[NgopCan#4] Pentingkah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia untuk Beauty Blogger ?

by - Thursday, January 18, 2018

Hai ! Welcome back to my blog ^^
Jadi seperti judulnya, aku akan sharing hasil Ngopi Cantik Beautiesquad #4 yang membahas Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Nah karna Beautiesquad adalah komunitas Beauty Blogger, jadi tentunya materi agak sedikit lebih mengarah ke seputar beauty blog.




Ngopi Cantik Beautiesquad #4 berlangsung pada hari Sabtu, 13 Januari 2018 dengan Teh Langit Amaravati sebagai pematerinya. Beliau merupakan seorang cerpenis, blogger dan desainer. Acara ini membahas seberapa penting PUEBI bagi beauty blogger, dan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh blogger dalam menulis sebuah konten. Tentunya materi ini membuat aku lebih memperhatikan tata bahasa, kalau kalian baca post-post ku sebelumnya, mungkin masih ada kata-kata yang disingkat, atau mungkin bahasanya ga sesuai dengan PUEBI. Tapi tentunya aku akan memperbaiki tulisanku kedepannya (maafkan aku yang dulu ya) hahaha. Oke, sekarang aku akan bahas materi PUEBI ^^




EJAAN
Apa itu ejaan?
Yang dimaksud ejaan di sini adalah kaidah penggunaan bahasa Indonesia, tanda baca, dan tata bahasa lainnya. Ejaan merujuk kepada dua “kitab suci”, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Karena bahasa bersifat dinamis, kedua kitab suci ini sesekali mengalami revisi. Yang terbaru adalah KBBI dan PUEBI 2016.

 GAYA BERTUTUR


Jadi apa sih gaya bertutur itu? Sederhananya, gaya bertutur adalah gaya kita menyampaikan sebuah topik baik itu cerita, opini, berita dan sebagainya. Seni menyampaikannya itulah yang disebut gaya bertutur. Santai, serius, humoris, adalah label yang biasa disematkan pada gaya bertutur tersebut. (Novia Syahidah)

Contoh:
Blogger A menyebut dirinya dengan “saya” dan pembacanya dengan panggilan “Anda”, sedangkan blogger B menyebut dirinya “aku” dan memanggil pembacanya dengan “kamu”. Nah, inilah yang disebut gaya bertutur.

PENTINGKAH TATA BAHASA UNTUK BLOGGER?
  

Oke, mari membahas topik utama pada materi ini. Jadi sebenernya penting ga sih Tata Bahasa atau PUEBI untuk blogger ? Jawabannya adalah IYA !
Karena blogger adalah penulis dan seorang penulis yang baik tentu harus peduli dengan teknis penulisan. Naif kalau ada yang bilang bahwa blogger tak harus paham ejaan.


APA PENTINGNYA MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BENAR?
  1. Kredibilitas si blogger itu sendiri. Termasuk kaitannya dengan personal branding. 
  2. Pagerank. Google dalam quality guidelines-nya mengatakan bahwa salah satu faktor yang menentukan peringkat sebuah situs web adalah kualitas tulisan. Di antaranya: ejaan/tata bahasa dan minim typo. Sehingga, kalau blogpostnya banyak kata-kata yang disingkat, tentunya akan mempengaruhi kualitas tulisan dan pagerank.
  3. SEO. Meski mesin pencari sudah sedemikian pintar sehingga bisa menafsirkan bahkan keyword dan meta description yang salah eja, namun jika ada dua artikel yang membahas topik yang sama, maka yang akan DIPRIORITASKAN untuk tampil di hasil pencarian adalah yang tata bahasanya lebih benar
  4. Pembaca. Dilihat dari sisi pembaca, apalagi jika pembacanya paham ejaan, membaca artikel yang serampangan itu membuat malas,
  5. Monetisasi. Brand tidak suka meng-hire blogger yang tulisannya berantakan.
  6. Lomba blog. Tata bahasa yang benar adalah salah satu poin penilaian.
BAGAIMANA BELAJAR TATA BAHASA YANG BENAR?


Menurut Teh Langit belajar tata bahasa itu cukup mudah loh. Cukup mulai dari belajar cara menulis yang benar. Kamu bisa membeli buku PUEBI edisi terbaru (harganya tidak sampai 100 ribu) dan tentunya harus DIBACA ya. Kalau kamu suka baca e-book, kamu juga bisa mengunduhnya.


Jika menemukan kata yang ejaannya meragukan, coba cek di KBBI daring.

Belajar dan terus latihan. Biasakan menulis dengan tata bahasa yang benar baik itu ketika menulis artikel blog atau ketika membuat postingan di media sosial. Semakin sering dipakai kita akan semakin paham.



Oh ya, Teh Langit juga bilang bahwa ada blogger yang merasa bangga meski tulisannya berantakan dan tidak mau belajar hanya karena dia sering mendapatkan sponsored post.

Attitude seperti ini adalah boomerang. Blogging sama seperti karier lainnya, ada iklim persaingan. Setiap hari lahir blogger-blogger baru. Satu-satunya yang bisa membuat kita stand out from the crowd adalah kualitas.

