalnya kayak beruntusan gitu, aku inget banget itu mulai di April. Terus,  muncul jerawat perlahan-lahan dan tiba-tiba banyak. Nah karna aku terus-terusan pencet, akhirnya jadi bekas jerawat yang menghitam. Seriusan itu gengges banget guys :') Sebenernya ga banyak-banyak amat, tapi karna penanganannya salah, jadi makin banyak deh.

Dulu aku sering bilang "ga kok, ga parah" disaat orang-orang bilang jerawatku parah. Dan hari ini, saat aku nulis post ini. Aku ga paham kenapa aku bilang ga parah hahahaha. Apakah aku sudah buta karna membela diri ? XD

Di bulan ini aku sempat ganti-ganti skincare untuk keperluan review, dan kebetulan aku sempat mencoba produk yang terbuat dari Caviar. Disini aku sempat ngobrol sama brand tersebut mengenai kondisi kulitku, dan ternyata aku gaboleh pakai bahan itu karna Caviar Gold merangsang collagen. Which is, bisa memperparah inflamasi kulitku. So, aku stop dan lanjut pakai produk ini :


Aku inget banget disini aku pakai beberapa produk, yaitu :
1. Benton - Dear My Best Friend Bar
Produk ini bentuknya kayak sabun batang, dan bisa dipakai untuk wajah. Soap bar ini cocok banget untuk kulit yang berjerawat. Nah aku punya produk ini karna dapat hadiah dari Benton, dan kebetulan belum pernah dipakai, akhirnya aku memutuskan untuk mencoba sabun ini. Yes, bikin jerawat cepat kering ternyata hihi.

2. Benton - Aloe Propolis Soothing Gel
Saat aku jerawatan, rata-rata semua produk skincare yang aku coba itu bikin kulit perih huhu. Tapi ternyata produk ini engga sama sekali. Kulit jadi moisturize, dan soothing jerawat banget. Memang ga terlalu cepat hasilnya. Tapi menurutku, selama ada moisturizer, barrier kulit bisa lebih kuat. Apalagi kulitku sempat tipis banget karna over-exfoliate.

3. Sariayu - Intensive Acne Care
Nah ini obat totol yang aku pakai, selain karna mudah di dapatkan, produk ini juga affordable banget. Cukup dengan 20rban saja loh ! Btw, produk ini menurutku cukup oke sih, aku suka banget pakai ini. Ga cuma ngeringin jerawat, produk ini bisa "menutupi" bekas jerawatku yang hitam. Jadi aku bisa men-sugesti diri kalau bekas jerawatku hilang hahahaha. Sad, but true. Aku lebih suka nutupin pake acne spot daripada liat muka ku item" semua. Sayangnya, produk ini bikin kulit kering, jadi kadang bikin kulit terkelupas (?) Tapi bekas jerawatnya yang item kadang suka terkelupas juga, gitu deh pokoknya. Hahaha.

4. Mustika Ratu - Indah Warni
Ini adalah salah satu masker yang aku iseng beli waktu main ke supermarket. Aku suka banget masker MR yang bengkoang, nah karna lagi jerawatan akhirnya aku mencoba ini. Dia wanginya rempah banget gitu loh, tipikal wangi masker natural. But somehow aku lebih berani buat pakai yang begini. Ini salah satu penyelamat juga sih waktu aku jerawatan. Highly recommend untuk kamu yang nyari masker jerawat murah ! Harga sekitar 8~10rban ^^

5. Sariayu - Masker Jerawat
Ga cuma MR, tapi Sariayu juga ada masker jerawatnya. Nah ini juga aku rekomen banget karna hasilnya cukup oke dan cepat. Apalagi aku juga suka Intensive Acne Carenya, hihi. Aku udah lupa rasanya pakai produk ini gimana, tapi dulu aku suka banget dan sering repurchase. Harganya juga murah kok, sekitar 14rban kalau di official store. Tapi bisa dipakai beberapa kali ^^


Disini kalian bisa lihat kalau jerawatnya sedikit memudar. Tapi sebenernya aslinya, ini masih hitam banget. Bahkan aku pakai concealer dan foundation pun, bekas jerawatnya ga nutup semua. Iya sehitam itu, ini karna kamera ku jelek jadi ga terlalu detail fotonya hehe.


Sebenernya aku masih pakai skincare yang aku share di bulan Mei 2018, tapi aku nambah produk-produk ini. Disini aku mulai pakai Laneige Tone Up Cream untuk mengurangi PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation) atau bekas jerawat yang menghitam.  Ga cuma untuk mengurangi PIH, aku pakai ini juga untuk menutupi bekas jerawatnya agar tidak terlalu hitam. Again, untuk sugesti kalau bekas jerawatku sudah memudar. Cara ini beneran ampuh loh guys, karna otak itu kan mengatur semuanya. Kalau kamu percaya bekas jerawatnya memudar, yaaa bakal lebih cepat memudar hihi (meskipun masih banyak banget bekas jerawatnya). Aku udah pernah review ini di blogku, monggo bisa di cek.


Masker Thurganic juga membantu banget, aku sangat sangat suka masker CHAIRO, kalian wajib coba. Ini aku beli sendiri ya, karna penasaran banyak yang bilang bagus hehe. Dia bantu banget untuk mengurangi bekas jerawatnya, sedangkan MIDORI yang green tea lebih ngaruh untuk jerawatnya ^^. Harganya affordable banget loh, dan bisa berkali-kali pakai.