Intinya, tetap belajar terus agar bisa karena biasa ^^
Dan jangan pernah puas tanpa berusaha mengembangkan diri ke arah yang lebih baik ❤

Link KBBI daring: Website KBBI
Unduh PUEBI terbaru di sini: DOWNLOAD


------------------------

Nah tidak hanya menjelaskan materi, Teh langit juga menjawab beberapa pertanyaan dari member Beautiesquad loh (dan mungkin pertanyaan atau masalah-masalah ini juga dapat membantu kalian agar lebih baik dalam menulis). Penasaran? Aku akan kasih beberapa ringkasannya deh ya ^^

1. Kalau kesulitan dalam menyusun draft karna foto sudah mewakilkan kata-kata yang disampaikan, harus bagaimana ya ?
Jawaban :
Coba bayangkan kalau menulis itu sama seperti kita ngobrol atau ketika menulis surat kepada pembaca. Jangan dulu mikir kata apa yang paling pas atau ejaan kalau memang merasa kesulitan. Setelah selesai nge-draft, bacakan kembali keras-keras untuk mengetahui apakah tulisan kita itu enak dibaca atau tidak. Lalu edit bagian-bagian yang diperlukan. Atau bisa mencoba teknik free writing. Buka Ms.Word atau notepad, tulis apa saja yang terlintas di kepala. Enggak usah dulu mikirin alurnya, bahasanya, teknisnya. Pokoknya tulis.
Rajin-rajin baca buku dengan berbagai genre. Karna membaca akan menambah perbendaharaan kosakata kita sehingga akan lebih memudahkan ketika menulis.

2. Dalam me-review produk kecantikan, sebaiknya menggunakan bahasa formal/santai?
Jawaban :
Tergantung segmentasi pembaca dan pembawaan kita. Tapi kalau dilihat dari niche, sih, beauty blogger mah lebih enak gaya bahasa santai supaya lebih personal juga.

3. Boleh tidak menggunakan kata "engga" ? Apakah imbuhan dan awalan itu berpengaruh di mata google?
Jawaban :
Boleh, itu termasuk gaya bertutur. Cara penulisan yang benar menurut KBBI sih "enggak",

Berpengaruh. Coba kalau kita melakukan pencarian, kalau ada ejaan yang salah, suka ada "Mungkin maksud Anda ....", kan? Meski Google pada dasarnya membaca keseluruhan artikel, tapi kalau misalnya ada artikel dengan ejaan lebih benar (karena dianggap lebih relevan), maka artikel yang penulisannya benar itulah yang akan diprioritaskan.
 
4. Bagaimana cara menulis judul yang baik dan benar? Menurut teknik SEO, menulis judul juga harus diperhatikan, bagaimana cara membuat orang jadi ingin meng-klik post kita?
Jawaban :
Iya, judul adalah hal pertama yang akan dipindai oleh mesin pencari. Judul yang benar adalah judul yang deskriptif atau yang menggambarkan isi artikel. Judul yang clickable kadang tidak segaris lurus dengan judul yang deskriptif. (Menurut Teh Langit, hindari menulis judul seperti ini: Lakukan Tiga Cara Ini Agar Kulit Kamu Lebih Cling)

5. Dalam menulis bahasa asing, haruskah dicetak miring (italic)? Kalau penulisan ingredients bagaimana ya?
Jawaban :
Iya, semua kata dalam bahasa asing ditulis miring.

Ingredients ditulis miring, sama seperti penulisan istilah latin. Huruf pertama kapital untuk kata pertama saja, kata kedua dan seterusnya huruf kecil. Contoh: Rosaceae plantae






 ------------------------

Kesimpulan :
Tata bahasa dalam menulis blog sangat PENTING bagi semua blogger (tidak hanya beauty blogger), karna ejaan dan tata bahasa dapat mempermudah pembaca dalam menangkap isi post. Tidak hanya itu, tata bahasa yang benar juga berpengaruh dalam SEO, pagerank, lomba blog dll. Tulisan yang rapi akan menjadi nilai plus dan pertimbangan bagi brand untuk meng-hire blogger.
Oh ya, jangan pernah puas dan bangga dengan banyaknya "sponsored post", tetap belajar menjadi blogger yang baik. Karna itulah yang akan membuat seorang blogger berbeda dari yang lain.

Jadi, kira-kira begitulah materi yang disampaikan Teh Langit. Jangan lupa main ke wisatakata.id ya ^^
Thanks for reading, and see you on my next post ! ❤


You May Also Like

7 comments

  1. flatlay cover-nya cantik!! *salah fokus hehe

    www.shopforcheapo.com

    ReplyDelete
  2. Sungguh merugi aku tidak mengikuti kelas online ini, hiks. Padahal ejaan yg sesuai ejaan itu penting banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan yang sesuai ejaan maksudnya haha typo kan, masih komen aja udah salah .__.

      Delete
    2. Hahahaha .. iya kak penting bgt, aku jadi lebih concern ttg ini pas nulis hehe

      Delete
  3. Wahhh bermanfat sekali, terima kasih ya infonya :)

    ReplyDelete
  4. Wahhh bermanfat sekali, terima kasih ya infonya :)

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, and no SPAM)
Have a nice day ❤

Instagram