Terakhir, aku juga pakai hatomugi yang bantu memperbaiki tekstur kulitku. Aku suka pakai ini sebagai toner atau masker. Biasanya aku pakai compressed mask biar lebih praktis. Aku juga sudah pernah share reviewnya ya. hihi.


Selain itu, aku juga sering kompres jerawatku pakai Viva Rose Water, menurutku, rose water ini bisa banget untuk soothing jerawatku. Caranya gampang, tinggal tuang ke kapas dan templokin di jerawat hahhaa. Aku juga sering pakai ini sebagai campuran masker Thurganic. Harganya sih 6rban, tapi menurutku ini fav banget. Sudah berkali-kali repurchase hihi. Tidak direkomendasikan untuk kalian yang sensitif dengan alkohol ya.


Oke, di bulan Juli 2018, aku inget banget ditawarin Naruko untuk cobain produk mereka yang seri Tea Tree. Jujur, aku penasaran banget untuk cobain brand ini, karna aku sempet baca reviewnya kalau Naruko bagus banget. Akhirnya aku mencoba produk mereka yang terdiri dari cleanser, toner, sheet mask, blemish corrector, dan night gelly. Aku mulai cobain produk ini dari awal bulan Juli.


Kalian bisa lihat ya itu wajahku bekas jerawatnya memudar cukup signifikan pada bagian rahang. Jujur, aku amaze banget sama hasilnya, karna cuma 1 bulan tapi hasilnya cukup terlihat. Aku udah berkali-kali repurchase cleansernya, dan uniknya bisa dijadiin sebagai clay mask juga. Kalau ada yang nanya aku produk apa yang bagus untuk jerawat dan bekasnya, salah satu produk yang aku akan selalu rekomen adalah Naruko. Karna Naruko memang memberikan hasil nyata buatku. Highly recommended !

Aku udah pernah bahas secara lengkap mengenai review produk Naruko Tea Tree di blog, kindly check ya ^^


Selain itu, di bulan ini aku juga mecoba produk dari Lacoco Indonesia. Aku suka banget maskernya karna bikin jerawat lebih cepat kering. Kulit juga terasa lebih bersih hihi. Tapi yang paling aku suka adalah aloe vera soothing mist nya. Biasanya aku pakai sebagai cleanser di pagi hari, hasilnya kulit jadi jauh lebih lembut, dan tekstur kulit jadi lebih rata ^^



Nah disini aku juga masih pakai Naruko, namun kalau ada review skincare, aku bakal cobain skincare baru dulu. Terus balik lagi ke Naruko karna memang Naruko yang paling cocok untuk jerawat dan bekasnya. Seperti yang kalian lihat, di hari-hari terakhir bulan Agustus, bekas jerawatku semakin memudar dibandingkan bulan sebelumnya :)


Nah disamping Naruko dan beberapa produk lain yang aku coba, di bulan Agustus ini aku mencoba Benton Snail Bee Ultimate Serum, produk ini bisa banget membantu memperbaiki tekstur kulit agar lebih rata, lembut, glowing dan supple. Bikin kulit jadi kelihatan lebih sehat hihi. Aku juga udah pernah review ini di blog, bisa langsung search ya hehe.

Oh ya, aku juga mencoba The Body Heart Feel Free Face Mask varian yang green tea. Mungkin kalian cukup familiar dengan bahan "green tea", bahan ini cocok banget untuk menenangkan jerawat / kulit yang iritasi. Aku rekomen produk ini karna bahannya fresh, bahkan wanginya beneran kayak teh yang masih segar gitu hihi.

Terakhir, ini adalah produk yang aku dapat dari temanku di Australia. Salah satu alat yang bikin aku amaze banget, yaitu Neutrogena Light Therapy Acne Mask. Masker ini tuh menarik banget, karna bukan seperti masker pada umumnya. Produk ini bentuknya kayak topeng gitu, 1 siklusnya bisa digunakan sebanyak 30 kali, jadi kalau sudah 30 kali, kita harus ganti activatornya. Masker ini mengeluarkan cahaya ya, ada yang biru dan merah, gunanya untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan memudarkan bekasnya.  1x pakai sekitar 10 menit dan produk akan mati otomatis apabila sudah selesai. Aku juga rekomen banget untuk kalian yang berjerawat. A lil' bit pricey memang tapi menurutku cukup worth it :D

(to be continue ....)
----------------------------------------------------------------

[OUT OF THE RECORD]


Seperti yang sempat aku bilang diatas, your brain controls everything.
So believe me, disaat kamu mencoba "berbahagia", itu juga akan ngefek ke kulit hihi.
Aku selalu pasang mindset "Hati yang gembira adalah obat"
Obat jerawat misalnya HAHA.
but surprisingly, it works !

So, yeah.
Be happy, have a joyfull heart and see you on the next episode of My Acne Story ^^

You May Also Like

1 comments

  1. Than you Naat ceritanya. Aku kadang juga stres kalo tiba tiba muncul jerawat Whitehead 😔 tapi dari blogpost ini aku percaya setiap yang berjerawat akan sembuh asal mau berjuang :') thanks rekomennya. Ditunggu kelanjutannya

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM)
Have a nice day ❤

Instagram